Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengambil Screenshot Bergulir di Perangkat Android

 


Anda mungkin mengambil screenshot sepanjang waktu untuk berbagi percakapan atau gambar. Berbagi itu mudah ketika yang harus anda kirim hanyalah satu atau dua screenshot, tetapi bagaimana jika anda perlu mengirim screenshot dari seluruh halaman web yang melebihi ukuran layar ponsel anda?


Dari pada membombardir teman anda dengan beberapa screenshot, anda dapat mengambil dan mengirim screenshot bergulir di Android. Screenshot bergulir adalah mengambil sebuah screenshot panjang pada sebuah halaman yang masih tertutup yang harus anda gulir untuk melihat keseluruhan tampilan. Melakukan ini tidak sesulit yang anda pikirkan dan pasti akan menghemat waktu dan bandwidth anda.



Ambil Screenshot Bergulir Menggunakan Fitur Screenshot Bawaan Ponsel Anda


Beberapa model smartphone menawarkan opsi ini dengan fitur bawaan, jadi pemilik ponsel tidak memerlukan apapun lagi untuk dapat mengambil screenshot bergulir.


Jika anda memiliki smartphone Samsung, lanjutkan dan ambil screenshot seperti biasa. Anda dapat menggunakan metode klasik (tekan dan tahan tombol power dan volume turun secara bersamaan selama beberapa detik) atau gunakan gerakan mengusap dengan sisi luar telapak tangan anda.


Setelah anda mengambilnya, gambar mini screenshot layar kecil akan muncul di pojok kiri bawah. Perhatikan ikon panah kebawah di bawahnya dan ketuk di atasnya. Anda akan dibawa kembali ke halaman yang ingin anda screenshot yang akan mulai bergulir ke bawah secara otomatis. Ketuk kembali tombol tersebut setelah ikon tersebut kembali siap untuk screenshot. Lakukan hingga semua yang ingin anda screenshot terambil semua. Jika anda sudah selesai, ketuk layar untuk menghentikan dan menyimpan screenshot. Screenshot tambahan anda sekarang akan terlihat di galeri gambar anda.




Pemilik ponsel Huawei juga dapat mengambil screenshot bergulir tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Setelah anda mengambil screenshot di perangkat anda, ketuk untuk melihatnya dan kemudian pilih tombol Scrollshot di bagian bawah layar.


Anda akan dibawa kembali ke halaman yang ingin anda screenshot. Gulir ke bawah hingga anda menyertakan semua konten, kemudian ketuk layar untuk menyelesaikan. Screenshot anda sekarang akan ditampilkan di galeri ponsel.


Ponsel lain termasuk model dari OnePlus dan LG memiliki opsi ini dan langkahnya pun sangat mirip seperti di jelaskan diatas.



Screenshot Bergulir Menggunakan Ponsel Android Apapun


Jika anda memiliki perangkat yang lebih lama atau yang berasal dari produsen perangkat lain yang tidak menyertakan fitur serupa, anda harus memasang aplikasi pihak ketiga.



1. LongShot for Long Screenshot


Aplikasi yang mengambil screenshot bergulir yang bagus adalah LongShot for Long Screenshot. Sepenuhnya gratis dan mudah digunakan. Saat anda membuka aplikasi, anda akan melihat tiga opsi yang memungkinkan anda Capture Screenshot, Capture Web Page dan Select Images.




Dengan opsi Capture Screenshot, anda dapat dengan mudah mengambil screenshot untuk aplikasi atau konten apapun di ponsel anda dan kemudian menyimpannya ke galeri anda. Jika anda memilih opsi ini, anda harus memberikan izin aplikasi untuk ditampilkan di atas aplikasi lain. Ini muncul dalam bentuk tombol mengambang yang harus anda ketuk untuk memulai dan menghentikan pengambilan screenshot.


Sebagai alternatif, pilih opsi Capture Web Page. Anda harus memasukkan URL situs tempat anda ingin mengambil screenshot gulir. Ketuk pada Set Start Position untuk mulai mengambil gambar dan Ends Here and Capture untuk menyelesaikannya. Aplikasi kemudian akan menampilkan pratinjau screenshot dan opsi untuk membagikannya atau mengambil yang baru. Setelah selesai, anda dapat membuka galeri perangkat anda untuk melihat screenshot yang telah anda ambil.



2. Full Screenshot Capture & Screenshot Editor


Full Screenshot Capture & Screenshot Editor memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menangkap screenshot bergulir dari halaman web. Fitur ini bekerja sangat mirip dengan yang ada di LongShot. Pengguna diminta untuk mengakses browser yang disematkan dan menavigasi ke halaman yang ingin mereka screenshot. Sesampai disana, gunakan Start here dan End here and capture untuk membuat screenshot anda atau pilih opsi Capture whole page. Aplikasi akan menyimpan screenshot yang dihasilkan ke ponsel anda, dan anda dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain dari aplikasi atau dari pengelola file ponsel anda.


Full Screenshot Capture juga memiliki fitur screen capture, yang secara teori memungkinkan pengguna mengambil screenshot aplikasi atau konten apapun yang mungkin mereka miliki di perangkat mereka. Namun, anda tidak dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengambil screenshot panjang yang mulus. Sebaliknya, beberapa gambar dapat digabungkan untuk menghasilkan screenshot yang panjang. Hasilnya tidak semulus itu, jadi jika anda ingin melihat sebagian besar konten screenshot di luar halaman web, sebaiknya gunakan LongShot sebagai gantinya.




Aplikasi ini juga menyertakan editor foto dasar, sehingga anda dapat mengedit screenshot anda atau gambar lainnya, sebelum mengirimkannya. Meskipun Full Screenshot Capture & Screenshot Editor adalah aplikasi gratis, aplikasi ini memang berisi iklan. Anda dapat menghapusnya dengan membeli langganan Pro.


Mengetahui cara mengambil screenshot bergulir di Android bisa sangat membantu, karena memungkinkan anda menghemat waktu dengan dapat melihat semuanya di satu tempat dan tidak perlu melakukannya berkali-kali. Jika ingin melakukan screenshot bergulir di perangkat lain, lanjutkan membaca untuk mengetahui bagaimana anda dapat mengambil screenshot bergulir di komputer Windows 10. Atau anda juga dapat membaca cara mengambil screenshot Login Screen di Windows 10 jika anda membutuhkannya.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa berbagi pengetahuan dan tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk membagikan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengambil Screenshot Bergulir di Perangkat Android"