Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Histori Notifikasi Anda di Android


Sebagian besar dari kita menerima notifikasi yang tak terhitung jumlahnya di ponsel kita setiap hari. Tetapi berapa kali kita terlalu cepat menghapusnya tanpa benar-benar melihat semua notifikasi itu. Kita akhirnya mengabaikan sesuatu yang mungkin penting. Dan sekarang kabar baiknya adalah kita dapat mengambil notifikasi yang telah dihapus tersebut jika diperlukan. Dan inilah cara anda dapat melihat histori notifikasi anda di Android.

Setelah notifikasi ditutup, notifikasi anda sebenarnya tidak hilang begitu saja secara permanen. Dari pesan dan emain yang terlewat hingga notifikasi tentang update game atau event update, semuanya itu masih tersimpan di ponsel Android anda. Anda hanya perlu mempelajari cara mendapatkan akses ke informasi itu.

Catatan: Anda tidak akan dapat mengakses notifikasi yang anda terima sebelum mengaktifkan fitur yang dibahas di bawah ini. Tetapi jika anda ingin dan mulai memantau notifikasi di masa mendatang, maka panduan ini akan membantu anda.


Metode I

  • Tekan lama dimana saja di Home screen. Sebaiknya di area yang tidak digunakan oleh aplikasi.

  • Pilih Widget dari opsi yang muncul di bagian bawah layar. Kemudian gulir ke bawah hingga anda menemukan Settings widget.
  • Tekan lama dan seret ke Home screen anda.
  • Ketuk di atasnya untuk mengakses daftar fitur.
  • Jika perangkat anda memilikinya, anda akan menemukan Log notifikasi yang tercantum disini. Ketuk widget dan anda akan diberikan akses ke notifikasi anda.


Perlu diketahui bahwa tampilan yang ditawarkan oleh Log notifikasi tidak sempurna. Pada dasarnya, ini terlihat seperti kode, dan anda harus melihat dengan cermat informasi yang ingin anda pulihkan (seperti judul email). Selain itu, tidak mungkin untuk berinteraksi dengan notifikasi yang diambil ini dengan cara yang sama seperti yang anda lakukan dengan aslinya. Sebagai permulaan, anda tidak akan dapat mengklik link atau membalas pesan dengan cepat. Titik rendah lainnya adalah bahwa Log notifikasi hanya menampilkan notfikasi yang anda terima sepanjang hari dalam proses menghapus yang lebih lama.

Saya mencoba memeriksa berbagai model ponsel untuk melihat apakah mereka juga memiliki Log notifikasi. OnePlus 6, OnePlus 6T, dan Honor 7S semuanya memiliki fitur tersebut; Namun, Samsung Galaxy A3 (2016) tidak. Jika itu juga terjadi pada ponsel anda, jangan khawatir karena anda masih bisa mendapatkan akses ke histori notifikasi anda.


Metode II

Jika anda memiliki ponsel yang tidak memiliki Log notifikasi dimanapun atau jika anda hanya ingin cara yang lebih intuitif untuk melihat notifiksasi lama anda, saya sarankan untuk memasang aplikasi Notification History Log dari Google Play Store. Aplikasi ini membutuhkan Android 4.4 KitKat atau lebih tinggi agar berfungsi dan oleh karena itu harus kompatibel dengan sebagian besar perangkat di luar sana sekarang.

  • Setelah menginstall aplikasi, buka aplikasi dan pilih bahasa preferensi anda, kemudian baca Terms of Use and Privacy, beri ceklist setelah membacanya dan ketuk Agree and continue.

  • Geser slide tutorial dengan cepat dengan menekan tombol panah next. Pada akhirnya, anda akan diminta untuk memberikan akses notifikasi aplikasi. Anda dapat melakukannya langsung dari aplikasi dengan menekan tombol Enable Permission di bagian bawah layar.

  • Anda akan diarahkan ke panel Notification access di ponsel anda. Temukan daftar Notification History Log dan aktifkan.



Berinteraksi dengan Notifikasi Anda

Tidak seperti log notifikasi default di Android, anda akan dapat berinteraksi dengan notifikasi di aplikasi ini, meskipun secara terbatas.

Misalnya, notifikasi WhatsApp yang dipulihkan hanya menampilkan ikon dan pesan aplikasi, tetapi tidak memungkinkan anda untuk mengirim balasan cepat. Dimungkinkan untuk mengklik notifikasi, tetapi jika anda mengetuk Open maka itu akan membawa anda langsung ke aplikasi dan bukan percakapan khusus tersebut.


Keuntungan lain dari Notification History Log adalah ia tidak menghapus notifikasi yang lebih lama, sehingga anda dapat memeriksanya yang lebih lama dari hari ini


Cara Memfilter Notifikasi

Aplikasi ini memiliki fungsi filter yang sangat berguna yang dapat anda gunakan untuk mencari log notifikasi. Ketuk pada aplikasi tertentu dan kemudian pada ikon piramida terbalik di kanan atas untuk membuka filter dan memilih secara spesifik. Misalnya, anda dapat memfilter untuk melihat notifikasi baru atau lama terlebih dahulu atau mengaturnya menurut abjad A ke Z atau Z ke A.


Aplikasi ini juga menyertakan fungsi pencarian yang dapat digunakan secara gratis yang memungkinkan anda untuk mencari notifikasi tertentu - misalnya, untuk dengan cepat memeriksa apakah anda telah menerima email dari PayPal yang mungkin anda lewatkan.

Selain itu, ada beberapa opsi tambahan untuk pengguna Versi Pro. Misalnya, seseorang dapat memfilter notifikasi berdasarkan perkiraan waktu kedatangan mereka. Fitur ekspor juga tersedia, tetapi untuk membuka kunci Versi Pro, pengguna harus mengeluarkan Rp.62.000.

Sekarang setelah anda mengetahui cara memeriksa histori notifikasi, tentunya anda tidak akan ketinggalan notifikasi penting anda lagi. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalakan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Melihat Histori Notifikasi Anda di Android"