Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi File Manager Android Terbaik

 


Salah satu kelemahan Android dibandingkan dengan system operasi desktop adalah kurangnya pilihan untuk mendalami OS dan mengelola file anda secara manual. Meskipun OS Android yang tidak di-root tidak menawarkan banyak opsi ini, ada banyak aplikasi file manager yang sangat bagus yang akan memberi anda kontrol terperinci yang anda inginkan.


Apakah itu anda ingin menjelajahi direktori root ponsel anda, mengenkripsi aplikasi, atau hanya memindahkan secara manual, membuat dan menghapus folder di perangkat anda, aplikasi file manager ini akan memenuhi kebutuhan anda.



1. Amaze File Manager


Aplikasi Android apapun yang gratis dan open source pasti akan mendapatkan nilai tambah bagi para pengguna. Amaze File Manager menindaklanjutinya dengan memberikan file manager yang mungkin kurang kaya fitur daripada beberapa opsi lain di daftar ini, tetapi membuatnya dalam kesederhanaan yang memungkinkan anda dengan cepat menelusuri apa yang anda butuhkan.




Bukan berarti file manager sederhana ini benar-benar kekurangan fitur. Anda dapat menggunakan banyak tab, mengganti tema, dan dengan cepat melakukan copy, cut, kompres, dan ekstrak yang anda inginkan dari file manager. Perangkat yang telah di-root tentunya juga bisa mendapatkan akses root, dan yang terpenting adalah aplikasi ini gratis dan bebas iklan.



2. Solid Explorer


Salah satu hal terbaik tentang Solid Explorer adalah desain panel ganda, yang membuatnya cepat dan mudah untuk menyaring semua file Android anda. Ini memiliki fokus khusus pada keamanan, memungkinkan anda mengenkripsi file dan folder apapun dengan password, yang kemudian dapat anda buka dengan sensor fingerprint.




Desain dua panel pada dasarnya menciptakan dua jendela terpisah di Solid Explorer, memungkinkan anda drag and drop file atau folder seperti yang anda lakukan di OS desktop. Ada banyak penyesuaian dalam hal warna dan tema. Bahkan lebih banyak fungsionalitas yang tidak terkunci pada perangkat yang di-rooting, dimana anda dapat menggunakan ini sebagai penjelajah root yang tepat.


Masalahnya adalah Solid Explorer adalah aplikasi berbayar, tetapi anda dapat mencobanya selama 14 hari secara gratis sebelum memutuskan apakah itu untuk anda.



3. MiXplorer


Salah satu file manager rahasia terbaik untuk Android adalah MiXplorer. MiXplorer telah lama menjadi favorit komunitas XDA, memungkinkan anda tidak hanya menjelajahi file di perangkat anda tetapi juga di seluruh jaringan pribadi anda (termasuk FTP, LAN dan penyimpanan berbasis cloud). Ini mengemas banyak penyesuaian, memungkinkan penjelajahan tab yang kuat, dan memungkinkan anda membuat rantai perintah menggunakan fitur Tasks.




Anda dapat dengan mudah melihat berbagai format file berkat reader terintegrasi yang membaca format EPub, MobiPacket dan PDF, serta media player, image viewer dan text editor yang komprehensif.


Anda tidak perlu memiliki perangkat yang di-root untuk menggunakan MiXplorer, tetapi jika anda melakukannya, maka lebih banyak fungsi akan terbuka dalam bentuk backup data dan opsi pengelolaan tambahan. Ini bebas iklan, sepenuhnya gratis, dan didukung oleh ahlinya.



4. ES File Explorer


ES File Explorer adalah salah satu penjelajah file tertua dan paling andal di daftar ini. Aplikasi ini benar-benar akan berada di posisi nomor satu jika saja itu bebas iklan. Namun itu dapat dimengerti, karena untuk semua waktu dan upaya yang telah dilakukan oleh pengembang, mereka berhak mendapatkan kompensasi finansial untuk masalah mereka.


Tangkapannya adalah bahwa ES File Explorer telah dihapus dari Play Store pada April 2019, mungkin karena aktivitas penipuan dari salah satu subdivisi perusahaan, DO Global. Untuk menggunakannya sekarang, anda perlu mendownloadnya dari situs seperti APKPure, yang versi terbarunya masih dirilis.




ES File Manager masih hadir dengan fitur gerakan khusus dimana anda dapat merekam gerakan tertentu yang akan menjalankan fungsi di dalam aplikasi. Ini juga memungkinkan anda untuk menyimpan shortcut ke folder dan file di home screen anda, membuatnya hampir sepenuhnya seperti desktop. Muncul dengan viewer dan player bawaan untuk berbagai jenis file, sehingga anda dapat menonton video dan memutar musik langsung darinya. Ada juga task manager tempat anda dapat menghentikan tugas dan mengosongkan sebagian memori di perangkat anda.


Ini mendukung kompres/dekompres rar dan zip dan bahkan dilengkapi dengan editor catatannya sendiri. Mendukung penyimpanan cloud, penjelajahan file Bluetooth, akses file jarak jauh, transfer file PC nirkabel, analis SD card, dan sejumlah fitur lainnya. Dapat juga tema. Beberapa orang mungkin kecewa dengan betapa membengkaknya fitur-fiturnya, iklan dan desain materialnya, tetapi jika anda mencari fitur lengkap, ini adalah taruhan terbaik anda.



5. Astro File Manager


Hal pertama yang anda lihat saat membuka halaman Google Play Astro File Manager adalah No Ads. Banner ini membentang di atas ikonnya seperti semboyan perusahaan. Bagi siapa pun yang menginginkan penjelajahan file hebat yang bebas iklan, tidak perlu mencari lagi. Selain membantu anda mengatur file melalui file manager, ia hadir dengan memory cleaner yang praktis.




Ini memungkinkan anda untuk mengkompres dan mendekompres file dalam format rar dan zip. Anda juga dapat menandai pengaturan, file dan folder. Muncul dengan media playernya sendiri yang memungkinkan anda memutar video dan musik, membaca dengan lancar koleksi gambar anda, dan mengelola cloud dan penyimpanan internal anda.



6. X-Plore File Manager


Saatnya menampilkan panel - dua panel. Yang unik tentang X-Plore adalah ia memberi anda opsi untuk menangani jendela pada saat yang sama dengan memberi anda penjelajahan dua panel sehingga anda dapat mengcopy file dan membandingkan dua folder. Selain semua ini, aplikasi ini memungkinkan anda untuk melihat di dalam file APK dan mengkompres folder ke dalam APK package.




Aplikasi ini memiliki disk map yang memungkinkan anda untuk melihat file mana yang memakan paling banyak ruang disk dan dilengkapi dengan PDF viewer-nya sendiri. Anda dapat mengelola file anda secara nirkabel dari browser web PC. Muncul dengan akses penyimpanan cloud dan video player yang memungkinkan subtitle.



7. Total Commander


Aplikasi klasik, original dan favorit. Total Commander hadir dengan antarmuka pengguna yang sederhana namun kuat. Beberapa orang mungkin menganggapnya ketinggalan zaman dan sedikit jelek, tapi ini sebagus rekan Windows-nya dan menyelesaikan pekerjaan.




Ini benar-benar dapat dipasang, yang berarti anda dapat menambahkan lebih banyak fitur ke dalamnya menggunakan plugin. Aplikasi ini juga memiliki media player yang dapat melakukan streaming langsung dari LAN, WebDAV dan plugin cloud, dan anda dapat menandai dan menyimpan folder sebagai shortcut. Bagi mereka yang memiliki perangkat yang di-rooting, ia memiliki penjelajah root yang mumpuni.


Sekarang setelah anda memilih File Manager Android impian anda (atau setidaknya kebutuhan), ikuti panduan saya tentang cara membebaskan ruang penyimpanan internal ponsel Android. Atau untuk sesuatu yang sedikit lebih ringan, lihat cara menyembunyikan file dan folder di Android.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti turorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "7 Aplikasi File Manager Android Terbaik"