Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Dua Akun WhatsApp di Android

 


WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat paling populer di luar sana, tetapi meskipun fitur-fiturnya banyak, aplikasi ini tidak secara resmi mengizinkan pengguna untuk memiliki dua akun yang berjalan di satu perangkat pada waktu yang sama. Untungnya, ada beberapa solusi untuk melewati batasan ini. Artikel ini menunjukkan kepada anda cara mengatur dua akun WhatsApp di ponsel Android anda.



Pemberitahuan Resmi


Di website resminya, di bagian FAQ, WhatsApp menyatakan sebagai berikut:

“Your WhatsApp account can only be verified with one number on one device. If you have a dual SIM phone, please note that you still must choose one number to verify with WhatsApp. There is no option to have a WhatsApp account with two phone numbers.”


Selain itu, aturan resminya memperingatkan anda agar anda tidak mencoba untuk sesering mungkin berpindah akun WhatsApp anda di antara perangkat yang berbeda karena pada titik tertentu, anda mungkin diblokir dari verifikasi ulang akun anda. Untuk memperjelas, anda tidak dapat menggunakan satu nomor pada dua perangkat, tetapi sebaliknya dapat dilakukan.


Mengingat semua ini, artikel kali ini mengajarkan anda cara mendapatkan dua nomor WhatsApp untuk berfungsi pada satu perangkat. Nomor WhatsApp kedua dapat berasal dari kartu SIM kedua di smartphone dual SIM anda atau dari ponsel lain.



Dapatkan WhatsApp Web di Browser Seluler Anda


Salah satu solusi untuk mendapatkan dua akun WhatsApp di perangkat yang sama adalah dengan mengakses melalui aplikasi dan yang lainnya melalui WhatsApp Web di browser ponsel anda. Sekarang, jika anda mencoba mengakses WhatsApp Web di browser ponsel anda, anda akan diundang untuk mendownload aplikasi ponsel, yang sebenarnya bukan yang anda inginkan. Anda perlu menggunakan trik kecil ini untuk membuatnya berfungsi di browser ponsel anda.


Catatan: Metode ini berfungsi paling baik jika anda memiliki dua perangkat ponsel terpisah yang dilengkapi dua kartu SIM berbeda.

  • Buka browser Chrome di perangkat ponsel anda.
  • Ketuk menu tiga titik yang terletak di sudut kanan atas dan pilih Desktop site.
  • Anda akan diminta untuk menscan kode QR menggunakan WhatsApp anda.


  • Keluarkan perangkat kedua yang anda miliki dan scan kodenya.
  • Antarmuka WhatsApp akan dimuat di browser anda.

Sekarang anda dapat mulai mengobrol dan berinteraksi dengan kontak anda menggunakan kedua akun.


Selanjutnya: melanjutkan dengan dua metode yang berfungsi untuk perangkat dual SIM serta jika anda menggunakan dua perangkat ponsel yang terpisah.



Gunakan Aplikasi Kloning Asli


Beberapa produsen smartphone mengizinkan penggunanya membuat klon aplikasi. Perangkat Samsung, OnePlus, xiaoMi, dan Huawei tertentu menyertakan fungsi ini, meskipun semuanya memiliki nama yang berbeda.


Jika anda menggunakan perangkat Samsung, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk menduplikat aplikasi WhatsApp.



1. Pengguna Samsung


Jika anda menggunakan perangkat Samsung, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk menduplikat aplikasi WhatsApp.

  • Buka Settings dan pilih Advanced features.
  • Selanjutnya ketuk Dual Messenger.


  • Anda kemudian dapat mengaktifkan WhatsApp. Ketuk tombol dan anda akan diminta untuk menginstal aplikasi WhatsApp kedua.
  • Ikuti pentunjuk hingga anda berhasil menginstallnya.


  • Anda kemudian dapat menggunakan aplikasi WhatsApp kloning ini untuk nomor SIM kedua anda.




2. Pengguna OnePlus


Jika anda memiliki perangkat OnePlus, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk menduplikat aplikasi.

  • Buka Settings pada perangkat anda dan gulir ke bawah hingga anda menemukan Utilities. Ketuk padanya untuk melanjutkan.
  • Kemudian ketuk Parallel Apps.
  • Pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang tersedia untuk duplikat.



Anda kemudian akan melihat ikon WhatsApp kedua muncul di sebelah yang asli. Ketuk dan gunakan nomor telepon kedua untuk masuk. WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor anda yang lain, dan anda harus memasukkannya sebelum antarmuka WhatsApp dimuat.




3. Pengguna Huawei


Di perangkat Huawei anda harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk menduplikat aplikasi.

  • Buka Settings pada perangkat anda dan gulir ke bawah hingga anda menemukan Apps. Ketuk itu untuk melanjutkan.
  • Pilih App Twin.
  • Pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang dapat anda duplikat.



Ikon WhatsApp kedua akan muncul di layar beranda anda dan kemudian ikuti langkah-langkah yang sama yang telah saya jelaskan di atas.




4. Pengguna Oppo dan Realme


Untuk mengkloning WhatsApp di Oppo dan Realme caranya sama.

  • Buka menu Settings perangkat anda dan gulir ke bawah hingga anda menemukan Clone Apps. Ketuk padanya untuk melanjutkan.
  • Kemudian pilih aplikasi WhatsApp dan geser tombol di opsi Enable App Cloning.
  • Anda juga dapat mengganti nama aplikasi kedua dengan mengetuk bagian Rename Clone App.

Anda kemudian dapat menggunakan aplikasi duplikat seperti biasanya.



5. Pengguna Vivo


Pengguna Vivo juga dapat melakukan duplikat aplikasi WhatsApp.

  • Buka menu Settings perangkat anda dan gulir ke bawah untuk memilih App Clone.
  • Selanjutnya, geser ke kanan pada tombol kloning untuk mengaktifkan.
  • Kembali ke halaman depan atau home screen untuk melihat daftar aplikasi. Tekan dan tahan pada aplikasi WhatsApp sampai muncul icon (x) dan (+). Pilih Add (+), maka akan muncul aplikasi WhatsApp yang kedua.



6. Pengguna Asus


Untuk pengguna smartphone Asus, kalian bisa menggunakan fitur Twin Apps.


  • Buka Settings perangkat anda kemudian temukan dan ketuk Advanced.
  • Selanjutnya pilih Twin Apps.
  • Anda kemudian dapat memilih WhatsApp dan tunggu beberapa detik hingga ada notifikasi.


Anda kemudian dapat menemukan aplikasi duplikat di daftar aplikasi dan anda dapat mulai menggunakannya seperti biasa.



7. Pengguna Xiaomi


Bagi anda pengguna Xiaomi, di dalam sistem MIUI terdapat fitur Dual Apps yang bisa dipakai mengaktifkan dua akun WhatsApp sekaligus.

  • Buka menu Setting perangkat anda dan pilih Apps.
  • Kemudian ketuk Dual Apps.
  • Cari aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk padanya untuk mengaktifkan.
  • Selanjutnya ketuk Turn On untuk memprosesnya.


Setelah selesai, cari aplikasi WhatsApp yang baru dikloning, buka dan lakukan verifikasi untuk menggunakannya.



Dapatkan WhatsApp Business


Solusi lain bagi mereka yang ingin memiliki dua akun WhatsApp yang berjalan di perangkat yang sama adalah WhatsApp Business. Sementara secara teori, layanan ini ditujukan untuk pengguna bisnis saja, namun dimungkinkan menggunakannya untuk masuk dengan nomor kedua anda pada perangkat yang sama.


Pengguna dapat menginstal aplikasi secara gratis dan kemudian mengikuti proses instalasi yang sama seperti versi standar aplikasi.



Tentu saja, WhatsApp Business hadir dengan bagian lainnya terkait biaya terkait bagi pengguna yang ingin memanfaatkan potensi penuhnya, tetapi karena anda hanya ingin menggunakannya sebagai dasar untuk menyiapkan akun WhatsApp kedua, anda harus dapat menggunakan fitur inti tanpa masalah.


Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa orang yang akan anda kirimi SMS dari nomor kedua akan tahu bahwa mereka sedang berbicara dengan akun Bisnis karena aplikasi menampilkan pemberitahuan setelah anda memulai obrolan. Jika itu menjadi masalah anda, anda mungkin ingin kembali ke metode sebelumnya.


Sekarang anda telah mengetahui cara mengatur dua akun WhatsApp di ponsel anda, anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui cara melihat histori notifikasi anda di Android atau cara mengaktifkan screen recorder tersembunyi di Android 10.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengatur Dua Akun WhatsApp di Android"