Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Windows Maintenance Secara Permanen


Dalam sebuah program komputer Windows yang lebih baru, fitur Windows Maintenance disertakan bersama software. Tools ini melakukan pekerjaan untuk pemeliharaan pada PC anda setiap hari pada waktu tertentu. Jika ia mendeteksi komputer sedang sibuk atau dimatikan pada saat itu, ia akan melakukan pemeliharaan pada waktu berikutnya dimana PC anda dalam kondisi hidup dan dibiarkan diam selama kurang lebih lima menit.

Meskipun fitur ini berguna bagi sebagian pengguna, namun banyak pula yang ingin menonaktifkannya. Masalah yang kemudian muncul adalah pengguna Windows 8 dan versi lebih baru tidak akan menemukan opsi untuk menonaktifkannya. Yang dapat anda ubah hanyalah waktu Windows melakukan pemeliharaan yang tidak membantu jika anda ingin menghentikannya aktif sama sekali. Anda masih dapat menghentikannya setelah dimulai, tetapi bagaimana jika anda tidak ingin Windows Maintenance memulai sama sekali?



Apa yang Dilakukan Windows Maintenance?

Sebelum kita mematikan fitur-fitur dalam Windows, ada baiknya untuk benar-benar mencaritahu apa yang sebenarnya yang hendak kita matikan tersebut.

Mengenai topik Windows Maintenance ini, Microsoft mengatakan bahwa tujuan dari Automatic Maintenance adalah untuk menggabungkan semua aktivitas pemeliharaan background di Windows dan membantu pengembang pihak ketiga menambahkan aktivitas maintenance mereka ke Windows tanpa berdampak negatif pada kinerja dan efisiensi energi. Windows Maintenance ini juga termasuk Windows Update, dan defragmentasi disk otomatis, serta update dan scan antivirus.

Kedengarannya ini penting bagi pengguna awam atau yang super sibuk yang tidak mempunyai waktu luang untuk pemeliharaan PC mereka, namun sebenarnya jika tujuannya seperti yang tertulis diatas maka pengguna juga dapat melakukannya secara manual.


Mengapa Anda Harus Menonaktifkannya?

Tujuan dan manfaat dari Windows Maintenance ini terdengar seperti hal yang bagus dan positif untuk menjalankan Windows di komputer anda. Mengapa anda ingin mematikannya?

Untuk beberapa pengguna, automatic maintenance lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Saat dibiarkan sendiri selama lima menit, processor PC dan aktivitas disk dapat meningkat drastis, dan secara otomatis menaikan suhu keduanya secara signifikan. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa system menjadi sangat lamban dan tidak responsif saat kembali lagi setelah maintenance dimulai, dan yang lain bahkan melaporkan bahwa komputer mereka mogok. Hal ini yang menyebabkan pengguna lebih suka membiarkan PC mereka selama lima menit agar tidak menyebabkan masalah dan karena itu ingin menonaktifkan automatic maintenance.

Meskipun Windows yang melakukan pemeliharaan pada komputer anda terdengar seperti sesuatu yang anda inginkan, metode penonaktifan pada tutorial kali ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mengubah sebuah nilai. Jika anda merasa ingin melakukan pemeliharaan pada PC anda, anda dapat mengaktifkannya kembali dan mengaktifkannya sendiri secara manual, jadi jangan khawatir kehilangan fitur automatic maintenance selamanya.


Cara Menonaktifkan Windows Maintenance

Jadi, bagaimana anda menonaktifkan Windows Maintenance agar tidak dimulai secara otomatis? Lagi-lagi kita akan menggunakan pengeditan registry untuk menonaktifkannya. Sebelum melakukannya, ada baiknya anda membackup registry Windows anda. Setelah melakukannya, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


  • Untuk melakukan ini, anda perlu membuka registry. Tekan tombol Win + R dan ketik regedit, diikuti dengan mengklik OK atau tekan Enter.


  • Di registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda dapat mencopi jalur di bawah dan mempastenya di address bar registry.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Schedule\Maintenance

  • Disini, di panel sebelah kanan, cari MaintenanceDisabled. Jika anda tidak melihatnya, klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value. Beri nama value dengan MaintenanceDisabled.


  • Setelah itu klik kanan pada MaintenanceDisabled dan klik Modify... atau anda dapt mengklik dobel pada value. Di jendela edit DWORD, ubah value datanya ke 1 dan klik OK. Ini akan mengaktifkan opsi MaintenanceDisabled dimana itu akan menonaktifkan Windows Maintenance berjalan secara otomatis.


  • Setelah melakukan perubahan, Restart PC anda dan Windows Maintenance akan dinonaktifkan sepenuhnya di PC anda.


Jika suatu saat anda ingin mengaktifkan kembali Windows Maintenance, maka anda hanya mengubah value datanya dari 1 menjadi 0 (nol) dan klik OK. Kemudian, setelah restart anda dapat Windows Maintenance anda akan diaktifkan kembali.


Windows Maintenance adalah tugas dengan maksud baik yang bertujuan untuk menjaga PC anda dalam kondisi yang baik dan prima. Namun terkadang hal itu bisa lebih merugikan daripada menguntungkan. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, anda dapat mematikan fitur tersebut sama sekali. Lebih baik lagi, jika anda dapat mengaktifkannya kembali kapanpun anda mau, sehingga anda dapat menikmati yang terbaik dari maksud dan tujuan Windows Maintenance.

Apakah anda mempercayakan pemeliharaan PC anda ke Windows Maintenance? Jika anda tidak ingin menggunakan Windows Maintenance, apakah anda akan melakukan pemeliharaan PC anda sendiri? Tinggalkan komentar anda di bawah ini! Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan Windows Maintenance Secara Permanen"