Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Masalah Firefox yang Crash


Salah satu masalah yang paling menjengkelkan yang dikeluhkan oleh pengguna Firefox adalah browser yang mengalami crash. Masalah ini pasti sangat menjengkelkan, terutama ketika kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Ketika anda harus berurusan dengan masalah ini, tips berikut akan memandu anda tentang apa yang dapat anda lakukan ketika itu terjadi.

Sebelum anda mencoba salah satu tips di bawah ini, pastikan untuk selalu mengupdate browser Firefox. Ini selalu merupakan ide yang bagus karena hal itu tentu akan mencegah browser anda terlalu sering mengalami crash dan akan membuat browser anda tetap terupdate dengan fitur-fitur terbaru. Anda juga mungkin harus membaca tutorial saya lainnya tentang cara mempercepat browser Firefox.

Jika browser Firefox anda terus mengalami crash atau memakan banyak gigabytes RAM? Inilah cara memecahkan masalah Firefox ketika masalah mulai muncul.


Gunakan Mozilla Crash Reporter

Setelah Firefox mengalami crash, anda akan melihat Mozilla Crash Reporter. Ini adalah kotak dialog tempat anda dapat memberitahu Mozilla apa yang telah terjadi sehingga mereka dapat melakukan sesuatu tentang hal itu. Jika anda ingin Mozilla menghubungi anda tentang kerusakan itu, ingatlah untuk mengklik opsi itu juga.


Jika anda ingin melihat detail teknis dari kerusakan itu, klik Details. Anda dapat menambahkan informasi lebih lanjut disini jika anda pikir itu akan membantu Mozilla memperbaiki masalah ini. Semakin banyak informasi yang anda berikan, semakin baik.

Itu juga ide yang baik untuk memberitahu perusahaan apa halaman anda saat crash terjadi. Dengan begitu mereka dapat melihat apakah halaman yang anda kunjungi mungkin ada hubungannya dengan masalah itu. Jika anda memilih Restart Firefox, dan crash terjadi lagi, ada kemungkinan besar salah satu windows atau tab yang anda buka menyebabkan crash. Pilih Start New Session dan semoga Firefox akan berhenti mengalami masalah.


Beralih ke Safe Mode

Ketika Firefox berhenti berfungsi, anda juga dapat mencoba meluncurkan browser dalam Safe Mode untuk melihat apakah ekstensi browser menjadi masalahnya. Anda dapat memulai Firefox dalam Safe Mode dengan menekan tombol Shift ketika sedang dimulai, atau anda dapat mengklik tombol Menu - Help - Restart with Add-Ons Disabled, dan pilih Start pada jendela popup yang muncul.


Gunakan Firefox dan lihat apakah browser terus mengalami crash seperti sebelumnya. Jika tidak, ekstensi, akselerasi hardware atau tema yang menyebabkan masalah tersebut.


Apa yang Harus Dilakukan Ketika Firefox Terus Crash dalam Safe Mode

Jika Firefox masih tidak stabil bahkan dalam Safe mode, tema, akselerasi hardware atau ekstensi jelas bisa disalahkan. Mozilla menyarankan agar anda melihat bagian Firefox Hot Topics untuk melihat apakah anda dapat menemukan solusi untuk masalah khusus anda disana.


Jika anda tidak dapat menemukan solusi, anda selalu dapat mencoba untuk mendapatkan bantuan dengan menggunakan ID kerusakan anda. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke bar lokasi Firefox, mengetik about:crashes dan tekan Enter. Anda akan melihat halaman daftar laporan crash yang dikirimkan. Temukan crash terbaru di bawah Report ID, klik kanan dan pilih Open Link in New Tab. Anda akan melihat tab yang akan mengarahkan anda ke halaman di crash-stats.mozilla.com. Setelah selesai memproses semuanya (Cari kata-kata laporan anda sedang diproses), tutup tab laporan.


Cara Reset Firefox

Mereset Firefox juga bisa sangat berguna karena menghilangkan tema, ekstensi, preferensi spesifik situs dan mesin pencari. Mengapa ini membantu? Karena informasi anda disimpan di folder profil, dan terkadang ada masalah dengan folder itu. Dengan mereset Firefox, folder profil baru dibuat, tetapi jangan khawatir - anda masih memiliki riwayat browser, bookmarks, cookie, password yang disimpan, dan auto-fill.

Untuk mereset Firefox, klik tombol Menu dan Help - Troubleshooting Information. Di halaman yang memuat, pilih Refresh Firefox.


Coba instal ulang ekstensi favorit anda satu per satu dan lihat apakah ekstensi itu bermasalah di Firefox. Jika ya, maka anda akan tahu ekstensi mana yang menjadi biang keladinya. Hal yang sama berlaku untuk temanya.


Cara yang Lebih Baik untuk Menemukan Add-Ons yang Bermasalah

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Firefox mulai bertingkah buruk adalah memeriksa add-ons yang anda instal untuk mengetahui apakah salah satunya adalah penyebabnya. Namun, jangan menonaktifkannya satu per satu, karena itu bisa menghabiskan sebagian besar waktu anda, tergantung pada jumlah add-ons yang diinstal.

Anda dapat menemukan add-ons yang bermasalah lebih cepat jika anda menonaktifkannya dalam batch dan menerapkan sedikit trik di mana anda membaginya menjadi subkelompok. Mari kita periksa bagaimana cara melakukannya.

Pilih Add-ons dari menu utama Firefox atau ketik about:addons di bar URL dan tekan Enter untuk melihat halaman manajemen add-ons browser. Klik pada entri Extensions dari menu di sebelah kiri, untuk melihat daftar semua add-on yang anda instal.


Dari pada menonaktifkan add-ons anda satu per satu, lebih baik nonaktifkan setengahnya. Kemudian, restart browser anda dan cobalah untuk mereplikasi masalah yang anda alami sebelumnya. Jika masih bermasalah, itu berarti bahwa add-on bermasalah tetap aktif. Jika tidak, pelakunya adalah salah satu dari add-ons yang anda nonaktifkan. Tukar grup dengan mengaktifkan kembali setengah dari yang dinonaktifkan dan ulangi.

Pendekatan ini, berurusan dengan add-ons anda dalam grup, membuatnya lebih mudah untuk menentukan add-ons yang harus anda nonaktifkan. Dengan mencaritahu, dalam satu langkah, jika masalahnya terletak pada setengah dari ekstensi anda, anda tidak perlu memeriksa setengah lainnya. Ini akan menghemat waktu anda secara signifikan dan membuat proses troubleshoot jauh lebih mudah dikelola.


Dapatkan Informasi dari Halaman About

Meskipun penyebab masalah yang paling mungkin terjadi di sebagian besar instalasi Firefox adalah beberapa add-ons yang salah, itu tidak selalu terjadi. Dan bahkan jika itu, anda mungkin ingin lebih banyak informasi tentang itu.

Untungnya, Firefox menyediakan banyak informasi tentang kinerjanya dan juga beberapa opsi tambahan.

  • Masukkan about:cache di baris URL browser dan tekan Enter. Ini memungkinkan anda untuk memeriksa berapa banyak ruang penyimpanan yang dikonsumsi Firefox dalam RAM, SSD, dan drive hard disk anda.


  • Masukan about:crashes dan tekan Enter. Sudah hampir pasti bahwa ketika menggunakan kode ini anda akan melihat banyak yang dikirimkan (ke Mozilla, pengembang Firefox) dan laporan kerusakan yang tertunda terkait dengan masalah yang ditemui browser ini sepele atau signifikan.

  • Masukan about:memory dan tekan Enter. Ini memungkinkan anda untuk memeriksa penggunaan memori browser. Klik Measure di bagian Show memory reports untuk melihat secara spesifik apa yang memakan memori dan berapa banyak. Jika anda mengalihkan perhatian anda ke bagian Free memory, tiga opsi yang tersedia memungkinkan anda untuk meminimalkan penggunaan memori Firefox dengan tiga cara berbeda. Tombol GC melakukan pengumpulan sampah global, menghilangkan sisa dari penjelajahan sebelumnya, biasanya dari kode JavaScript yang disertakan dalam halaman. Tombol CC (Cycle Collection) yang melakukan hal yang sama tetapi membersihkan kesalahan kecil yang tidak perlu dari Firefox itu sendiri. Tombol Minimize memory usage melakukan apa yang dilakukan dua tombol lainnya tetapi "menjalankan" pembersihan tiga kali disetiapnya, ditambah beberapa yang lain.


  • Masukan about:networking dan tekan Enter. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa saja yang terhubung dengan Firefox, kunjungi halaman about:networking. Di halaman ini anda akan menemukan halaman yang telah anda kunjungi secara aktif serta lokasi jaringan di browser anda atau add-ons anda dapat terhubung. Jadi, meskipun beberapa dari mereka mungkin tampak tidak berguna, atau bahkan mencurigakan, itu tidak selalu terjadi.



  • Masukan about:performance dan tekan Enter. Salah satu halaman about yang paling penting ketika memecahkan masalah Firefox, adalah about:performance. Ini menunjukkan penggunaan resources oleh masing-masing tab/halaman, serta add-ons. Anda dapat memeriksanya secara real time dengan mengalihkan perhatian anda ke kolom Energy Impact.


  • Masukan about:profiles dan tekan Enter. Jika tidak ada yang berhasil, langkah terakhir sebelum menginstal ulang Firefox adalah memeriksa apakah profil anda telah rusak. Meskipun tidak ada cara mudah untuk melakukan ini, anda dapat mencoba mengunjungi about:profiles dan membuat yang baru dengan mengklik tombol Create a New Profile. Mulai ulang Firefox dengan mengeklik tombol Restart normally… dan gunakan sebentar untuk memeriksa apakah semuanya berfungsi.



Jika semua langkah diatas masih tidak berfungsi dengan baik, solusi terakhir adalah menginstal ulang browser dari awal. Sebelum itu, dan terutama jika anda menggunakan Linux (ketika sesuatu seperti ini jauh lebih mudah daripada ketika anda menggunakan Windows), ada baiknya mengupdate semua yang lain di system anda (artinya system operasi dan aplikasi yang diinstal) untuk menghilangkan kemungkinan konflik software yang jauh lebih jarang.

Selain halaman about di atas, about:config adalah yang paling penting karena halaman ini berisi banyak opsi bagi anda untuk meningkatkan kinerja Firefox anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga masalah anda dapat teratasi. Tinggalkan komentar anda dibawah ini jika anda menemukan cara lainnya untuk memperbaiki Firefox yang crash atau sekedar berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Masalah Firefox yang Crash"