Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mirroring Android Screen Menggunakan TeamViewer di Windows


Akan ada saat-saat ketika anda perlu mencerminkan/mirror Android screen anda ke PC anda. Ini bisa jadi karena anda harus memberikan presentasi cepat, merekam layar, melihat foto dan video anda pada layar yang lebih besar tanpa benar-benar membagikan atau mengunggahnya ke PC anda, dll. Tidak peduli apa alasannya, anda dapat dengan mudah mirror Android screen ke PC Windows anda dan bahkan dapat mentransfer file dan folder melalui jaringan lokal atau Internet. Inilah cara anda dapat mirror Android screen anda menggunakan TeamViewer.


Mirror Android Screen ke Windows Menggunakan TeamViewer

Untuk memulai, anda perlu menginstal aplikasi TeamViewer QuickSupport gratis di perangkat Android anda dan aplikasi TeamViewer di mesin Windows anda. Hal yang baik tentang pendekatan ini adalah perangkat Android anda tidak harus di-root.

Setelah menginstal, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mendapatkan ID TeamViewer unik anda dari perangkat Android anda. Untuk melakukan itu, buka aplikasi TeamViewer QuickSupport di ponsel Android anda. Di layar beranda, anda akan melihat ID unik anda.


Catatan : Saat pertama kali anda membuka TeamViewer di Android, anda akan diminta untuk menginstal ekstensi remot control. Silahkan install itu dan lanjutkan dengan langkah berikutnya. Jika anda tidak menginstallnya, maka mirroing screen di PC tidak akan ditampilkan.

Sekarang, buka aplikasi TeamViewer yang terinstal di PC anda dengan mencarinya di Start Menu.

Setelah aplikasi dibuka di system Windows anda, masukkan ID unik yang ditampilkan di perangkat Android anda dan klik tombol Connect.


Segera setelah anda mengklik tombol, anda akan melihat pesan peringatan yang meminta izin anda di layar Android anda. Cukup ketuk opsi Allow untuk melanjutkan.


Anda akan melihat pesan lain di layar Android anda; klik tombol Start Now untuk melanjutkan.


Setelah anda mengizinkan akses, anda akan melihat mirroring layar Android pada PC Windows anda di dalam jendela TeamViewer. Satu hal yang perlu anda ingat adalah bahwa aplikasi TeamViewer di Android hanya mampu melakukan mirroring; anda tidak dapat berinteraksi dengan layar.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, anda juga dapat mentransfer file menggunakan TeamViewer. Untuk melakukan itu, klik pada opsi Transfer File yang muncul di sudut kiri atas.


Tindakan ini akan membuka jendela Transfer File. Sisi kiri jendela adalah drive/file/folder system anda dan sisi kanan adalah file dan folder perangkat Android anda. Untuk mentransfer file, pilih file di system anda, pilih tujuan pada perangkat Android anda dan klik tombol Send.


Ini akan memulai transfer file. Tergantung pada kecepatan koneksi Internet anda atau kecepatan jaringan lokal, file akan ditransfer dalam beberapa menit.


Secara default, TeamViewer mengoptimalkan pencerminan layar untuk kecepatan yang lebih baik, yang cukup membantu jika anda menggunakan koneksi internet normal anda. Tetapi jika anda bukan jaringan lokal maka anda dapat mengoptimalkan mirroring layar untuk kualitas yang lebih baik. Untuk melakukan itu, klik ikon fullscreen yang muncul di jendela TeamViewer.


Sekarang, klik pada tab View dan kemudian pilih opsi Optimize quality. Hanya dalam beberapa detik anda akan melihat sharp screen mirroring pada perangkat Windows anda.


Jika mau, anda juga dapat merekam layar. Untuk melakukan itu, pilih tab Files & Extras dan pilih opsi Start Session Recording.


Setelah anda selesai dengan semuanya, anda dapat menutup koneksi dari perangkat Android anda dengan mengklik tombol Close dan kemudian memilih opsi Close all connectons dari jendela konfirmasi.


Seperti yang anda lihat, TeamViewer adalah aplikasi bagus yang memungkinkan anda dengan mudah mencerminkan layar Android anda ke PC Windows, dan bahkan memungkinkan anda mentransfer file dan folder dari Android ke PC ataupun sebaliknya. Ada lebih banyak fitur seperti kemampuan untuk menghapus aplikasi, memonitor CPU, memory dan penggunaan baterai, mengetahui info perangkat, dll. Jadi, jika anda perlu untuk mencerminkan layar Android anda ke PC Windows anda, cobalah aplikasi ini.

Sekian. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan TeamViewer untuk mencerminkan/mirror Android screen ke PC Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mirroring Android Screen Menggunakan TeamViewer di Windows"