Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Windows Mobility Center di PC Dekstop


Sejak Windows Vista, Microsoft telah menyediakan Windows Mobility Center yang memungkinkan anda untuk dengan mudah mengelola hardware anda seperti WiFi, Bluetooth, dan lainnya dari sebuah jendela. Meskipun fitur ini dinonaktifkan di komputer desktop, fitur ini akan terlihat di laptop dan tablet yang mana hal ini akan menghemat waktu anda karena tidak perlu membuka jendela yang berbeda untuk mengakses pengaturan hardware yang berbeda.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada anda gambaran umum yang singkat dari Windows Mobility Center dan bagaimana anda dapat mengaktifkannya di komputer desktop anda.



Akses Windows Mobility Center

Pada bagian ini adalah cara mengakses Windows Mobility Center, jadi bagi pengguna komputer dekstop pasti tidak akan menemukan fitur ini jika belum mengaktifkan fitur ini. Jadi baca cara mengaktifkannya di bagian berikutnya dari tutorial ini.

OK. Mari kita pelajari beberapa cara mengaksesnya. Seperti pengaturan Windows lainnya, anda dapat mengakses Windows Mobility Center dari berbagai cara.
  • Di Control Panel : Hardware and Sound - Windows Mobility Center.
  • Mencarinya lewat Search Windows atau Cortana.
  • Menekan Win + X dan memilih Mobility Center dari daftar opsi.
  • Lewat RUN : Win + R, kemudian ketik mblctr dan tekan Enter.
  • Lewat Command Prompt atau PowerShell : Ketik mblctr dan tekan Enter.
  • Di File Explorer : C:\Windows\System32 dan temukan mblctr.exe.

Selain itu, sebagian besar produsen laptop seperti Dell, HP, dan lainnya. Menyediakan tombol hardware yang dapat digunakan untuk dengan cepat mengakses Windows Mobility Center hanya dengan menekan satu tombol.


Fitur Windows Mobility Center

Selain opsi yang disesuaikan oleh pabrikan, Mobility Center memiliki enam fungsi utama, tergantung pada hardware yang diinstal pada PC anda. Mari kita dapatkan gambaran umum singkat dari fitur-fitur default ini.

  • Brightness: Tile Brightness di Mobility Center adalah cara mudah untuk menyesuaikan kecerahan layar anda tanpa harus melalui Control Panel Windows. Geser slider untuk menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan anda dan anda siap melakukannya.
  • Volume: Panel kontrol volume menyediakan cara cepat untuk mengontrol output volume.
  • Battery Status: Tile status Baterai menunjukkan kepada anda sisa daya baterai, dan anda juga dapat dengan cepat beralih di antara berbagai power plan seperti Balanced, Power Saver dan High Performance menggunakan menu drop-down sederhana.
  • External Display: Menggunakan pengaturan External Display, anda dapat mengontrol resolusi dan status monitor kedua. Anda bahkan dapat beralih di antara kedua layar.
  • Sync Center: Jika anda memiliki perangkat Microsoft lainnya seperti telepon Windows, maka Sync Center sangat membantu untuk menyinkronkan data antar perangkat.
  • Presentation Settings: Tile ini sangat berguna saat anda siap untuk presentasi. Jika anda mengaktifkan opsi ini, PC anda akan siap untuk presentasi dengan menonaktifkan screensaver secara otomatis, menghapus wallpaper, mengubah pengaturan standby/sleep, dan lainnya. Sebenarnya, sebagian besar pengaturan ini sudah dikonfigurasikan sebelumnya oleh produsen.


Aktifkan Windows Mobility Center di Desktop

Untuk mengaktifkan Windows Mobility Center di PC desktop, anda perlu mengedit pengaturan registry Windows anda. Sebelum anda melakukannya, ada baiknya untuk membackup registry anda atau membuat restore point untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam mengedit registry karena dapat menyebabkan kegagalan system anda.

  • Untuk memulainya, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka registry editor Windows.

  • Di jendela registry editor, telusuri jalur berikut di bawah ini. Untuk Windows 10, anda dapat copas jalur di bawah dan pastekan ke address bar registry editor dan tekan Enter.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\MobilePC\MobilityCenter

  • Jika anda tidak menemukan tombol MobilePC dan MobilityCenter, maka buat dua key tambahan dengan mengklik kanan dan memilih New - Key. Untuk MobilePC klik kanan pada Microsoft dan MobilityCenter klik kanan pada MobilePC.

  • Klik tombol MobilityCenter di panel kiri. Di panel kanan, klik kanan pada ruang kosong kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama RunOnDesktop.

  • Sekarang klik dobel pada value DWORD tersebut dan ubah value datanya menjadi 1.

Hanya itu yang harus dilakukan dan sesederhana itu untuk menambahkan Windows Mobility Center ke PC desktop. Setelah anda selesai dengan perubahan, maka tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah.


Mulai sekarang, anda sekarang dapat mengakses Windows Mobility Center di PC dekstop anda dengan mengetikkan mblctr dan tekan Enter di perintah Run (Win + R). Ini adalah cara satu-satunya mengakses Windows Mobility Center di PC dekstop.


Windows Mobility Center adalah salah satu fitur Windows yang paling diremehkan, tetapi ia menyediakan cara yang sangat mudah untuk menyesuaikan pengaturan hardware yang berbeda dari satu jendela. Hal terbaik tentang Windows Mobility Center adalah anda bahkan dapat menambahkan tile sendiri sesuai kebutuhan. Cobalah jika anda belum melakukannya dan anda tidak akan kecewa. Untuk menonaktifkan Windows Mobility Center di Laptop Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat membacanya disini.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Windows Mobility Center di PC Dekstop"