Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan ''Open with Notepad'' ke Menu Konteks di Windows 10/11


Menu konteks di Windows 10 dan Windows 11 merupakan daftar kecil dari opsi yang muncul saat anda mengklik kanan dimana saja di Windows 10 atau Windows 11. Opsi menu yang sama akan muncul dimana itu tergantung pada apakah anda mengklik kanan pada file, folder, atau ruang kosong. Tetapi dengan beberapa perubahan registry, anda dapat memperbanyak daftar opsi di menu konteks, seperti dengan menambahkan opsi Open with Notepad atau yang lainnya.


Meskipun proses ini aman jika anda mengikuti petunjuknya, ada baiknya anda membackup registry Windows terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika anda salah mengikuti petunjuk di bawah ini.

Setelah melakukan langkah di atas, sekarang anda dapat mulai mengikuti langkah-langkahnya.

1. Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R dan ketik regedit dilanjutkan dengan menekan tombol Enter.


2. Di jendela Registry Editor, navigasikan ke alamat berikut dibawah ini. Anda juga dapat mencopy jalur dibawah dan mempastenya di address bar jendela Registry Editor kemudian tekan Enter untuk mempermudah mencapai alamat.

HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell\

3. Sekarang kita akan membuat key baru. Klik kanan pada shell, kemudian pilih New - Key. Beri nama key baru dengan Open with Notepad.


4. Sekarang klik kanan pada  Open with Notepad, kemudian pilih New - Key. Beri nama key ini dengan command.


5. Pastikan anda mengklik command di panel kiri. Dipanel kanan, klik dobel string Default dan masukan value datanya menjadi notepad.exe %1.


Itu dia. Sekarang tutup jendela Registry Editor, dan silahkan anda klik kanan pada desktop anda. Anda kemudian akan melihat opsi "Open with Notepad" muncul tepat disana di menu konteks setiap kali anda mengklik kanan file.


Saya memiliki lebih banyak peretasan registry Windows 10 atau Windows 11 jika anda tertarik. Jika anda menginginkannya, anda dapat membaca tutorial saya tentang mengoptimalkan kinerja Windows 10/11 dengan mengedit registry atau anda dapat mengklik kategori Registry Editor dan anda akan menemukan berbagai peretasan atau perbaikan dengan mengunakan registry.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menambahkan ''Open with Notepad'' ke Menu Konteks di Windows 10/11"