Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan File dari Virus Langsung dari Desktop Anda

 


Salah satu cara termudah untuk memeriksa apakah sebuah file berbahaya adalah dengan menguploadnya ke VirusTotal dan membuatnya menganalisis file anda. Untuk membuatnya lebih mudah, anda dapat menggunakan Phrozen Winja yang menggantikan VirusTotal Uploader untuk menscan file untuk virus langsung dari desktop anda, tanpa harus melalui proses membuka browser, memuat website VirusTotal, dan mengupload file. Yang perlu anda lakukan adalah drag and drop file ke aplikasi dan secara otomatis akan mengupload ke VirusTotal dan mengambil hasil analisis.


Harap perhatikan bahwa software ini tidak akan pernah menggantikan program antivirus yang sebenarnya. Software ini hanyalah lapisan keamanan lain untuk melindungi anda dan komputer anda bahkan lebih baik dari malware. Dengan software ini dapat menghilangkan keraguan terhadap file yang anda download.



Menggunakan Phrozen Winja


Untuk memulai, buka beranda Phrozensoft dan download installernya. Anda juga dapat menggunakan versi portabel dari hasil download sesuai arsitektur system operasi anda. Namun jika anda ingin menginstallnya, proses instalasinya sederhana dan tidak memakan waktu satu menit. Ketika selesai menginstal, luncurkan aplikasinya dan anda akan menemukan tiga tab berbeda di bagian kiri aplikasi: Beranda, Running Tasks dan Available Reports.




Di tab Running Tasks, ini akan menunjukkan kepada anda kemajuan upload dan scan file. Setelah file discan oleh VirusTotal, hasilnya akan ditampilkan di tab Available Reports.




Ketika anda mengklik dobel pada file di tab Available Reports, jendela browser default anda akan membuka website VirusTotal yang menunjukkan daftar program antivirus yang digunakan untuk menscan file secara bersama dengan informasi dasar lainnya seperti versi program dan tanggal definisi virus telah diupdate.




Di Phrozen Winja anda dapat drag and drop file ke dalamnya, baik itu di beranda maupun di tab Running Tasks. Jika anda perlu menscan file secara teratur, anda akan menemukan widget sebagai alat yang berguna.


Jika anda selalu mendownload aplikasi atau apa saja dari website yang diragukan keamanannya, anda juga dapat melakukannya dari Phrozen Winja. Di halaman utama, klik Download and Scan kemudian masukan link download dan klik Download. Ia kemudian akan mendownload file anda, kemudian mescannya dan menampilkan hasilnya untuk anda. Dan ketika file tersebut di simpan di folder anda, ia sudah bebas dari segala virus atau malware.




Fitur lain yang sangat berguna dari program ini adalah anda dapat menscan semua proses yang sedang berjalan menggunakan VirusTotal juga. Klik pada opsi Quick Process Scan dari layar utama, dan ini akan menunjukkan kepada anda semua proses yang berjalan di background. Untuk menscan proses apapun, cukup klik Scan All. Ini akan menscan proses, dan hasilnya akan ditampilkan di tab Available Reports.




Selain proses yang sedang berjalan, anda juga dapat menscan program startup, services, dan koneksi jaringan yang aktif.


Jika anda adalah pengguna aktif VirusTotal, aplikasi Phrozen Winja ini pasti akan menjadi alat yang berguna untuk anda. Tidak hanya menyelamatkan anda dari masalah untuk mengupload file secara manual, anda juga dapat mengupload banyak file, sekaligus memberikan banyak waktu dalam prosesnya. Lihat ini dan saya yakin anda tidak akan menyesal.


Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang 2 jenis file tak terduga dimana virus komputer bisa ada (Bukan .EXE) atau bagaimana mengamankan USB drive anda dan mencegahnya dari Ppenyebaran virus.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Scan File dari Virus Langsung dari Desktop Anda"