Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki WSAPPX dengan Penggunaan Disk dan CPU yang Tinggi


Jika komputer anda melambat, anda dapat memeriksa Task Manager untuk melihat apakah ada aplikasi atau layanan (services) yang memonopoli semua resources. Jika anda mengira wsappx sebagai pelakunya, anda tidak sendirian. Proses ini dikenal karena penggunaan disk dan CPU yang tinggi. Meskipun nama dari services ini tidak banyak memberitahu anda, tetapi itu adalah services Windows yang sah dan ada cara untuk mengurangi penggunaan resource yang tinggi.


Apa WSAPPX?

Wsappx adalah layanan di Windows 8 dan Windows 10. Ini adalah bagian dari Universal Windows Platform dan Microsoft Store. Meskipun biasanya berjalan di latar belakang dan sepanjang waktu, namun biasanya ia menggunakan resources yang minimal.


Seperti yang anda lihat di gambar di atas, wsappx pada saat penulisan ini tidak menggunakan resources CPU atau disk apapun. Tetapi angka persentasenya dapat dengan cepat berubah ketika anda mulai menggunakan Microsoft Store.


Proses berjalan paling berat saat menginstal, mengupdate, menghapus dan menjalankan aplikasi Microsoft Store. Proses ini juga berjalan ketika kita menginstal software desktop dari luar store. Jangan terlalu khawatir jika penggunaan meningkat terutama saat anda menginstal, mengupdate, atau menghapus aplikasi.

Saat menjalankan aplikasi, proses ini juga bertanggung jawab untuk memeriksa lisensi aplikasi. Inilah yang menyebabkan penggunaan meningkat ketika anda pertama kali mulai menggunakan aplikasi.


Apakah Kita Membutuhkan WSAPPX?

Jawabannya adalah Ya! Kita memang membutuhkan wsappx. Namun tidak berarti kita harus membiarkannya diaktifkan setiap saat. Kita hanya perlu wsappx diaktifkan ketika kita hendak menggunakan Microsoft Store atau menginstal, menghapus, atau mengupdate aplikasi. Terkadang, kita mungkin mendapatkan error tentang lisensi saat menggunakan aplikasi Microsoft Store. Jika anda menemukan itu saat menggunakan aplikasi, maka anda harus mengaktifkan proses ini.

Dua services yang memicu proses ini termasuk AppX Deployment Service dan Client License Service. Pada Windows 8, yang terakhir bernama Windows Store Service.



Berharap Terjadi Sementara

Saat anda benar-benar menggunakan Microsoft Store, high disk dan CPU usage jarang terjadi. Bahkan jika anda tidak menggunakan store saat ini, aplikasi mungkin mengupdate di background yang mengarah ke penggunaan yang lebih tinggi untuk sementara.

Namun, wsappx harus kembali ke level normal setelah proses selesai. Bahkan ketika kita menggunakan Microsoft Store, penggunaan CPU kita tidak pernah naik lebih dari satu persen dan tetap disekitar nol persen di sebagian besar waktu.

Ketika penggunaan disk dan CPU anda berlebihan, seperti menyebabkan system anda melambat dan mendekati 100 persen atau penggunaan tidak turun kembali dengan cepat, anda memiliki masalah.


Perbaikan Cepat

Berikut ini adalah beberapa perbaikan cepat yang mungkin berhasil jika anda baru saja mengalami masalah dengan proses wsappx.

1. Jalankan Scan Virus

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi virus dapat menyebabkan lonjakan penggunaan di berbagai proses Windows. Jika Microsoft Store atau aplikasi yang didownload terinfeksi, anda dapat mengalami penggunaan resource yang tinggi.

2. Update Windows

Jika ada masalah dengan Microsoft Store, mengupdate Windows juga dapat menginstal update baru untuk Microsoft Store juga. Ini terutama berlaku dengan update fitur utama.

3. Uninstall Aplikasi Terbaru

Jika masalah dimulai tepat setelah anda menginstal aplikasi baru, maka uninstall aplikasi tersebut dan restart komputer anda. Jika ini memperbaiki masalah, coba instal kembali aplikasi tersebut, karena mungkin tidak terinstal dengan benar di saat pertama.

4. Tingkatkan Virtual Memory Anda

Ini dapat membantu dengan mengalokasikan lebih banyak memory untuk komputer anda.
Klik Search Windows dan ketik Performance. Pilih Adjust the appearance and performance of Windows.


Di jendela Performance Options, klik tab Advanced dan tekan Change di bawah Virtual Memory.


Hapus ceklist pada kotak Automatically manage paging file size for all drives. Pilih drive anda dan pilih Custom size. Atur ukuran RAM awal ke perangkat anda (dalam megabita) dan ukuran maksimum menjadi dua kali lipat.



5. Nonaktifkan Microsoft Store

Perbaikan selanjutnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi Microsoft Store anda. Untuk metode ini saya akan membuat artikel terpisah, jadi anda dapat mengikuti Mastertipsorial untuk mendapatkannya.


Anda dapat menggunakan semua metode perbaikan diatas untuk memperbaiki masalah ini. Namun ada baiknya untuk selalu membackup system anda sebelum membuat perubahan besar untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika wsappx bukan penyebab penggunaan CPU yang tinggi di Windows anda, coba beberapa perbaikan lainnya dengan membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki ''100% CPU Usage'' di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda dalam mengatasi High Disk dan CPU Usage di Windows anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki WSAPPX dengan Penggunaan Disk dan CPU yang Tinggi"