Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memutar File Video HEVC di Windows 10 Secara Gratis


Kualitas gambar video telah jauh berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan menjadikannya lebih baik. TV tabung lama hanya mampu menampilkan video dalam resolusi 480p (meskipun siaran sering kurang dari ini). Maju ke era modern saat ini ke tempat sudah tersedianya TV dengan resolusi 4K yang indah yang dapat menghasilkan warna yang jelas dan gambar yang tajam.

Sayangnya, semakin tinggi kualitas suatu gambar, maka semakin banyak data yang dibutuhkan. Namun anda tidak perlu kawatir karena standar kompresi video yang bernama High Efficiency Video Coding (HEVC/H.265) tersedia untuk membantu. Berita baiknya adalah bahwa PC Windows 10 dapat memutar file video H.265. Tetapi masalahnya adalah anda harus membayarnya untuk mendapatkan ekstensi ini.


Apa itu HEVC?

H.265, atau HEVC, adalah standar kompresi video. H.264 telah menjadi standar kompresi video selama bertahun-tahun. Standar H.264 digunakan di hampir semua video yang dikonsumsi, apakah itu streaming, yang di download atau siaran HDTV. Tanpa terlalu teknis, standar H.265 yang lebih baru memungkinkan video dikompresi 25 hingga 50 persen tanpa kehilangan kualitas. Pengkodean video dalam standar H.265 menghasilkan ukuran file yang jauh lebih kecil. Ini berarti menghemat satu ton data dan membuatnya jauh lebih mudah dan lebih murah untuk melakukan streaming video dalam resolusi tertinggi yang tersedia.

Microsoft telah menambahkan dukungan untuk standar video H.265 ketika mereka merilis system operasi Windows 10. Namun untuk berbagai alasan mereka memutuskan untuk menonaktifkannya. Pengguna Windows 10 yang mencoba membuka file video H.265 akan dihadapkan dengan pesan yang memberitahu mereka untuk menginstal codec HEVC. Melakukannya memungkinkan anda membuka dan memainkan file H.265 dari sana keluar. Satu-satunya masalah adalah anda harus membayarnya.


Install HEVC Video Extensions

Untungnya, menginstal codec HEVC resmi untuk digunakan pada PC Windows 10 anda adalah proses yang tidak menyakitkan. Codec dapat di download dari Microsoft store. Selain itu, anda hanya mengeluarkan Rp.13.000, jadi itu tidak akan merusak isi dompet anda. Karena itu, sedikit menjengkelkan karena Microsoft harus menonaktifkannya sejak awal. Terutama ketika anda mempertimbangkan fakta bahwa ada sejumlah aplikasi video pihak ketiga yang dapat menangani file H.265 tanpa masalah. Jadi jika anda menolak untuk membayarnya untuk mendapatkan ekstensi ini, ada cara lain yang memungkinkan anda memutar file video H.265 di PC Windows 10 anda secara gratis.



Instal HEVC Video Extensions from Device Manufacturer secara Gratis

Microsoft telah menyembunyikan ekstensi HEVC lain yang sepenuhnya gratis untuk didownload dan diinstal pada perangkat Windows 10 anda. Package ini ditujukan untuk pengembang dan produsen, namun siapapun dapat mendownloadnya dari Microsoft Store. Ini adalah fitur codec yang sama persis yang akan memungkinkan pemutaran video H.265 sebagai versi berbayar yang telah dijelaskan sebelumnya.



Gunakan Pemutar Video Alternatif

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak pemutar video pihak ketiga yang mendukung pemutaran video H.265. Bagian terbaiknya adalah banyak dari mereka yang gratis untuk didownload dan diinstal pada PC Windows 10 anda.

VLC Media Player adalah salah satu aplikasi media paling populer yang tersedia. Benar-benar gratis dan mudah digunakan.


Selain VLC Media Player, alternatif lain media player yang sering saya gunakan adalah GOM Player. Pemutar video ini juga bekerja sama baiknya seperti VLC dan juga menyediakan banyak fitur yang memudahkan anda.


Aplikasi pemutar video lainnya adalah MPV. Aplikasi ini mendukung beragam file media dan codec, namun aplikasi ini dirancang untuk dijalankan dari command line. Aplikasi ini bersifat open source dan tentunya tersedia secara gratis. MPV memiliki overlay kontrol yang sangat mendasar, kurangnya tampilan antarmuka pada pemutar ini membuat pengguna sedikit ekstra belajar untuk penggunaannya.


Kompresi HEVC adalah lompatan besar ke depan dalam cara kita mengonsumsi media. Sejak awal, banyak perusahaan telah memilih standar baru ini, termasuk Apple dan GoPro. Ke depan, ada peluang bagus bahwa HEVC akan menjadi semakin umum. Akibatnya, produsen hardware dan software akan mengadopsinya sebagai standar baru dalam kompresi video.

Jika anda ingin, anda juga dapat mentranskode file video anda ke HEVC menggunakan VLC. Baca tutorial saya tentang cara convert file video dan media menggunakan VLC.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memutar File Video HEVC di Windows 10 Secara Gratis"