Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Alternatif Aplikasi Edit Music GarageBand untuk Windows 10/11

 


Sementara music creator telah lama menunggu GarageBand dirilis untuk Windows, namun Apple tampaknya tidak berniat membiarkan hal itu terjadi. Untuk saat ini, anda pasti membutuhkan Mac untuk menggunakannya. Namun itu tidak berarti anda tidak dapat menggunakan aplikasi alternatif lainnya sebagai pengganti dari GarageBand untuk Windows 10 atau Windows 11 jika anda pengguna Windows dan tidak ingin beralih system operasi.


Tidak ada satu pun alternatif aplikasi yang yang bebar-benar replika yang sama persis dengan GarageBand, tetapi alternatif aplikasi yang akan di bahas disini masih merupakan tools pembuatan, mixing dan pengeditan musik yang andal. Beberapa bahkan gratis atau menawarkan versi gratis dan menjadikannya layak untuk dicoba.



1. LMMS


LMMS (Linux MultiMedia Studio) adalah editor musik tingkat lanjut yang sepenuhnya gratis. Software open-source kompatibel dengan Linux, Mac dan Windows.




Jika anda baru mengenal tools pengeditan musik, ada sedikit kurva pembelajaran. Namun, setelah anda mempelajari cara kerja tools, anda akan dapat memanfaatkan banyak fitur, seperti:

  • Compose, sequence dan mix musik.
  • Menggunakan Piano Roll Editor untuk membuat chord, not dan pola.
  • Gunakan efek, beat dan instrument bawaan.
  • Mengimpor file Hydrogen dan MIDI.
  • Mendukung instrument MIDI atau typing keyboard.
  • Meningkatkan fungsi dengan dukungan plugin.
  • Berbagai macam efek, seperti distorsi, reverb, dan bass enhancer.
  • Otomatisasi kontrol yang ditentukan pengguna dan komputer.


Karena gratis, anda tidak akan rugi. Tapi anda akan menemukan bahwa anda dapat mengubah ide menjadi kenyataan dan menyesuaikan musik anda sebanyak yang anda inginkan.



2. Audacity


Audacity telah lama menjadi salah satu alternatif GarageBand yang lebih populer. Seperti LMMS, Audacity adalah tools open source gratis. Ini kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux. Ini tidak sekuat GarageBand, terutama dengan kurangnya instrumen dan suara bawaan.



Namun, ini lebih dari sekadar menebusnya dengan memungkinkan anda merekam suara dari rekaman audio, mikrofon dan mixer. Anda dapat dengan mudah merekam trek dan menguploadnya ke Audacity untuk diedit, dimixing dan banyak lagi.


Ada dukungan untuk berbagai format file, baik saat mengimpor maupun mengekspor. Anda bahkan dapat menggabungkan banyak file menjadi satu project. Tidak banyak efek yang disertakan, tetapi cukup untuk mengedit pekerjaan anda menjadi kualitas studio. Plus, anda bisa melakukannya secara gratis.



3. AudioTool


Jika anda tidak ingin mendownload apapun, Audiotool berfungsi sebagai salah satu alternatif GarageBand terbaik. Semuanya online dan dapat diakses dari browser anda. Ini juga berarti lintas platform.



Salah satu manfaat utamanya adalah pekerjaan anda selalu tersedia, apapun perangkat yang anda gunakan. Selama anda online, anda siap untuk membuat dan mixing. Anda tidak hanya dapat menggunakan ribuan sampel yang tersedia, tetapi anda juga dapat mengupload instrumen dan rekaman vokal anda sendiri.


Mixing dan editing board menyenangkan untuk digunakan. Tampilan retro membuatnya lebih ramah pengguna. Namun, bagian terbaiknya adalah mudah bagi pengguna untuk berkolaborasi dalam project karena semua orang dapat bekerja dari mana saja pada waktu yang sama.


Anda akan menemukan banyak dukungan dan sampel yang terus bertambah untuk digunakan berkat komunitas musik yang aktif. Dengan begitu banyak tools dan instrumen, ada baiknya mempelajari tutorialnya terlebih dahulu. Dan ya, semua ini gratis.



4. Studio Soundation


Soundation Studio adalah satu-satunya pilihan yang juga memiliki versi premium. Untuk proyek kecil dan pribadi, anda mungkin hanya perlu versi gratisnya.



Ini menggabungkan beberapa fitur terbaik dari semua alternatif GarageBand sebelumnya untuk Windows 10 atau Windows 11, seperti:

  • Kolaborasi.
  • Berbagai macam efek audio.
  • Pemilihan instrumen, seperti drum dan synthesizer.
  • Lebih dari 20.000 sampel dan loop.
  • Buat langsung di browser anda.
  • Mixer dan editor yang kuat.


Seperti yang anda bayangkan, versi gratisnya sangat terbatas. Faktanya, anda hanya dapat mengerjakan hingga sepuluh proyek. Untuk fitur lengkap, anda harus membayar $6,99/bulan. Ada juga berbagai paket sampel premium dan set sound yang dapat anda beli. Cobalah versi gratisnya terlebih dahulu untuk melihat apakah versi ini cocok untuk anda.



Alternatif Premium Lainnya untuk Aplikasi GarageBand


Jika anda mencari sesuatu yang lebih canggih, anda mungkin membutuhkan alternatif premium. Kisaran harga ini sangat bervariasi, tetapi jika tidak ada yang memenuhi kebutuhan anda, harganya mungkin sepadan.


REAPER menawarkan ratusan efek berkualitas tinggi, dukungan untuk banyak plugin pihak ketiga, dukungan MIDI dan mixing tingkat lanjut. Lisensi pribadi adalah $60, sedangkan lisensi komersial adalah $225.



FL Studio adalah salah satu workstation digital yang lebih maju. Di antara opsi premium, ini adalah salah satu alternatif lain yang mirip dengan GarageBand. Bahkan ada aplikasi ponsel untuk pembuatan saat bepergian. Ada banyak efek, sampel, tools, dan otomatisasi. Harganya berkisar dari $99 hingga $399.



Jika anda mencari studio rekaman lengkap di Windows 10 atau Windows 11, Mixcraft mungkin jawabannya. Ini mendukung berbagai format audio dan mencakup banyak efek, loop, beat dan otomatisasi. Ia bahkan bekerja dengan baik untuk pertunjukan langsung dan anda juga mendapatkan pengeditan video. Harganya berkisar dari $99 hingga $199.



Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara merekam suara dengan aplikasi bawaan Windows di Windows 10/11 atau pengaruh driver earphone terhadap kualitas audio.


Sekian artikel saya kali ini, semoga menjadi referensi dalam memilih aplikasi untuk mengedit musik anda. Selamat berkreativitas! Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam memilih aplikasi pengeditan musik anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "4 Alternatif Aplikasi Edit Music GarageBand untuk Windows 10/11"