Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetik Karakter Khusus, Emoji dan Aksen di Windows 10/11


Berkomunikasi dalam beberapa skrip hieroglif cryptic, kemungkinan besar sebagian besar karakter yang anda ketikkan adalah standar alfanumerik yang sudah tersedia di keyboard anda. Namun, kadang-kadang, anda mungkin membutuhkan beberapa simbol yang kurang umum (seperti €, ó, á, ₩, ü, ฿) atau bahkan emoji seperti cumi-cumi yang ambivalen ini: 🦑.

Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan beberapa cara yang berbeda untuk mengetik karakter khusus, simbol, dan emoji tersebut sehingga anda tidak akan terlalu sulit dalam memasukan karakter-karakter tersebut.


1. Character Picker

Cara paling mudah untuk mengetik karakter khusus di Windows 10 atau Windows 11 adalah picker bawaan, dimana pada Windows 10 secara resmi tersedia pada update Mei 2019. Update ini berisi banyak pilihan emoji, simbol dan kaomoji (emoji yang dibuat dengan karakter Jepang) dan jauh lebih cepat daripada mencari simbol secara online untuk mengcopy dan mempastekannya.
  • Tekan Win + . atau Win + ; dimana kombinasi keduanya akan membawa anda ke menu yang sama.
  • Jika anda membutuhkan emoji, anda dapat mencarinya dengan mengetik.

  • Jika anda membutuhkan kaomoji atau simbol, anda dapat mengklik kesana dan menelusurinya.

  • Ketika anda menemukan simbol yang anda inginkan, cukup klik untuk memasukkan.

Setiap kategori melacak karakter yang paling sering anda gunakan, jadi jika anda memiliki satu karakter yang sering anda masukkan, pergi ke paling kiri di bagian bawah picker dan pilih simbol jam.


2. Character Map

Karakter Map memiliki sedikit estetika tersendiri dan tidak termasuk emoji/kaomoji, tetapi lebih kuat daripada picker baru untuk karakter khusus. Ini memungkinkan anda untuk beralih di antara beberapa set karakter dan bahasa, memungkinkananda memilih beberapa karakter, dan dapat dicari. Ini sedikit kurang nyaman tetapi mungkin sepadan jika anda tidak dapat menemukan apa yang anda butuhkan di picker baru atau membutuhkan lebih banyak simbol.

  • Cari Character Map atau charmap di Search Windows. Atau anda dapat menekan Win + R, kemudian ketik charmap dan tekan Enter.

  • Jelajahi simbol yang anda cari. Anda dapat memberi ceklist pada kotak Advanced view untuk mendapatkan filter dan opsi pencarian.
  • Klik karakter yang anda inginkan.
  • Klik Select atau klik dobel untuk menambahkan karakter ke daftar karakter yang akan dicopy.

  • Setiap kali anda menambahkan karakter lain ke daftar, seluruh daftar dikirim ke clipboard anda, jadi ketika anda telah memilih semua yang anda inginkan, cukup gunakan Ctrl + V untuk memasukkan karakter di tempat yang anda inginkan.


3. Touch Keyboard

Jika anda perlu mengetikkan huruf beraksen atau beberapa simbol umum, screen keyboard anda bisa menjadi cara yang baik untuk mengaksesnya. Ada beberapa cara untuk meluncurkannya, tetapi cara termudah mungkin hanya menambahkannya ke taskbar anda. Pada Windows 10, klik kanan pada taskbar anda dan pilih Show touch keyboard button. Sementara di Windows 11, buka Settings - Personalization - Taskbar dan pilih Always pada opsi Touch keyboard.


Untuk mengetik huruf beraksen, cukup tekan lama huruf yang anda inginkan dan kemudian arahkan mouse ke aksen yang benar.


Untuk mengetik simbol, gunakan tombol & 123 di kiri bawah. Jika anda ingin melihat lebih banyak simbol, tekan tombol dengan simbol omega di atasnya.


Untuk emoji, tekan tombol smiley face pada keyboard utama.



4. Alt + (Kode Angka)

Memberdayakan pengguna dengan keypad angka dan memori yang baik mungkin lebih suka menggunakan trik Alt + [kode angka]. Ini hanya berfungsi jika anda memiliki keyboard dengan papan nomor terpisah, bukan angka di sepanjang baris atas. Beberapa laptop juga memiliki Num Lock tersembunyi yang dapat anda gunakan, tetapi proses untuk mengaktifkannya bervariasi tergantung model.


  • Tekan dan tahan tombol Alt.
  • Ketikkan kode yang sesuai dengan simbol yang anda inginkan.
  • Lepaskan tombol Alt.

Misalnya, Alt + 1 adalah wajah yang tersenyum: ☺, Alt + 228 adalah sigma: Σ, dan Alt + 0128 adalah euro: €.

Ada banyak kode di luar sana, jadi anda harus mencarinya setidaknya beberapa kali sebelum menghafal kode yang paling sering anda gunakan. Alt-Codes memiliki pustaka yang cukup lengkap, tetapi saya lebih suka AltCodeUnicode karena memiliki deskripsi teks dari setiap simbol, membuatnya jauh lebih mudah dicari.


Jika anda sering mengetik beberapa simbol yang sama yang otomatis anda mengunakan tombol yang sama, maka metode ini bisa menjadi cara yang cukup cepat. Namun jika anda harus berhenti dan mencari kode untuk setiap simbol baru disetiap saat, maka mencari simbol dengan metode lain mungkin akan berakhir lebih cepat.


5. Cara lain

Ada banyak solusi lain untuk mengetik karakter khusus pada Windows 10 atau Windows 11, meskipun metodenya sedikit di luar ruang lingkup artikel ini. Anda dapat menginstal keyboard dari bahasa lain dan menggunakannya jika anda membutuhkan banyak huruf beraksen. Membuat skrip AutoHotKey untuk karakter anda yang sering digunakan adalah juga sebuah opsi lain. Anda juga dapat mengatur program yang anda gunakan untuk menulis untuk secara otomatis mengganti kombinasi huruf tertentu dengan simbol yang anda inginkan.


Ini semua tergantung pada seberapa sering anda menggunakan karakter. Jika anda hanya mengetiknya sekali (mungkin mengcopy dan mempastekannya beberapa kali di dalam dokumen yang sama), anda bisa mencarinya menggunakan Win + . atau charmap. Jika anda mengetik karakter khusus di Windows 10 atau Windows 11 setiap saat, anda mungkin ingin mencari solusi yang lebih kompleks.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam penggunaan metode diatas untuk mengetik karakter khusus, emoji dan aksen di Windows 10. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengetik Karakter Khusus, Emoji dan Aksen di Windows 10/11"