Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan dan Menyinkronkan Subtitel di VLC


Dari memutar video YouTube hingga transcoding file media apapun dan dari mendengarkan live radio dengan remote control, pemutar media VLC dapat melakukan apapun yang terkait dengan media. Tidak mengherankan bahwa VLC juga dapat menangani subtitel video. VLC membuatnya sangat mudah untuk menambah dan mengelola subtitel dan menawarkan pilihan yang sederhana, namun kuat untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Dalam postingan ini saya akan menunjukkan kepada anda cara menambahkan subtitel di VLC player dan kemudian menyinkronkannya dengan video (jika diperlukan) untuk mendapatkan pengalaman yang nyaman.


Tambahkan Subtitel di VLC Media Player

Meskipun VLC juga dapat mendownload subtitel secara otomatis, disini saya akan menunjukkan cara menambahkan subtitel secara manual di VLC. Jika anda belum memiliki file subtitel untuk video anda, anda dapat mendownloadnya secara gratis dari Internet (OpenSubtitles adalah tempat yang bagus).


Putar video yang diinginkan dalam VLC dan klik Subtitle di bar atas. Dari menu, klik Add Subtitle File... dan pilih file subtitel dari PC anda (Seharusnya memiliki ekstensi .srt, .sub atau .sbv).

Subtitel film akan segera dimuat dan ditampilkan tanpa merestart video.


Sinkronkan Subtitel dengan Video

File subtitel tidak akan selalu disinkronkan secara sempurna dengan trek video, jadi anda mungkin harus menunda atau mempercepat subtitel sesuai kebutuhan. Di bawah ini anda akan melihat dua cara untuk menyinkronkan subtitle.


Sinkronkan Subtitel Menggunakan Shortcut Keyboard

Jika anda hanya ingin menunda atau mempercepat subtitel dengan cepat, maka tinggal tekan tombol saja. Anda dapat menekan tombol G pada keyboard anda untuk mempercepat subtitel, jika subtitel diputar lebih cepat daripada audio. Jika anda ingin menunda subtitel, anda dapat menekan tombol H pada keyboard anda yang akan memutar subtitel lebih lambat daripada audio. Setiap kali anda menekan tombol maka akan menunda atau mempercepat subtitel sebanyak 50 ms (milidetik).



Sinkronkan Subtitel Menggunakan Opsi Synchronization

Jika anda ingin lebih mengontrol subtitel, maka anda harus menyelaraskan subtitel dari opsi sinkronisasi Video/Audio/Subtitel. Untuk mengakses opsi sinkronisasi, klik Tools dari bar atas dan kemudian klik Track Synchronization.


Anda akan melihat banyak opsi untuk menambahkan efek video/audio dan menyinkronkan audio, video dan subtitel. Kita hanya memerlukan opsi sinkronisasi subtitel, jadi klik pada tab Synchronization, dan anda akan melihat semua opsi di panel Subtitles/Video.

Disini anda dapat memasukkan nilai yang diinginkan dalam Subtitle track synchronization untuk mempercepat atau menunda subtitle. Ini jauh lebih cepat daripada menekan tombol keyboard beberapa kali.


Anda juga dapat mengontrol berapa lama subtitel akan ditampilkan sebelum menghilang. Anda dapat menggunakan opsi Subtitle duration factor dan Subtitle speed untuk menyesuaikannya.

Perubahan tidak akan berpengaruh secara real time, jadi anda harus mengklik tombol Sync kecil di sudut kanan atas untuk menerapkan perubahan dan melihatnya di video.


VLC Media player membuatnya sangat mudah untuk menambah dan mengelola subtitel. Pedoman di atas harus lebih dari cukup untuk menambah dan menyinkronkan subtitel dengan benar di VLC. Namun, jika anda ingin lebih banyak opsi yang terkait dengan subtitel, anda dapat pergi ke Tools - Preferences - Subtitle. Disini anda dapat menyesuaikan jenis font, ukuran, warna dan beberapa opsi penyesuaian lainnya. Anda juga dapat menggunakan editor subtitel seperti Subtitle Edit untuk mendapatkan kontrol penuh atas subtitle.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menambahkan dan Menyinkronkan Subtitel di VLC"