Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Operating System Not Found Saat Booting VMware


Aplikasi VMware adalah beberapa aplikasi yang paling populer untuk membuat dan mengelola mesin virtual. Namun, tidak jarang pengguna mengalami berbagai masalah saat mengoperasikannya. Misalnya, saat booting virtual machine yang baru dibuat, ia gagal memuat dan kemudian memunculkan pesan error Operating system is not found.


Kenapa Error Terjadi

Error saat booting VMware tidak eksklusif untuk system operasi atau media instalasi tertentu. Anda bisa mendapatkannya ketika anda mencoba menginstal system operasi dari file ISO yang buruk atau saat menginstal dari penyimpanan fisik tanpa mengkonfigurasi VMware dengan benar.


Pesan error ini muncul saat bekerja dengan edisi Windows yang berbeda. Di bagian ini, kita akan menjelajahi berbagai penyebab error saat booting VMware dan selanjutnya mencari cara terbaik untuk memperbaikinya.

Inilah beberapa penyebab error saat booting VMWare:
  • File virtual machine anda rusak.
  • Saat membuat virtual machine, anda tidak memerintahkan VMware untuk membaca dari media penyimpanan fisik.
  • File ISO tempat anda ingin membuat virtual machine bukanlah file bootable.
  • Periode penundaan booting PXE terlalu singkat.


Memperbaiki Error Boot VMware

Disini, saya akan menunjukkan kepada anda metode umum yang digunakan untuk memperbaiki masalah boot VMware. Jika VMware tidak dapat menemukan system operasi anda, anda harus menemukan penyebab masalah seperti yang diuraikan di bagian atas.

Dari situ, anda mungkin dapat menentukan penyebab pastinya dan memilih teknik pemecahan masalah yang berlaku untuk kasus anda. Namun jika anda tidak yakin bagaimana melacak penyebab error, lanjutkan membaca artikel ini. Di bawah ini adalah beberap penjelasan rinci untuk solusi ini.


1. Konfirmasikan bahwa File ISO anda adalah Bootable

Anda perlu mount file ISO di virtual machine anda, dan ISO ini harus menjadi OS yang dapat di booting agar berfungsi. Namun, tidak semua file ISO dapat di booting. Beberapa di antaranya sebenarnya adalah update system operasi.

Oleh karena itu, sebelum masuk ke teknik pemecahan masalah yang lebih kompleks untuk error booting VMware, langkah pertama adalah mengkonfirmasi bahwa file ISO dapat di booting. Jika ISO tidak dapat di booting, maka anda harus mendapatkan file ISO yang dapat dibooting. Disisi lain, jika anda menemukan bahwa file ISO anda dapat di booingt, maka anda dapat memulai perbaikan.


2. Buat Ulang Virtual Machine dengan Pengaturan Berbeda

Jika anda menggunakan ISO yang dapat di booting dan VMWare tidak dapat menemukan system operasi anda, anda patut mencurigai bahwa mungkin mesin anda tidak dikonfigurasi dengan UEFI. Dalam proses pembuatan Virtual Machine, jika anda memilih UEFI, anda kemungkinan besar anda akan mengalami error saat booting. Anda harus kembali membuat  Virtual Machine baru, dan mengaturnya ke BIOS dan bukan UEFI. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Luncurkan VMware dan pilih New Virtual Machine di panel kanan dan tekan Next.

  • Pilih sumber instalasi dengan mengklik Browse lalu tekan tombol Next. Jika anda menggunakan VVM Fusion atau VMware workstation, hapus ceklist pada kotak Easy Install.

  • Pilih System operasi kedua anda beserta versi system operasi dan klik Next.

  • Sekarang, beri nama Virtual Machine baru dan pilih direktori untuk menyimpannya. Klik Next untuk melanjutkan.

  • Ubah maximum disk size dan pilih bagaimana anda ingin menyimpan disk virtual. Klik tombol Next.

  • Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan hardware sesuai keinginan anda dengan mengklik Customize hardware atau membiarkannya ke pengaturan default. Terakhir, klik tombol Finish.

Pada titik ini, anda dapat menjalankan Virtual Machine baru untuk memeriksa apakah error booting tidak lagi muncul.


3. Jika Menginstal dari Drive Eksternal, beritahu VMware

Banyak pengguna yang menginstal system operasi dari disk eksternal dan ketika membukanya mereka menemukan error booting. Hal ini dikarenakan mereka tidak menunjukkan drive tempat untuk melakukan booting. Untuk mencegah masalah ini, VMware harus menyadari bahwa anda menginstalnya dari drive eksternal tersebut.
  • Luncurkan aplikasi VMware. Kemudian klik Edit virtual machine settings untuk virtual machine yang bermasalah.

  • Di tab Hardware, pilih CD/DVD (SATA) dari daftar perangkat.

  • Ubah Connection ke Use physical drive.
  • Klik pada menu dropdown dan pilih drive yang berisi file ISO. Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.


4. Tingkatkan Periode Penundaan Boot PXE

Konfigurasi virtual machine anda dapat menyebabkan VMware mencoba melakukan booting PXE. Ini mungkin akar dari error booting yang anda alami karena anda mungkin tidak dapat masuk ke layar Windows Installer dengan cukup cepat.

VMware memungkinkan anda hanya dengan jendela singkat untuk menekan sembarang tombol untuk boot ke Windows Installer. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan penundaan booting menjadi 6 detik atau lebih.
  • Pertama, matikan semua virtual machine yang terbuka dan kemudian tutup aplikasi VMware.
  • Luncurkan File Explorer dan buka direktori berikut:
C:\Users\user_name\Documents\Virtual Machines
  • Dalam direktori ini, klik dobel pada folder mesin tertentu yang bermasalah dan temukan file dengan ekstensi .VMX. Buka file ini dengan text editor (seperti Notepad ++).
  • Di dokumen yang terbuka, arahkan ke bagian akhir teks, lalu pastekan kode di bawah ini.
bios.bootDelay = "6000"
  • Sekarang, simpan dokumen tersebut dan tutup text editor anda.


Setelah itu periksa kembali virtual machine anda, apakah metode itu berhasil anda terapkan di komputer anda.

Jika anda masih mengalami error dalam menjalankan VMware di komputer anda, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara membuat virtual machine dari PC Windows 10/11 anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini, untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Operating System Not Found Saat Booting VMware"