Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Cortana Setelah Update Mei 2020


Untuk pengguna Cortana, update Mei 2020 mengubah voice assistant atau asisten suara menjadi hanya lebih dari aplikasi produktivitas dan menghilangkan banyak fitur yang mungkin pernah anda gunakan. Dan yang mungkin anda sesalkan adalah anda tidak dapat lagi mencari file di PC anda dengan aplikasi ini.

Meskipun anda masih dapat mengontrol beberapa hal dengan suara anda, banyak pengguna lebih suka menguninstal Cortana. Hal ini disebabkan karena Cortana telah berubaha menjadi aplikasi reguler. Ini berarti anda akan membuka dan berinteraksi dengan Cortana seperti halnya anda menggunakan aplikasi lain.Anda bahkan akan mendapatkan updatenya melalui Microsoft Store, bukan lagi dari update Windows. Pertanyaan besar yang kemudian muncul adalah apakah Cortana masih layak digunakan untuk pengguna rata-rata?

Microsoft biasa membuat ini hampir mustahil untuk menguninstallnya, sehingga sebagian besar pengguna memilih untuk hanya menonaktifkan dan menyembunyikan ikonnya. Namun sekarang anda dapat menghapus Cortana jika anda merasa tidak berguna lagi. Dan jika suatu saat anda berubah pikiran, anda juga dapat menginstalnya kembali dengan cara yang mudah .



Apakah Cara Uninstall Ini Aman?

Karena Cortana digunakan untuk Windows 10, anda mungkin pernah mendengar bahwa berbahaya untuk menghapus komponen inti Windows. Namun kenyataannya adalah Windows berfungsi dengan baik tanpa Cortana, bahkan sebelum update Mei 2020.

Sekarang, Cortana tidak lagi terintegrasi di dalam Windows seperti dulu. Ini membuatnya lebih aman dari sebelumnya untuk menguninstall Cortana tanpa merusak system anda sama sekali. Jika anda memiliki keragu-raguan, backup file anda sebelum melanjutkan metode ini.


Cara Uninstall Cortana

Meskipun Cortana sekarang merupakan sebuah aplikasi, tetapi anda tetap tidak dapat menghapus instalannya dengan klik kanan aplikasi di Start menu dan memilih Uninstall atau dari Settings Apps & features. Sebelumnya, anda harus mengedit registry di Windows 10 Home. Di Windows 10 Pro, anda bisa menggunakan Group Policy Editor. Seperti yang anda lihat, itu bukan hal termudah untuk dilakukan, terutama jika anda mengedit registry Windows anda.


Yang anda perlukan sekarang hanya menggunakan PowerShell. Jika anda belum pernah menggunakannya sebelumnya, jangan khawatir karena metode ini tidak rumit. Dan untukmenggunakan metode ini ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Klik Search Windows dan ketik PowerShell. Pilih opsi Run as administrator untuk menjalankannya. Anda dapat membukanya dengan menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) dari daftar menu. Jika anda tidak memiliki hak administrator untuk akun pengguna anda, klik kanan PowerShell di hasil dan pilih Run as administrator. Tekan Yes jika anda menerima peringatan UAC (user access control).


Jika anda pernah menggunakan command prompt sebelumnya, PowerShell terlihat dan berfungsi dengan cara yang sama.

Selanjutnya, masukan perintah berikut di bawah ini dan tekan Enter.



Jangan menambah atau menghapus spasi apapun dalam perintah tersebut. Setelah menekan Enter di keyboard anda, ini akan menguninstall Cortana dari system anda.

Harap dicatat bahwa metode ini hanya akan berfungsi jika anda telah menginstal Update Windows untuk Mei 2020. Jika tidak, anda akan tetap memiliki Cortana versi lama, yang jauh lebih sulit untuk diuninstall.

Jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan Windows lainnya menggunakan PowerShell, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara uninstal aplikasi bawaan di Windows 10 menggunakan PowerShell.


Instal Ulang Cortana

Cortana tidak akan hilang selamanyadari PC anda dan jika anda berubah pikiran, anda dapat menginstallnya kembali kapan saja anda mau.

Yang harus anda lakukan adalah membuka Microsoft Store dan cari Cortana. Pilih hasil pertama.


Klik Install untuk menginstal Cortana. Anda harus log in dengan Microsoft account anda untuk mendownload aplikasi ini.



Nonaktifkan Cortana

Jika anda tidak ingin menguninstal Cortana, tetapi anda tidak yakin apakah anda ingin menggunakan aplikasi tersebut, anda dapat menonaktifkannya. Ini berfungsi seperti cara anda awalnya menonaktifkan Cortana jika anda tidak menggunakannya.

Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager dan klik tab Startup setelah jendela terbuka.

Pilih Cortana dari daftar. Setelah disorot, klik tombol Disable di sudut kanan bawah. Atau anda dapat klik kanan pada Cortana dan pilih Disable dari daftar.


Langkah ini akan menonaktifkan Cortana mulai dari ketika anda memboot PC anda kembali. Jadi agar perubahan diterapkan, Restart komputer anda. Saat restart, Cortana tidak akan memulai waktu ini atau waktu lainnya kecuali anda mengaktifkan kembali prosesnya.

Anda juga mungkin ingin menghapus log Cortana jika anda tidak memiliki rencana untuk menggunakannya lagi.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menguninstal atau menginstal kembali aplikasi Cortana di Windows 10 anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Uninstall Cortana Setelah Update Mei 2020"