Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus atau Mereset File Windows Media Library WMDB

 


Windows Media Player masih tersedia bahkan di Windows 10 sekalipun. Anda hanya perlu mengaktifkan Windows Media Player dan ia akan tersedia untuk anda. Windows Media Player (WMP) adalah pernah menjadi pemutar musik atau video default di Windows, yang kemudian digantikan oleh Groove Music dan Movies & TV di Windows 10. WMP dapat mengindeks file media, yang mengurangi beban anda untuk menemukan semua musik maupun video di komputer anda. Meskipun demikian, terkadang anda tidak dapat menemukan musik dan video di komputer melalui WMP. Jika demikian, maka mereset database adalah ide yang bagus. Dalam artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana anda dapat memperbaiki masalah tersebut.



Hapus atau Reset File Windows Media Library WMDB


WMDB adalah file database Windows Media Library yang menyimpan indeks, lokasi semua file musik dan video di komputer. Jika ada masalah dengannya, maka WMP tidak akan menemukan file baru. Dalam hal ini, akan bijaksana untuk mereset atau menghapus dan kemudian membuat ulang database.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan tombol Enter.



  • Temukan Windows Media Player Network Sharing Service, kemudian klik kanan padanya dan pilih Stop.



  • Sekarang buka File Explorer dan arahkan ke C:\Users\username\AppData\Local\Microsoft\Media Player. Anda perlu mengaktifkan Hidden items (View - Hidden items).

  • Hapus semua tipe file .wmdb di dalam folder tersebut.




Mungkin ada beberapa file WMDB dan semuanya memiliki tujuan yang berbeda. Pastikan untuk menghapus semuanya.


Sekarang buka Windows Media Player dan itu akan mulai mengindeks library anda lagi. Anda dapat menambahkan folder musik anda secara manual menggunakan fitur library. Setelah selesai, periksa apakah pengindeksan telah dimulai.




Windows Media Player bukanlah jenis pemutar media favorit di Windows, tetapi sudah pasti tersedia saat itu juga. Pemutar media bawaan lainnya, Groove & TV, tidak sepadan karena tidak memiliki sebagian besar fitur.


Saya harap anda dapat menghapus atau mereset Windows Media Library WMDB. Ini adalah perbaikan yang sangat mudah jika anda memiliki masalah pengindeksan karena Windows Media Player tidak menawarkan opsi langsung apapun untuk mereset indeks.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara melindungi file video anda dengan password atau cara memperbaiki error Code 0xc00d36c4 saat memutar file media di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus atau Mereset File Windows Media Library WMDB"