Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Firefox Quantum Dalam 10 Menit


Mulai dari Firefox 57 dan seterusnya, browser Mozilla telah mengalami banyak perubahan, merombak fungsi-fungsi di bawah dan di atasnya sehingga dapat berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Firefox Quantum, seperti yang diketahui saat ini, akhirnya memiliki kesempatan untuk bersaing dengan Chrome dalam hal kecepatan jika bukan popularitas.

Peralihan ke Quantum juga berarti bahwa banyak trik lama yang dapat dipercaya untuk mempercepat pekerjaan tidak bekerja lagi. Kabar baiknya adalah ada banyak cara baru untuk menggantikannya dan anda dapat menemukannya di postingan ini.


1. Mempercepat Scrolling / Bergulir Anda

Jika anda cenderung membaca dokumen panjang secara online, anda mungkin akan menggulir laman ke bawah dan itu menjadi tugas anda. Jika anda melakukan itu, browser akan berjuang untuk mengikuti kecepatan gulir anda dan anda pastinya terbatas pada setelan gulir yang ditetapkan oleh browser.

Yet Another Smooth Scrolling WE, sebuah ekstensi Quantum yang kompatibel, yang memungkinkan anda men-tweak scrolling anda untuk menyesuaikan kecepatan gulir anda. Anda dapat mengubah kelancaran bergulir dan kecepatan bergulir, dan - terutama untuk halaman web yang panjang - meningkatkan percepatan dengan jarak tempuh, jadi semakin lama anda menggulir akan lebih cepat bergulir.


Dibutuhkan sedikit penyesuaian, tetapi jika dilakukan dengan benar, ini akan mengoptimalkan kecepatan pengguliran anda.


2. Buang Tab Otomatis

Banyak ekstensi bagus telah menjadi berlebihan sejak Firefox Quantum, tetapi dengan cepat membuat lompatan ke browser baru adalah Tab Auto Discard.

Ekstensi ini memungkinkan anda untuk mengatur sendiri agar secara otomatis membuang tab browser yang anda biarkan terbuka. Hal ini tidak menutup tab - hanya menangguhkannya sehingga tab-tab tersebut tidak menghabiskan memori yang berharga saat tidak digunakan. Jika ada tab tertentu yang anda inginkan aktif sepanjang waktu, anda juga dapat memasukkannya ke daftar di pengaturannya sehingga mereka dibebaskan dari aturan Auto Discard anda.


Untuk menggunakan Auto Tab Discard, tambahkan ekstensi ini ke Firefox, kemudian pergi ke Settings - Add-ons - Extensions dan gulir kebawah ke berbagai pengaturan untuk ekstensi.


3. Nonaktifkan Layanan Aksesibilitas

Banyak orang telah melaporkan beberapa pelambatan serius ketika menggunakan Firefox Quantum - termasuk saya pada awal - awal menggunakannya. Kasus ini bisa menjadi hasil dari bug yang berkaitan dengan Firefox Accessibility Services.

Perbaikannya adalah untuk menonaktifkan layanan aksesibilitas yang meliputi pembaca layar, fungsi braille dan sebagainya. (Namun jika anda atau pengguna Firefox mengandalkan ini, anda harus membiarkannya sampai masalah ini diselesaikan).


Untuk mematikan fitur aksesibilitas di Firefox, buka Firefox, pergi Settings - Options - Privacy & Security, lalu beri ceklist pada kotak berlabel Prevent accessibility services from accessing your browser.


4. Ganti Tracking Protection

Secara teori, Tracking Protection (perlindungan pelacakan) seharusnya membuat penjelajahan anda lebih cepat. Idenya adalah mencegah situs yang sangat bergantung pada skrip pelacakan, konten pihak ketiga, dan sebagainya dari memuat semua konten pelacakan mereka. Bergantung pada seberapa banyak situs tersebut bergantung pada konten tersebut, anda dapat mengharapkan situs ini memuat dua puluh hingga sembilan puluh persen lebih cepat dengan Tracking Protection.

Tetapi dengan Firefox Quantum, beberapa pengguna telah melaporkan efek sebaliknya, dan bagi mereka, sebenarnya beralih Tracking Protection ke Off akan mempercepat browser mereka.


Jadi, miliki Tracking Protection dan lihat apa yang terbaik untuk anda. Masuk ke Opsi Firefox, klik Privacy & Security di sebelah kiri, lalu gulir ke bawah ke Tracking Protection dan alihkan.


5. Alihkan Akselerasi Hardware

Tergantung pada keadaan anda, anda mungkin ingin mengaktifkan atau menonaktifkan akselerasi Hardware, yang akan menentukan apakah Firefox Quantum menggunakan GPU anda untuk mempercepat penjelajahan.

Umumnya, jika anda memiliki PC yang relatif baru (terutama jika anda memiliki GPU khusus), ada baiknya untuk mengaktifkan akselerasi Hardware. Jika anda menggunakan komputer lama tanpa kartu grafis khusus, maka membiarkannya tetap dapat memperlambat penjelajahan anda, karena GPU anda terlalu lemah untuk melakukan akselerasi Hardware dengan benar.


Masuk Opsi Firefox, pada General gulir ke bawah sampai Performance. Hapus ceklist pada kotak Use recommended performance settings. Kemudian, beri ceklist pada kotak Use hardware acceleration when available.


6. Tingkatkan Batas Proses Konten

Sejak multiprocess Firefox diperkenalkan kembali pada bulan November 2017, jumlah standar proses konten yang digunakan oleh Firefox terbentur hingga empat, tetapi Anda dapat meningkatkan lebih lanjut hingga tujuh. Untuk melakukan ini:

Buka Pengaturan Firefox. Lalu gulir ke bawah ke Performance. Kemudian hapus ceklist pada kotak Use recommended performance settings, dan gunakan dropdown untuk mengganti batas proses Konten sejauh 7 pada kolom Content process limit.


Jika anda mulai mengalami tabrakan atau perilaku tidak tertata lainnya sebagai akibatnya, kurangi angka sampai anda menemukan medium kecepatan dan stabilitas yang baik.


7. Gunakan uBlock Origin, bukan Adblock

Adblock mungkin paling populer, tetapi itu tidak berarti yang terbaik untuk semua orang. Jika PC anda bukan yang paling kuat, maka ada peluang bagus Adblock memperlambat kinerja Firefox anda karena tidak begitu efisien dengan penggunaan memorinya.


Untuk waktu yang lama, uBlock Origin telah digunakan sebagai alternatif yang tepat karena ia mengelola sumber daya CPU dan memori dengan lebih baik, sehingga menyebabkan sedikit tekanan pada Firefox dan membantunya berjalan lebih cepat. uBlock Origin juga melakukan pekerjaan yang hebat untuk memblokir iklan.


8. Membersihkan Memori

Jika anda terus menggunakan Firefox dan menemukannya melambat, anda dapat mengosongkan beberapa memori untuk mempercepatnya. Untuk melakukannya, ketik about:memory di address bar Firefox dan tekan Enter. Pada halaman berikutnya klik Minimize memory usage di bawah Free memory untuk mengosongkan memori.



9. Nonaktifkan Animasi Firefox

Mirip dengan bagaimana anda dapat mempercepat PC Windows dengan menonaktifkan animasi, anda juga dapat mempercepat Firefox dengan menonaktifkan animasinya. Untuk menonaktifkan animasi di Firefox, ketik about:config di address bar Firefox dan tekan Enter.

Sekarang, ketik animate pada bar pencarian teratas, dan atur nilainya ke semua entri yang muncul sebagai False. Ini akan membuat pengalaman browsing anda lebih cepat, tetapi anda akan kehilangan semua animasi halus yang membuat browser terlihat keren.



10. Refresh Firefox

Jika tweak di atas tidak cukup, atau browser Firefox anda bermasalah (termasuk crash) karena penggunaan berkelanjutan, maka menyegarkan Firefox dapat memperbaiki. Firefox memungkinkan anda menyegarkan dan mengubah semua pengaturannya ke default dan menghapus semua data pihak ketiga (seperti add-on). Ketik about:support di address bar Firefox dan tekan Enter. Klik pada tombol Refresh Firefox di sebelah kanan dan konfirmasikan permintaan untuk memperbaruinya.


Jangan khawatir, ini tidak akan menghapus data pribadi anda seperti riwayat browser, kata sandi, cookie, bookmark, atau auto-fills.

Anda dapat menggunakan tips yang disebutkan di atas untuk mempercepat pengalaman Firefox anda. Beberapa cara ini akan lebih mempercepat Firefox, meskipun Firefox anda saat ini berfungsi dengan baik bagi anda, jadi berikan mereka kesempatan untuk mencoba dan memetik hasilnya. Juga, jika mengotak-atik entri di halaman about:config secara negatif memengaruhi pengalaman browsing anda, maka segera kembalikan perubahannya dan beri komentar anda untuk membantu pengguna lainnya. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Firefox Quantum Dalam 10 Menit"