Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan SD Card Sebagai Memori Internal di Android


Bergantung pada perangkat Android yang anda gunakan, anda mungkin tidak memiliki banyak memori internal. Anda yang memiliki perangkat yang dapat menampung SD card mungkin agak beruntung. Namun, itu hanya dapat digunakan untuk menyimpan file, baik itu file foto, video ataupun file download apapun.

Sementara aplikasi yang di install tidak dapat disimpan ke SD card secara default. Inilah sebabnya mengapa menggunakan SD card sebagai memori internal sangat diinginkan oleh semua pengguna perangkat Android. Dengan melakukan ini, anda dapat melakukan banyak hal seperti menyimpan aplikasi di SD card anda untuk dapat membuat lebih banyak ruang kosong memori internal perangkat daripada biasanya.

Untungnya, sejak Android Marshmallow (versi 6.0), hal ini dimungkinkan untuk sebagian besar perangkat Android di luar sana tanpa melakukan root perangkat.


Menggunakan SD Card Sebagai Internal

Dalam hal ini, fitur yang bernama adoptable storage akan menjadi teman anda. Dengan ini, anda dapat menggunakan SD card seolah-olah itu adalah penyimpanan internal permanen. Dengan melakukan ini, folder yang tersimpan di SD card anda seolah-olah dipasang di folder internal. Selanjutnya, anda dapat menyimpan data, termasuk aplikasi di SD card anda.


Cara Mengaktifkan Adopted Storage

Untuk menyiapkan Adopted Storage, anda harus pergi ke Settings penyimpanan perangkat anda. Ini akan bervariasi dari perangkat ke perangkat. Buka Settings dan temukan jalan anda ke bagian Storage. Setelah di halaman ini pilih Storage Settings.


Anda kemudian perlu memformat SD card anda. Akan ada opsi yang memungkinkan anda menggunakan SD card anda sebagai penyimpanan internal. Pilih Use as internal storage dan biarkan proses pemformatan berjalan sampai selesai.



Mulai Menyimpan Sesuatu di SD Card Anda

Kembali ke bagian Storage Settings aplikasi anda dan pilih SD card anda. Anda akan melihat bahwa sekarang ada lebih banyak ruang yang tersedia.

Selanjutnya, anda perlu memilih opsi Migrate data.


Perangkat anda akan memberi anda detail tentang cara mengosongkan sebagian ruang.



Beberapa Hal Penting untuk Diperhatikan

Jika SD card diformat untuk digunakan sebagai penyimpanan internal, SD card tersebut akan dienkripsi dan anda tidak dapat menggunakannya pada perangkat lain. Namun, anda masih dapat mengeluarkan SD card tersebut dan menggunakan SD card lain pada perangkat anda.

Anda juga harus mencatat bahwa jika anda perlu melepas SD card, anda harus melakukannya dari dalam pengaturan penyimpanan pada perangkat anda. Pilih SD card anda dan gunakan opsi Unmount.


Anda juga harus ingat bahwa SD card tidak secepat penyimpanan internal. Ini berarti anda mungkin mengalami sedikit penurunan kinerja perangkat anda.


Mengembalikan SD Card Anda ke Perangkat Penyimpanan Portabel

Jika anda ingin melanjutkan menggunakan SD card seperti penyimpanan portabel biasa, anda harus memformatnya kembali. Untuk melakukan ini, pilih SD card anda di pengaturan penyimpanan perangkat anda dan pilih opsi Format as portable storage.



Peringatan untuk Pemilik Samsung

Secara default, Samsung tidak mengizinkan anda untuk mengaktifkan adoptable storage, jadi opsi ini tidak akan anda temukan di perangkat anda. Namun, anda dapat melakukan root pada perangkat anda dan menginstal Adoptable Storage Enabler. Perhatikan bahwa dengan melakukan root pada perangkat anda maka anda akan membatalkan garansi untuk perangkat anda.


Sekian. Jadi, jika anda ingin mengosongkan sebagian ruang pada penyimpanan internal perangkat Android anda, maka menggunakan folder eksternal sebagai folder internal adalah pilihan yang bagus. Anda dapat menggunakan SD card sebagai penyimpanan internal menggunakan opsi adoptable storage Android dengan mudah tanpa rooting. Namun jika anda menggunakan perangkat Samsung, maka anda mungkin kurang beruntung.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan SD Card Sebagai Memori Internal di Android"