Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Google Play Services yang Menguras Baterai di Android

 


Google Play Services adalah semacam tanur yang tinggi dimana ia menjalankan banyak aplikasi dan fungsi ponsel anda. Ini adalah API package yang pada dasarnya memungkinkan aplikasi di ponsel anda untuk berkomunikasi satu sama lain, serta dengan hal-hal seperti GPS anda untuk memberi anda informasi yang relevan dengan lokasi. Dengan kata lain, ini sangat penting, tetapi jika itu mulai menguras baterai anda, itu adalah sebuah masalah.


Pengurasan baterai oleh Google Play Services, sampai batas tertentu? Anda keliru karena sering kali disebabkan oleh aplikasi dan fungsi eksternal menggunakan fitur ini seperti lokasi, metrik, Wi-Fi, dan sebagainya yang ditangani oleh Services.


Penggunaan fitur-fitur ini akhirnya tercermin dalam penggunaan baterai Services. Saya telah mengumpulkan banyak solusi yang akan membantu anda memperbaiki pengurasan baterai dan membuat Google Play Services berfungsi dengan baik lagi.



Cara Mendeteksi Pengurasan Baterai oleh Google Play Services di Android


Kabar baiknya adalah untuk mendeteksi apakah Google Play Services menghabiskan baterai perangkat Android anda, anda tidak perlu menginstall aplikasi lain. Semudah membuka Settings perangkat anda dan mengetuk Apps (atau Apps & notifications).


Selanjutnya, gulir ke bawah ke Google Play Services dan ketuk itu. Anda mungkin perlu mengetuk See all xx apps untuk melihatnya. Dan lihat apa yang tertulis di bawah Battery.




Berapa persentase baterai yang telah digunakan sejak pengisian penuh terakhir? Jika menggunakan lebih dari beberapa persen baterai anda (yaitu jika menjadi dua digit), maka itu terlalu tinggi, dan anda perlu bertindak untuk mengatasi masalah tersebut.



Temukan Sumber yang Menguras Baterai


Ada lebih banyak hal disini daripada yang terlihat, karena Google Play Services itu sendiri tidak benar-benar menguras baterai anda. Seperti yang kita bahas sebelumnya, sebenarnya aplikasi lain yang berkomunikasi dengan Google Play Services yang berjalan di background yang menyebabkan pengurasan baterai.


Jadi, begitu anda melihat bahwa Google Play Services menguras baterai anda, panggilan pertama harusnya adalah untuk melihat aplikasi mana yang sebenarnya menyebabkannya pengurasan baterai anda.


Anda dapat membuka Settings, kemudian ketuk Device care - Battery - Battery usage. Anda kemudian dapat melihat aplikasi yang menggunakan baterai anda.




Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk tujuan ini, salah satu yang terbaik adalah BetterBatteryStats. Ini akan membuat anda mengembalikan beberapa dolar tetapi akan memberi anda wawasan paling rinci tentang aplikasi dan proses mana yang menyebabkan baterai anda terkuras. Anda kemudian dapat menghapus aplikasi tersebut atau menghapus izinnya sesuai keinginan anda. Alternatif lainnya adalah Greenify, yang memiliki versi dasar gratis.



Mengatasi Google Play Services yang Mengurasan Baterai


1. Hapus Cache dan Data Google Play Services


Hal pertama yang sederhana untuk dicoba adalah menghapus cache Google Play Services, yang mungkin telah membengkak dengan informasi tidak perlu yang berlebih yang menyebabkannya tertekan.


Untuk melakukan ini, buka Settings - Apps (atau Apps & notifications) - Google Play Services - Storage - Clear Cache.




Jika anda masih mengalami baterai yang cepat habis, langkah yang lebih radikal adalah menghapus data Google Play Services, yang akan mengharuskan anda untuk masuk kembali ke akun Google anda sesudah melakukannya.


Untuk melakukan ini, buka Settings - Apps (atau Apps & notifications) - Google Play Services - Storage - Manage storage (atau Clear Storage) - Clear All Data.





2. Dengan Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis


Jika anda memiliki lebih dari satu akun yang terhubung ke Google Play Services, itu dapat menjelaskan masalah pengurasan baterai. Ini karena Google Play Services harus melihat lokasi anda untuk acara baru di area anda, email, notifikasi dan lainnya, dan itu terus berjalan di background. Ini bahkan menggunakan lebih banyak memori.


Anda dapat memperbaikinya dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis untuk berbagai akun, seperti email, kalender dan drive anda, serta aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp.


Untuk melakukan ini, buka Settings - Accounts and backup - Accounts, kemudian ketuk setiap akun untuk melihat apakah sinkronisasi diaktifkan atau dinonaktifkan.




Jika tertulis Sync on, ketuk Sync account untuk masuk ke aplikasi tersebut dan mengontrol berbagai opsi sinkronisasi untuk aplikasi tersebut. Tentunya, jika sinkronisasi otomatis sangat penting bagi anda untuk aplikasi tertentu, biarkan aktif dan coba nonaktifkan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang kurang penting terlebih dahulu.





3. Sinkronisasi yang Error Bisa Jadi Pelakunya


Setiap kali Google Play Services mencoba menyinkronkan data tetapi tidak bisa, anda jelas mendapatkan error sinkronisasi. Error ini juga bisa menjadi alasan mengapa anda harus mengisi daya ponsel anda lebih cepat dari sebelumnya. Lihatlah kontak, kalender dan akun Gmail anda, dan lihat apakah anda dapat menemukan error. Coba hapus emoji yang mungkin anda miliki di kontak manapun, karena Google tidak menyukainya.


Anda juga dapat mencoba menghapus dan menambahkan kembali akun untuk mencoba dan memperbaiki error sinkronisasi tersebut. Menonaktifkan data seluler di Settings perangkat anda selama lebih dari satu menit juga dapat membantu, tetapi ingat untuk mengaktifkannya kembali.



4. Sebuah Aplikasi Meminta Lokasi Anda


Ada banyak aplikasi yang akan menanyakan lokasi anda. Masalahnya adalah ketika mereka melakukannya, mereka memintanya melalui Google Play Services, yang kemudian menggunakan GPS anda untuk mendapatkan informasi itu.


Buka aplikasi yang menanyakan lokasi anda dan matikan izin lokasi. Anda dapat melakukannya dengan membuka Settings - Apps & notifications - (Nama aplikasi) - Permissions.


Sesampai di sana, ketuk Location, kemudian nonaktifkan sinkronisasi lokasi yang dapat mengurangi penggunaan baterai Google Play Services.





5. Install dan Uninstall Google Play Service


Uninstall Update Google Play Services


Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi terkadang update menyebabkan bug. Karenanya, jika anda mengalami kehabisan baterai karena Google Play Services, anda dapat mencoba mengunisntall update untuk services ini.


  • Untuk melakukan ini, buka Settings - Apps.
  • Selanjutnya, pilih Google Play Services dari daftar aplikasi.
  • Kemudian ketuk menu (tiga titik atau tiga garis horisontak) dan kemudian pilih Uninstall updates.


  • Restart ponsel anda dan lihat apakah itu membuat perbedaan.



Install Update Google Play Service


Jika ada versi Google Play Services yang menyebabkan masalah baterai yang cepat habis, mungkin sudah ada update yang dapat memperbaiki masalah anda saat anda menyadari apa yang sedang terjadi. Buka Google Play Store dan cari update yang tersedia untuk Google Play Services. Seteleh selesai, restart ponsel anda dan pantau kinerja baterai anda untuk melihat apakah ada perubahan.


Jika anda masih mengalami masalah dan ingin mencoba mengisolasi mengapa Google Play Services berperilaku tidak semestinya, anda dapat mencoba membooting perangkat Android anda ke Safe mode. Anda juga dapat melihat tutorial saya lainnya tentang cara install Google Play Services di Ponsel Android anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah Google Play Services yang menguras baterai. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Google Play Services yang Menguras Baterai di Android"