Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Safe Mode untuk Android dan Cara Mengaktifkannya


Secara umum, Android adalah system operasi yang aman dan stabil, tetapi ada kalanya pengembang atau pengguna dapat melakukan kesalahan. Ketika itu terjadi, Safe Mode bisa menjadi sahabat yang baik untuk membantu kita mencaritahu apa yang menyebabkan smartphone kita berperilaku buruk.

Safe Mode untuk Android adalah keadaan dimana anda hanya dapat menggunakan aplikasi yang disertakan dengan perangkat saat anda membelinya. Dalam safe mode Android, anda hanya dapat menggunakan aplikasi default. Itu akan berguna jika perangkat anda tidak berhenti, mogok, lambat, terjebak dalam siklus reboot, memiliki masa pakai baterai yang buruk atau perilaku aneh lainnya.

Dengan masuk menggunakan Safe Mode, pengaturan dasar untuk perangkat anda akan tetap ada tetapi semua pengaturan pengguna seperti wallpaper dan lainnya tidak akan berjalan.


Cara Mengaktifkan Safe Mode

Catatan : Dalam tutorial ini screenshoot yang saya ambil menggunakan Samsung A50 - Android 10. Untuk perankat yang lain, sesuaikan dengan opsi yang di jelaskan pada metode-metode dibawah ini.


1. Metode # 1

  • Tekan dan tahan tombol Power hingga menu power muncul.
  • Tekan lama opsi Power Off, dan anda akan melihat opsi untuk mereboot perangkat dalam Safe Mode.
  • Ketuk kembali ikon safe mode dan perangkat anda akan reboot dan booting dengan safe mode.

Jika anda memiliki perangkat Android yang berjalan pada 4.0 dan yang lebih lama, maka metode berikut akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Catatan: Ada kemungkinan besar metode ini tidak akan berfungsi pada smartphone lama, tetapi telah berhasil untuk banyak pengguna Huawei, HTC, dan Motorola.


2. Metode # 2

  • Matikan ponsel anda.
  • Saat layar menyala dan anda melihat logo pabrikan, tekan dan tahan tombol volume atas sampai anda melihat kata Safe Mode di sisi kiri bawah layar.
  • Ketuk opsi safe mode tersebut dan anda akan masuk ke dalam safe mode.

Jika ini tidak berhasil, ulangi tetapi dengan tombol volume bawah, keduanya atau tombol Home.


3. Metode # 3

  • Matikan ponsel anda.
  • Saat anda menyalakannya kembali, ketuk tombol Menu beberapa kali saat ponsel sedang reboot. Metode ini bisa jadi sedikit rumit, jadi anda mungkin perlu beberapa kali percobaan.


Cara Menonaktifkan Safe Mode

Keluar dari safe mode semudah cara anda memasukinya. Metode berikut ini akan membantu.


1. Metode # 1

  • Matikan ponsel anda
  • Saat anda menghidupkan kembali ponsel, tekan dan tahan tombol Volume bawah dan tombol Power secara bersamaan.

Jika ponsel anda masih dalam safe mode, pertimbangkan untuk menggunakannya karena tombol Volume yang macet dapat mencegah ponsel anda keluar dari safe mode.


2. Metode # 2

  • Matikan ponsel anda.
  • Jika ponsel anda memiliki baterai yang dapat dilepas, keluarkan baterai setelah anda mematikan ponsel dan tunggu sebentar. Penting bagi anda untuk menunggu agar kapasitor di ponsel anda benar-benar habis muatan listriknya.
  • Setelah menunggu satu atau dua menit penuh, pasang kembali baterai dan hidupkan kembali ponsel anda.


3.Metode # 3

Jika anda masih tidak bisa keluar dari safe mode, jangan putus asa karena masih ada yang bisa anda lakukan.

  • Uninstall aplikasi terbaru dari ponsel anda. Uninstall saja yang anda tambahkan tepat sebelum ponsel anda mulai bertingkah.
  • Anda juga dapat menguninstall update terbaru yang diterima aplikasi. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Settings - Application Manager dan ketuk aplikasi yang baru-baru ini mendapat update dan ketuk tombol Uninstall Updates. Anda juga dapat uninstall update aplikasi dari Play Store.


4. Metode # 4

  • Matikan ponsel Anda.
  • Keluarkan SIM Card dan baterai ponsel anda, tunggu satu menit dan masukkan kembali SIM Card dan baterai.
  • Setelah anda melakukan semua ini, hidupkan ponsel anda dan anda harusnya keluar dari safe mode.

Coba lepas aksesori eksternal yang mungkin menekan tombol. Kasing anda mungkin menekan tombol, dimana itu akan mencegah ponsel anda keluar dari safe mode.


Safe Mode adalah sesuatu yang harus selalu anda aktifkan jika ponsel anda bermasalah. Ini memberi anda kemungkinan untuk mengetahui apakah itu aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan ponsel anda tidak berfungsi dengan benar.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jika anda merasa informasinya berguna, jangan lupa untuk membagikannya, dan jika anda memiliki pendapat tentang safe mode, beritahu saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Safe Mode untuk Android dan Cara Mengaktifkannya"