Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Eksekusi Skrip PowerShell


Windows PowerShell adalah tools penting dan praktis yang disertakan dalam system operasi Windows. Ada dua jenis skrip utama yaitu skrip Signed dari penerbit tepercaya dan skrip Local. Skrip local adalah apa yang anda buat di komputer pribadi anda, sedangkan Signed adalah apa yang telah ditandatangani oleh penerbit tepercaya untuk melakukan tugas tertentu.


Jika anda ingin pengguna lain di komputer anda menggunakan PowerShell maka anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan eksekusi skrip Windows PowerShell di Windows 10 atau Windows 11. Ini adalah cara pencegahan agar pengguna tidak mengacaukan system anda. Ikuti panduan langkah demi langkah dibawah ini. Saya akan menggunakan Registry Editor dan Local Group Policy Editor untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi ini.



1. Aktifkan atau Nonaktifkan Eksekusi Skrip PowerShell Menggunakan Local Group Policy Editor


Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Untuk pengguna Windows edisi Home, gunakan metode pengeditan registry karena Local Group Policy Editor tidak tersedia di system anda, kecuali anda mengaktifkan Local Group Policy Editor.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Local Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Windows PowerShell
  • Disini, di panel kanan, klik dobel pada Turn on Script Execution.


  • Pilih opsi Disabled dan klik OK.

Setelah menonaktifkan pengaturan kebijakan ini maka tidak ada skrip yang akan diizinkan untuk dijalankan pada PowerShell.

Jika anda menginginkannya kembali, anda dapat kembali ke Local Group Policy Editor seperti langkah diatas dan memilih Enabled atau Not Configure

Anda dapat memilih Enabled kemudian mengijinkan skrip mana yang boleh dijalankan. Anda dapat memilih itu pada bagian Execution Policy. di jendela pengeditan policy Turn on Script Execution.


  • Allow only signed scripts: Memungkinkan skrip untuk dijalankan hanya jika ditandatangani oleh penerbit tepercaya.
  • Allow local scripts and remote signed scripts: Memungkinkan semua skrip local dijalankan, sementara skrip yang berasal dari Internet harus ditandatangani oleh penerbit tepercaya.
  • Allow all scripts: Memungkinkan semua skrip untuk dijalankan.


2. Aktifkan atau Nonaktifkan Eksekusi Skrip PowerShell Menggunakan Registry Editor

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dimungkinkan juga untuk membuat perubahan yang sama menggunakan Registry Editor. Sebelum melakukannya, saya sarankan anda untuk membuat backup registry atau membuat system restore point.
  • Tekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan tombol Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows
  • Sekarang klik kanan pada Windows, pilih New - Key dan beri nama dengan PowerShell.


  • Kemudian anda harus membuat DWORD (32-bit) Value dan String Value di key PowerShell. Untuk itu, klik kanan pada PowerShell atau ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan EnableScripts.


  • Selanjutnya klik dobel pada EnableScripts dan ubah value datanya menjadi 1 atau 0 (nol). Jika anda ingin mengaktifkan fungsi ini, maka masukan 1, jika tidak biarkan 0 (nol).


  • Sekarang, anda harus mengatur kebijakan eksekusi. Untuk itu, klik kanan pada PowerShell atau ruang kosong di panel kanan, pilih New - String Value dan beri nama dengan ExecutionPolicy.


  • Setelah itu, klik dobel pada ExecutionPolicy dan ubah value datanya seperti yang di bawah ini
    • AllSigned: Izinkan hanya skrip yang ditandatangani.
    • RemoteSigned: Izinkan skrip local dan skrip bertanda tangan jarak jauh.
    • Unrestricted: Izinkan semua skrip


  • Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Sekarang anda tahu cara menonaktifkan atau mengaktifkan eksekusi skrip PowerShell. Anda kemudian dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara uninstall PowerShell di Windows 10/11 atau cara menambahkan opsi ''Open Powershell Here'' di klik kanan menu konteks di Windows.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini dalam mengaktifkan atau menonaktifkan eksekusi skrip PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Eksekusi Skrip PowerShell"