Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Virtual Machine dari PC Windows 10/11 Anda


Membuat virtual machine dari pengaturan Windows 10 atau Windows 11 yang ada sangat berguna untuk sejumlah alasan. Virtual machine memungkinkan anda untuk dengan cepat membuat replikasi instalasi Windows 10 atau Windows 11 anda saat ini. Anda juga dapat menguji software yang anda download yang tidak dapat diinstal di PC anda. Anda juga akan dapat dengan aman menguji tweak atau pengeditan registry yang ingin anda lakukan pada OS anda.

Anda dapat melakukan ini menggunakan berbagai software yang ada (termasuk Microsoft Hyper-V yang terintegrasi ke dalam Windows 10 dan Windows 11 edisi Pro). Tapi saya menemukan VMWare’s vCenter Converter yang sederhana dan tersedia secara universal, jadi saya akan menggunakannya.

Pelajari bagaimana anda dapat membuat Virtual Machine dari instalasi Windows 10 atau Windows 11 yang ada.


Mengubah Windows 10 atau Windows 11 Anda ke Virtual Machine

Pertama, download VMware vCenter Converter. Setelah mengklik link download, anda harus mendaftar dan membuat akun My VMware. Ini adalah proses yang cepat dan hanya membutuhkan email dan password.


Setelah mendownload, install VMWare vCenter Converter di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Setelah terinstal, buka vCenter Converter, lalu klik Convert machine.


Selanjutnya, pilih Powered on untuk source type dan dari menu klik drop-down pilih This local machine. Selanjutnya klik Next.


Pada layar berikutnya, anda dapat mengedit dan menentukan drive mana dari OS yang ingin anda virtualkan: perangkat, jaringan, dan sebagainya. Dalam tutorial ini, ukuran total OS Windows 10 atau Windows 11 melebihi kapasitas tempat penyimpanan, jadi drive D: akan dihapus agar dapat digunakan (Ini hanya contoh kasus, jika anda mempunyai tempat penyimpanan yang cukup maka anda tidak perlu menghapusnya).


Untuk melakukan ini, klik entri Data to copy, lalu di panel di sebelah kanan, drive yang tidak terpilih untuk divirtualisasi menggunakan kotak ceklist. Di panel di sebelah kiri, anda dapat mengubah system services yang ingin anda transfer ke PC virtual anda, network adapters dan sebagainya. Saya menyarankan untuk menjaga ini sebagaimana adanya jika anda menginginkan virtualisasi PC Windows 10 yang paling akurat.


Saat anda siap, klik Next, pilih dimana anda ingin menyimpan virtual machine anda (Anda dapat meluruskannya ke hard drive eksternal jika anda mau), lalu biarkan proses konversi dimulai. Ini bisa memakan waktu beberapa jam, tergantung pada ukuran volume Windows yang anda konversi.

Setelah konversi selesai, virtual machine dari PC Windows 10 atau Windows 11 anda telah berhasil dibuat. Hal selanjutnya adalah menjalankannya.

Catatan: Jika anda ingin menjalankan virtual machine di PC lain, buka direktori dan copy ke hard drive eksternal. Anda mungkin ingin mengkompresnya menggunakan software kompresi seperti 7-Zip, WinZIP atau WinRAR untuk menghemat ruang. Sekali lagi, tergantung pada ukuran VM anda, ini mungkin memakan waktu cukup lama. Sambungkan drive eksternal ke PC lain tempat anda ingin menjalankan virtual machine. Transfer file zipnya dan unzip file tersebut.


Menjalankan Virtual Machine

Di komputer tempat anda ingin menjalankan virtual machine anda (yang dapat menjadi PC yang sama dengan yang anda gunakan dalam panduan ini), anda akan memerlukan software virtualisasi VMware gratis, VMware Workstation Player.

Setelah diinstal, buka Workstation Player, klik Open a Virtual Machine, lalu navigasikan ke VM anda yang baru dibuat dan klik Open.


Sebelum membuka VM, anda dapat pergi ke Edit virtual machine settings dan ubah hal-hal seperti berapa banyak memori yang dialokasikan. Saat anda siap untuk membukanya, klik Play virtual machine, dan anda siap melakukannya!


Sekarang anda telah belajar cara membuat virtual machine dari Windows 10 dan Windows 11. Jika anda lebih tertarik pada virtual machine lainnya, anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara install VirtualBox di USB drive dan menjalankan system operasi apapun. Anda mungkin akan membutuhkan banyak ruang hard drive untuk menggunakannya, jadi ada baiknya juga memeriksa kesehatan hard drive anda di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan virtual machine pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Membuat Virtual Machine dari PC Windows 10/11 Anda"