Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalankan Game Lama di Windows 10/11


Anda mungkin ingin menjalankan beberapa game PC klasik seperti Duke Nukem atau King of the Road di PC modern anda? Sayangnya, ini terlihat mudah tapi dalam penerapannya anda membutuhkan sedikit waktu dalam mengaturnya agar game lama anda dapat dijalankan di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Mengapa Game Lama Tidak Berjalan di Windows 10/11?

System operasi berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Ketergantungan yang diperlukan oleh hardware dan software sebelumnya tidak lagi digunakan oleh system modern saat ini. Karena upgrade hardware dan update software memerlukan system operasi yang lebih canggih, maka kode bit yang lama yang tidak lagi diperlukan dibuang. Sebagai contoh, arsitektur 64-bit dari system operasi modern seperti Windows 10 dan Windows 11 tidak mendukung arsitektur 16-bit yang lama yang ditemukan di Windows 95/98. Ini berarti anda tidak dapat menjalankan game lama di Windows 10 atau Windows 11 seperti di Windows 95.

Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk menjalankan game lama anda di Windows 10 atau Windows 11.

Catatan: Setiap game akan memiliki persyaratan yang berbeda. Dengan demikian, trik yang saya jelaskan di bawah ini mungkin tidak berfungsi di setiap game di luar sana.


1. Jalankan Sebagai Administrator

System operasi modern seperti Windows 10 dan Windows 11 memiliki berbagai fitur keamanan yang tidak tersedia di system operasi lama. Satu efek samping yang tidak disengaja dari ini adalah bahwa fitur keamanan ini dapat mencegah anda menjalankan game lama anda. Misalnya, UAC (User Account Control) membantu mengurangi malware yang mendatangkan malapetaka pada system anda. Hal ini dilakukan dengan mencegah instalasi otomatis file dari sumber yang tidak dikenal atau tidak terverifikasi.


Melihat fungsi dari UAC tersebut, maka ini bisa mencegah anda menginstal game retro di PC modern anda. Dengan kata lain, exectuable (.EXE) yang menginstal file yang diperlukan untuk menjalankan game diblokir oleh UAC agar tidak diinstal di komputer anda.

Jadi untuk menyiasatinya, anda harus menjalankan file .exe dengan hak administrator. Untuk melakukannya, anda cukup klik kanan pada file .exe game dan pilih Run as Administrator dari menu konteks yang muncul. Dengan sedikit keberuntungan, game anda akan berjalan. Ini adalah solusi yang yang pertama harus anda coba. Namun, ini adalah langkah yang harus selalu anda lakukan setiap kali ingin bermain game.


2. Compatibility Mode

Versi Windows modern memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan versi Windows yang lebih lama yang disebut Compatibility Mode. Jika anda berencana untuk memainkan game anda lebih dari sekali, menjalankannya dengan hak administrator akan menjadi lebih lama. Jadi pilihannya, gunakan Compatibility Mode untuk memberitahu Windows 10 atau Windows 11 cara meluncurkan game anda setiap saat.

Untuk memulainya, cari file .EXE dari game yang ingin anda jalankan. Klik kanan padanya dan pilih Properties dari menu konteks yang muncul.

Jendela Properties akan muncul. Di bagian atas jendela, klik tab Compatibility.

Pada titik ini anda memiliki dua opsi. Memilih menggunakan Run compatibility troubleshooter, dimana pada opsi ini akan meminta Windows untuk secara otomatis mendiagnosis masalah apapun yang mencegah anda menjalankan game. Setelah anda membiarkan Windows melakukan hal itu, anda mungkin dapat menjalankan game anda.


Opsi kedua adalah opsi manual. Di bawah opsi Compatibility mode ini, anda akan melihat tombol drop-down yang memungkinkan anda memilih versi Windows yang dirancang untuk game tersebut. Anda harus memberi ceklist pada kotak sebelum memilih versi Windowsnya. Pada bagian Settings, anda dapat mengubah resolusi layar dan memberitahu Windows untuk beroperasi dengan reduced color mode. Mengaktifkan opsi ini dapat membantu meningkatkan peluang anda untuk memainkan game favorit lama anda tersebut.


Setelah mengaturnya, jangan lupa klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


3. Gunakan Emulator

Hingga Windows XP, system operasi Microsoft Windows dibangun di atas MS-DOS. Akibatnya, banyak game yang dirilis selama periode ini ditulis untuk DOS. Sayangnya, pada versi Windows modern itu tidak lagi bergantung pada DOS dan tidak mendukungnya. Jadi, jika compatibility mode masih tidak membuat game anda berjalan, anda mungkin ingin mencoba meniru DOS dari dalam mesin modern anda.


Emulator paling populer yang memungkinkan anda menjalankan game yang dirancang untuk DOS adalah DOSBox. Untungnya, ada dokumentasi yang luas tentang cara menggunakan dan menjalankan DOSBox di PC anda. Selain itu, website resmi DOSBox menyimpan daftar lengkap semua game yang kompatibel sehingga anda dapat memeriksa apakah koleksi game anda akan berfungsi atau tidak sebelum anda melangkah lebih jauh.


4. 3D Wrappers

GPU modern mendukung akselerasi 3D melalui 3 API (Application Programming Interface) yaitu DirectX, OpenGL dan Vulkan. Jika anda mencoba menjalankan game yang dibuat khusus untuk API lama yang dibuat oleh 3dfx Interactive yang sudah lama hilang, Glide, itu tidak akan berjalan, karena alasan sederhana bahwa GPU modern anda tidak mendukungnya.

Agar ini berfungsi, anda dapat menggunakan glide wrapper. Ini adalah software yang bertindak sebagai penerjemah untuk panggilan Glide API game, memetakannya ke fungsi DirectX dan OpenGL yang dapat dipahami oleh GPU modern anda saat ini.


dgVoodoo dan nGlide adalah dua solusi paling populer yang memungkinkan anda memainkan game-game lama untuk Glide pada versi Windows saat ini. Dengan hanya menginstalnya, anda menambahkan "lapisan glide compatibility" ke versi Windows anda, yang akan memungkinkan anda memainkan game-game lama seperti Diablo II versi akselerasi 3D.


5. ScummVM

Jika anda mencoba menjalankan beberapa game petualangan lama, seperti yang dibuat oleh Sierra atau LucasGames, sebaiknya anda menggunakan alternatif yang lebih baik yaitu ScummVM.


Awalnya emulator ini dibuat sebagai implementasi SCUMM modern, system yang digunakan LucasArts untuk membuat sebagian besar petualangan klasik mereka seperti The Secret Of Monkey Island dan Full Throttle, segera diperluas juga untuk mendukung game klasik lainnya seperti Sierra.

Hari ini emulator ini mendukung lebih dari 250 judul game, termasuk Broken Sword, Myst, dan bahkan seri Elvira yang benar-benar game yang lama. Untuk memainkannya, jalankan ScummVM dan arahkan ke file instalasi game yang didukung. Dan anda siap memainkannya.


6. Gunakan Mesin Virtual

Jika tidak ada opsi yang tercantum di atas berfungsi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda mengalami masalah kompatibilitas utama. Untuk mengatasinya, opsi terbaik anda adalah mengelabui game agar berpikir anda menjalankannya pada system operasi yang awalnya dirancang untuk itu. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan mesin virtual di hardware anda saat ini. VirtualBox adalah mesin virtual populer untuk Windows dan 100 persen gratis.


Untuk yang belum tahu, pikirkan mesin virtual sebagai emulator untuk system operasi. Ini pada dasarnya bekerja seperti ini: Anda mulai dengan menginstal mesin virtual pada PC anda saat ini. Dari dalam mesin virtual anda menginstal system operasi. Dalam hal ini, itu akan menjadi versi Windows yang lebih lama yang kompatibel dengan game anda. Untungnya, anda bisa mendapatkan versi Windows yang lebih lama dari WinWorld.

Catatan: Microsoft mengetahui website ini dan hanya melarang versi komersial dari Windows XP dan Vista untuk didownload.

Akhirnya, dari dalam lingkungan mesin virtual anda, anda dapat menginstal game yang ingin anda mainkan. Anda juga dapat membuat versi portabel dari Virtual Box yang dapat anda buat di flash disk anda sehingga anda dapat membawanya.


7. Steam & GOG

Jika semuanya gagal, anda dapat membeli kembali game anda melalui online retail seperti Steam atau GOG. Untungnya, baik Steam dan GOG menampilkan versi game lama yang telah diperbaiki agar dapat berjalan pada OS modern. Ini artinya anda tidak perlu bermain-main dengan apapun yang dijelaskan di atas dan bisa langsung ke sesi permainan. Selain itu, sebagian besar game yang lebih lama sangat terjangkau dan bebas DRM.



Jika anda mengalami kesulitan serius menjalankan game lama di Windows 10 atau Windows 11, cara lain adalah menjalankan RetroPie di Raspberry Pi untuk memainkan game konsol klasik dari masa lalu.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menjalankan game lama di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Menjalankan Game Lama di Windows 10/11"