Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Fitur Compact OS di Windows 10/11 dan Cara Mengaktifkannya


Ada banyak fitur yang tersedia di Windows 10 dan Windows 11 baik fitur yang terlihat maupun fitur yang tersembunyi. Kita sebagai pengguna kebanyakan berbicara tentang fitur yang terlihat seperti Cortana, Start menu yang dirancang ulang, ikon baru dan juga hal-hal lainnya. Namun anda mungkin baru mendengar tentang salah satu fitur ini yang tersedia di Windows 10 atau Windows 11. Fitur ini adalah Compact OS yang tersebunyi di balik OS yang sama pentingnya seperti fitur lain yang terlihat dan tersedia di Windows 10 atau Windows 11.

Seperti yang anda ketahui, jika dibandingkan dengan Windows 7 dan Windows 8/8.1, Windows 10 memiliki lebih sedikit jejak disk ketika menyangkut file system operasi. Bahkan, tidak seperti versi yang lebih lama, Windows 10  atau Windows 11 bahkan tidak memerlukan recovery image untuk mereset atau merefresh PC anda yang pada gilirannya memberi anda hampir 4+ GB ruang disk. Ini adalah langkah yang perlu jika Microsoft ingin Windows 10  atau Windows 11 diinstal pada perangkat seperti tablet dan ultrabook yang biasanya memiliki ruang disk yang kecil.


Apa itu Compact OS

Microsoft mulai menerapkan proses pengurangan jejak OS ini di Windows 8 menggunakan WIMBoot (Windows Image Boot). Cara kerja WIMBoot cukup sederhana, Windows memampatkan semua file system operasi menjadi satu file yang disebut Install.WIM dan mendekompresinya jika diperlukan. Namun, WIMBoot menghadirkan beberapa tantangan dalam hal recovery image, dan itu terbukti semakin lama semakin kurang pada update Windows aktual dan software lain yang ditambahkan oleh OEM.

Di Windows 10  atau Windows 11 Microsoft meningkatkan fitur yang ada dan benar-benar menyingkirkan adanya recovery image. Karena tidak ada recovery image, maka jika anda ingin mereset atau merefres system anda, Windows akan merebuild dirinya menggunakan file system runtime (berada di folder "C:\Windows\WinSxS"). Bersamaan dengan ini, Microsoft juga memperkenalkan tools atau fitur baru yang bernama Compact OS yang dapat secara efektif menyimpan dan mengkompresi semua file Windows 10 atau Windows 11 dalam sebuah wadah khusus. Hal yang baik tentang Compact OS adalah fitur ini didukung oleh perangkat berbasis UEFI dan BIOS. Selain itu, untuk mempertahankan jejak disk dari waktu ke waktu, update Windows dapat mengganti atau menghapus file sesuai kebutuhan. Karena baik WIMBoot dan Compact OS dapat secara signifikan menurunkan jejak system operasi, membuatnya mudah untuk menginstal dan memiliki beberapa ruang tersisa untuk sofware lain dalam perangkat dengan ruang disk yang kecil.

Tidak seperti WIMBoot, anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Compact OS dengan cepat dimana itu akan membuatnya mudah untuk dikonfigurasikan dan digunakan. Perhatikan bahwa fitur ini dinonaktifkan secara default. Jika anda memiliki ruang disk yang kecil, berikut adalah cara mengaktifkan Compact OS untuk mendapatkan kembali sebagian ruang disk anda.


Aktifkan Fitur Compact OS di Windows 10/11

Mengaktifkan fitur Compact OS di Windows 10  atau Windows 11 cukup sederhana dan mudah.

  • Tindakan di atas akan membuka Command Prompt dengan hak administrator. Disini, masukan perintah di bawah ini dan tekan tombol Enter. Tindakan ini akan memulai proses kompres.
Compact.exe /CompactOS:always


  • Setelah system operasi melakukan kompres, ia akan memberitahu anda berapa banyak ruang yang telah anda simpan dengan mengaktifkan fitur Compact OS di Windows 10  atau Windows 11.

  • Jika anda ingin tahu apakah anda telah mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Compact OS, gunakan perintah di bawah ini. Ini akan memberitahu anda status fitur saat ini.
Compact.exe /CompactOS:query


  • Jika anda ingin menonaktifkan Compact OS, cukup copy dan paste perintah di bawah ini di Command Prompt dan tekan Enter. Dan anda siap menonaktifkannya.
Compact.exe /CompactOS:never



Compact OS merupakan langkah baru Microsoft dalam menangani reset OS. Hal ini akan mengurangi kapasitas system operasi menggunakan kompres dan juga mengurangi jejak aplikasi Windows.

Bagaimana tanggapan anda dengan fitur yang ada di Windows 10  atau Windows 11 ini? Tinggalkan pemikiran anda di kolom komentar di bawah ini untuk berbagi dengan saya dan lainnya. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Fitur Compact OS di Windows 10/11 dan Cara Mengaktifkannya"