Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Start Menu Anda Sendiri di Windows 10/11 dengan Open-Shell

 


Meskipun tampilan Start menu Windows telah berevolusi dan berubah, secara fungsional sebagian besar tetap sama. Bagi mereka yang menyukai Start menu di Windows 7, Start menu Windows 10 atau Windows 11 mungkin asing bagi anda. Ini tidak dapat disesuaikan dan dilengkapi dengan fitur yang mungkin tidak anda inginkan, seperti Cortana dan bahkan dapat mengalami masalah dengan pencarian.


Untuk mengatasi semua masalah yang sudah berlangsung lama ini, saya telah menemukan aplikasi open-source gratis yang dapat anda download hari ini untuk mengganti Start menu dengan yang unik untuk anda. Baca terus untuk mempelajari cara membuat Start menu terbaik anda di Windows 10 atau Windows 11!





Pengganti Start Menu Terbaik Di Luar Sana


Ada banyak software untuk mengganti dan penyesuaian desktop di luar sana, tetapi jika anda ingin menyesuaikan Start menu anda, maka Open-Shell adalah aplikasinya untuk anda. Open-Shell dulunya adalah Classic Shell, yang mengakhiri pengembangan pada tahun 2017 dan diambil dan diubah menjadi Open-Shell open-source.


Classic Shell dan Open-Shell memiliki fungsi yang identik dan antarmuka yang sama, jadi ini adalah penerus sejati yang dapat anda download tanpa perlu memeriksa fitur-fitur Classic Shell. Fitur utama Open-Shell adalah sebagai berikut:

  • Start Menu dengan gaya klasik untuk Windows 7, 8, 8.1, 10.
  • Toolbar untuk Windows Explorer.
  • Copy klasik UI (khusus Windows 7).
  • Tampilkan ukuran file di status bar Explorer.
  • Title bar dan status bar untuk Internet Explorer.

Apa yang ditambahkan oleh semua fitur yang diiklankan ini adalah bagian freeware yang kuat yang memungkinkan anda untuk mengubah hampir semua bagian dari Start menu anda dan mencampur dan mencocokkan gaya, fungsi dan fitur Start menu di semua generasi Windows.



Cara Menggunakan Open-Shell


Pertama, anda harus mendownload dan menjalankan penyiapan Open-Shell, yang tersedia di GitHub. Cukup ikuti petunjuknya dan buka aplikasi. Setelah berjalan, anda akan dapat dengan mudah mengakses pengaturan Open-Shell dengan mengklik kanan ikon Start menu anda. Memuat ke dalam pengaturan Open-Shell untuk pertama kalinya bisa membuat anda kewalahan, tetapi ada beberapa tab yang perlu anda fokuskan.



Terletak dengan rapi di dalam tab Start Menu Style, anda akan dapat memilih style, skin dan tombol sesuaikan. Ini adalah perubahan paling besar pada Start menu anda dan secara radikal akan mengubah tampilannya dari menu Windows 10. Tab lain memungkinkan anda lebih menyempurnakan dan menyesuaikan setiap bit Start menu anda.



Style mengacu pada format umum dan tata letak Start menu anda, dan anda dapat memilih antara tampilan klasik Windows 2000 memenuhi Windows Aero, style dua kolom yang mengingatkan pada Windows 7, dan kemudian style Windows 7 yang sebenarnya.


Style Windows 7 adalah satu-satunya style dari ketiganya dengan opsi untuk skin, yang memiliki enam pilihan. Klik Select skin kemudian di halaman selanjutnya klik menu dropdown dari Skin. Anda kemudian dapat memilih skin yang ingin anda gunakan.



Jika anda ingin mengubah ikon Start menu menjadi sesuatu yang lebih klasik atau menjadi gambar khusus, anda juga dapat melakukannya dari tab Start Menu Style.


Tab utama lainnya yang ingin anda lihat saat menyiapkan Start menu adalah tab Main Menu dan General Behavior. Di tab Main Menu, anda akan menemukan banyak pengaturan yang terkait dengan layar yang anda lihat saat membuka Start menu, yaitu menu utama Start menu. Anda dapat mengubah hal-hal seperti cara kerja All Programs, Pinned Programs, dan Recently Used Programs di Start menu anda di antara banyak pengaturan lainnya.



Untungnya, bagian tab yang lebih besar dari menu pengaturan Open-Shell sudah cukup jelas, jadi semua pengaturan yang dapat diubah di bawah tab Main Menu akan langsung berhubungan dengan menu utama dan tidak akan banyak tumpang tindih dengan tab lain.


Tidak mengherankan, tab General Behavior menampung perilaku umum pengaturan Start menu. Ini berarti hal-hal seperti seberapa cepat anda dapat melompat dari menu ke menu, berapa lama info tips muncul, berapa lama untuk drag/drop sesuatu dari Start menu anda ke tempat lain dan masih banyak lagi. Jika anda tidak tahu seberapa cepat anda menginginkan penundaan menu, misalnya, jangan terlalu dipikirkan: pengaturan default tidak buruk, dan anda dapat menyesuaikan berbagai hal jika anda melihat sesuatu yang mengganggu.



Ini adalah cara terbaik menggunakan tab lain di halaman pengaturan Open-Shell. Saat menjalani kehidupan digital sehari-hari, anda akan menggunakan Start menu. Jika anda menemukan anda kebetulan mulai sering mengunjungi folder tertentu atau terjebak saat mencoba mengakses shortcut tertentu di Start menu, anda tidak perlu hanya "terbiasa" dan sebagai gantinya anda dapat membuka pengaturan Open-Shell, lompat ke tab yang relevan, dan sesuaikan pengaturan yang diperlukan.


Anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara sembunyikan daftar aplikasi di Start Menu Windows 10 atau cara memperbaiki Start Menu tidak berfungsi di Windows 10/11.


Apakah anda tertarik untuk memiliki kontrol lebih besar atas Start menu anda? Apakah anda lebih suka iterasi Start menu Windows yang lebih lama daripada Windows 10 atau bahkan yang di Windows 11? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuat Start Menu Anda Sendiri di Windows 10/11 dengan Open-Shell"