Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall PowerShell di Windows 10/11


Microsoft memperkenalkan Powershell mulai dari Windows XP dan ini telah diterima dengan baik oleh pengguna Windows. Bagi anda yang tidak tahu, Windows Powershell adalah alat otomatisasi Windows paling canggih yang ditawarkan Microsoft dan tidak membosankan seperti Windows Command Prompt.

PowerShell adalah otomatisasi task lintas platform dan manajemen konfigurasi yang bekerja dari Command Line. Ia menawarkan semua fitur yang ditawarkan Command Prompt. Meskipun sangat kuat, untuk pengguna umum, terutama mereka yang menggunakan versi Home, mungkin merasa ini tidak berguna. Jadi jika anda adalah salah satu dari pengguna tersebut dan ingin menguninstall PowerShell di Windows 10 atau Windows 11, ikuti beberapa metode dibawah ini.



Cara Uninstall PowerShell di Windows 10/11

PowerShell adalah fitur yang diinstal Windows di atas penginstalan biasa. Jadi jika anda memilih untuk menguninstallnya dengan salah satu metode ini, itu tidak akan merusak apapun di Windows 10.

Anda dapat menggunakan salah satu dari ketiga metode berikut ini untuk menguninstall PowerShell.


1. Uninstall PowerShell Seperti Aplikasi Lainnya

Seperti program lainnya, PowerShell juga dapat diuninstall dengan mudah.

Ketik PowerShell di kotak pencarian Start Menu. Ini akan mengungkapkan semua versi PowerShell yaitu, PowerShell (x86), PowerShell, PowerShell ISE, PowerShell 7 dan banyak lagi. Klik kanan salah satunya, dan pilih Uninstall. Anda juga dapat memperluas menu dan memilih untuk menguninstallnya.


Satu-satunya versi yang tidak dapat anda hapus adalah PowerShell ISE, alias Windows PowerShell Integrated Scripting Environment. Ini berguna untuk pengembang yang dapat menjalankan perintah dan menulis, menguji, dan men-debug skrip dalam satu antarmuka pengguna grafis berbasis Windows.

Jika anda tidak menemukan opsi Uninstall dari klik kanan maka anda dapat menggunakan metode lainnya di bawah ini.


2. Uninstall PowerShell Menggunakan Program and Features

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, ketik Control dan tekan tombol Enter. Anda juga dapat mencarinya di Start menu atau Taskbar.
  • Di jendela Control Panel pilih Program dan kemudian klik Turn Windows Feature on or off.

  • Di jendela Windows Features, cari dan hapus ceklist PowerShell 2.0 dari daftar program.

  • Kemudian klik OK dan biarkan program menyelesaikan proses untuk menguninstall PowerShell.


3. Nonaktifkan PowerShell Menggunakan Command Prompt

  • Buka Command Prompt dengan hak admin. Ketik CMD di Search Windows dan klik kanan atau pilih Run as administrator dari menu opsi.
  • Setelah Command Prompt terbuka, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.

Post a Comment for "Cara Uninstall PowerShell di Windows 10/11"