Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install VirtualBox di USB Drive dan Menjalankan System Operasi Apapun


VirtualBox merupakan software virtual, yang dapat digunakan untuk menjalankan system operasi lainnya di dalam system operasi utama. Misalkan komputer anda menggunakan system operasi Windows, dan anda ingin menjalankan system operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Windows, maka anda membutuhkan aplikasi ini.

Aplikasi yang pertamakali dikembangkan oleh Innotek GmbH ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan pengujian terhadap system lain tanpa harus kehilangan system yang sudah ada. Banyak aplikasi lain dengan fungsi yang sama seperti VirtualBox, misalnya VMware dan Windows Virtual PC.

Jika anda senang berpetualang dan ingin mencoba hal baru dengan system operasi lainnya, anda dapat menggunakan VirtualBox ini. Namun bagaimana jika anda memerlukan system operasi yang portabel, sehingga anda dapat menjalankannya dari drive yang dapat dilepas dan dari komputer manapun?

Jawabannya adalah VirtualBox dibuat portabel. Idenya disini adalah menginstal Virtualbox di USB drive anda dan menggunakannya untuk menginstal system operasi lain. Dengan virtual disk portabel ini, anda dapat menggunakan system ini di komputer manapun yang anda inginkan.


Cara Membuat VirtualBox Portable

Untuk menginstal Virtualbox di USB drive atau drive eksternal lainnya, buka vbox dan download packagenya.

Pindahkan file download ke USB drive. Kemudian klik doble pada file tersebut untuk mengekstraknya.

Sekarang buka folder Portable-Virtualbox dari USB drive dan klik doble pada file Portable-VirtualBox seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Beri ceklist pada kotak Extract the files for a 32 bit system dan Extract the files for a 64 bit system. Anda juga dapat memilih untuk mengompres file untuk menghemat ruang berharga di USB drive (Jika pilihan tersedia).

Setelah memberi ceklist, silahkan klik Download Installation file for Virtualbox.


Segera setelah itu, anda akan melihat bahwa aplikasi akan mulai mendownload file yang diperlukan untuk menginstal Virtualbox portabel. Tunggu download hingga selesai.

Jika sudah selesai mendownload, klik OK dan Portable-VirtualBox akan mengekstrak file yang dibutuhkan dari penginstal VirtualBox.


Jika sudah selesai akan muncul pesan untuk membuka kembali Portable-VirtualBox. Klik OK dan klik doble kembali Portable-VirtualBox di USB drive dan ia akan menyelesaikan semuanya.



Install System Operasi Portabel di USB Drive

Sekarang VirtualBox ada di USB drive, anda dapat dengan mudah membuat hard disk virtual dan menginstal system operasi apapun seperti Windows XP, Windows Vista, Linux dll. Mulai program VirtualBox dan anda dapat membuat hard disk virtual. Simpan hard disk ini di USB drive karena anda hanya akan menggunakan USB drive.

Sekarang disini ada beberapa panduan bermanfaat tentang cara menginstall system operasi baru dengan Virtualbox:

Setelah selesai dengan bagian instalasi, anda dapat membawa system operasi di USB drive dan menggunakannya pada banyak komputer.

Ada banyak keuntungan menggunakan hard disk Virtualbox portabel dan menjalankan system operasi dengannya. Keuntungan terbesar adalah anda dapat menjalankan OS di komputer manapun yang tidak mempunyai/menginstall VirtualBox. Keuntungan utama lainnya adalah menjaga hard disk anda bebas dari hard disk virtual atau anda bahkan dapat mengcopy hard disk virtual dari satu komputer ke komputer lain.

Semoga anda software ini berguna bagi anda. Apa pendapat anda tentang Virtualbox portabel ini? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Install VirtualBox di USB Drive dan Menjalankan System Operasi Apapun"

  1. apakah portable virtualbox ini bisa berfungsi layaknya virtualbox yang asli?

    ReplyDelete