Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Live Tiles Tidak Mengupdate di Windows 10


Microsoft telah lama memperkenalkan fitur Live Tiles di menu Start yang di mulai dari Windows 8. Live Tiles ini cukup membantu karena menunjukkan informasi dan status aplikasi. Misalnya, aplikasi Weather menggunakan live tiles untuk menampilkan informasi cuaca dengan cepat, aplikasi Mail menampilkan email terbaru anda, aplikasi Calendar yang menampilkan jadwal pertemuan atau jadwal acara mendatang, aplikasi News yang menampilkan berita terbaru, dan lainnya.

Fitur yang bagus dan berguna seperti Live Tiles ini terkadang juga mengalami masalah seperti stuck/macet dan menampilkan informasi yang sama tanpa mengupdate apapun. Untuk mengatasi masalah Live Tiles yang tidak mengupdate data ini, anda dapat membuat Windows secara otomatis membersihkan Live Tiles setiap kali anda shut down/mematikan system anda. Ini memaksa Live Tiles untuk mengupdate dirinya sendiri saat anda menghidupkan system di kemudaian waktu.


Memperbaiki Live Tiles di Windows 10

Sama seperti banyak hal lainnya, kita dapat menggunakan Windows Registry untuk secara otomatis membersihkan live tiles saat anda mematikan system. Sebelum mengedit Registri, ada baiknya membuat backup registry Windows anda agar anda dapat memulihkannya jika anda membuat kesalahan atau jika terjadi error.

Setelah melakukan backup registry, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Untuk memulai, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka registry editor. Anda juga dapat mencarinya di Search Windows dan klik kanan padanya kemudian pilih opsi Run as Administrator.


Di Windows Registry, navigasikan ke lokasi berikut dibawah ini. Untuk mempermudah, copy jalur di bawah, pastekan di address bar dan tekan Enter. Tindakan ini secara otomatis akan membawa anda ke key yang diperlukan.


Setelah anda berada di key target, kita perlu membuat key dan value baru untuk membuat pembuat live tiles otomatis berfungsi. Untuk melakukan itu, klik kanan pada tombol Windows dan pilih opsi New -Key dan beri nama key baru dengan Explorer.


Setelah membuat key tersebut, klik padanya, dan di panel kanan, klik kanan pada ruang kosong dan pilih opsi New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan ClearTilesOnExit.


Sekarang kita perlu mengubah Value Data default. Untuk melakukan itu, klik dobel pada value yang baru dibuat dan di jendela Edit Value masukkan 1 di kolom Value Data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Dan beginilah tampilannya setelah anda selesai dengan perubahan tersebut.


Sekarang, Restart system anda agar perubahan yang anda lakukan dapat diterapkan.

Mulai sekarang, Windows akan secara otomatis akan membersihkan live tiles saat anda mematikan system anda. Dan pada saat menyalakannya kembali system anda, live tiles akan diupdate dengan informasi baru secara otomatis.

Jika anda ingin membatalkan perubahan yang baru saja anda buat, ubah value data kembali ke 0 (nol) untuk menonaktifkan fungsinya. Atau anda juga dapat menghapus ClearTilesOnExit dengan mengklik kanan padanya dan memilih opsi Delete diikuti dengan Yes untuk konfirmasi penghapusan value.



Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu menyelesaikan persoalan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas dalam memperbaiki live tiles yang tidak mengupdate data di Windows 10. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Live Tiles Tidak Mengupdate di Windows 10"