Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Nama Profil Jaringan di Windows


Pertama kali anda mengonfigurasi dan menyambung ke network/jaringan, Windows menyimpan informasi itu sebagai profil jaringan dan memberinya nama yang paling umum seperti Network atau Network 1 dan seterusnya. Faktanya, ini adalah nama yang akan anda lihat saat anda mengklik ikon jaringan di taskbar atau saat anda membuka Network and Sharing center di Control Panel. Meskipun nama default bukan masalah yang besar untuk sebagian besar orang, namun ini bisa menjadi sangat membingungkan jika anda memiliki banyak profil jaringan. Hal baiknya adalah anda dapat menyesuaikan nama profil jaringan.

Catatan: Sayangnya, tidak ada opsi langsung untuk melakukannya. Anda harus menggunakan Local Security Policy atau Registry Editor untuk mengubah nama profil jaringan anda di Windows 10.


Ubah Nama Profil Jaringan dengan Metode Local Security Policy

Cara termudah untuk mengubah nama profil jaringan di Windows adalah dengan mengubah pengaturan Local Security Policy. Local Security Policy adalah bagian dari Group Policy Editor. Namun, tidak seperti Group Policy Editor tempat anda dapat mengonfigurasi pengaturan untuk semua komputer dan pengguna di domain anda, Local Security Policy digunakan untuk menetapkan dan mengubah pengaturan untuk mesin lokal tertentu anda.

Untuk memulai, tekan Win + R, kemudian ketik secpol.msc dan tekan tombol Enter.


Tindakan di atas akan membuka Local Security Policy editor. Disini, navigasikan ke folder Network List Manager Policies yang muncul di panel kiri. Di panel kanan, temukan dan klik dobel pada nama profil jaringan anda. Secara default, jaringan akan terdaftar dengan nama profil default. Misalnya Network.


Di jendela properties network pilih opsi Name. Anda kemudian dapat memasukan nama pilihan anda dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Jangan gunakan karakter khusus apa pun dalam nama.


Perubahannya instan, dan anda akan melihat nama baru saat mengklik ikon jaringan di taskbar.

Nama profil jaringan baru juga tercermin di Network and Sharing Center. Jika anda tidak melihat perubahannya, restart system anda.



Ubah Nama Profil Jaringan dengan Metode Registry Editor

Menjadi sub-grup dari Group Policy Editor, anda tidak akan memiliki akses ke Local Security Policy jika anda menggunakan Windows versi Home. Alternatifnya, anda dapat menggunakan Registry Editor untuk mengubah nama profil jaringan.

Untuk membuka Registry Editor, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter.


Di Registry Editor, arahkan ke lokasi berikut dibawah ini. Jika anda menggunakan Windows 10, copy dan paste jalur di bawah ini ke address bar dan tekan tombol Enter.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\NetworkList\Profiles


Di bawah folder Profiles, anda akan melihat subkey dengan nama alfanumerik. Windows menetapkan key baru untuk setiap profil jaringan di system anda. Karena system saya memiliki dua profil jaringan, saya harus memeriksa nama profil yang sesuai dengan nama jaringan yang ada saat ini. Anda dapat mengidentifikasi nama jaringan disetiap key dengan mengklik dobel pada ProfileName di panel kanan.


Setelah anda menemukan keynya, klik dobel pada ProfileName dan masukkan nama profil jaringan baru di kolom Value Data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Sekali lagi, jangan gunakan karakter khusus apapun dalam nama.


Selanjutnya Restart system anda dan anda akan melihat nama profil jaringan baru.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunakan metode di atas untuk mengubah nama profil jaringan di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengubah Nama Profil Jaringan di Windows"