Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Data Aktivitas Web Google Chrome Anda Secara Otomatis


Internet adalah perusahaan "penghisap waktu" terbesar yang pernah ditemukan. Anda bisa menghabiskan berjam-jam online untuk melakukan pekerjaan, memata-matai halaman media sosial teman anda, membaca berita terbaru, atau cukup mengklik tautan ke situs baru yang aneh apapun yang datang ke pemberitahuan anda. Secara alami, ada banyak bagian dari histori pencarian internet anda yang mungkin ingin anda hapus dari daftar.

Secara manual kita pasti tahu cara membersihkan data browsing atau histori tersebut baik menggunakan pengaturan di browser itu sendiri maupun melalui aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner. Tapi bagaimana jika itu dilakukan secara otomatis? Inilah cara anda dapat mengotomatiskan proses itu.


Menghapus Data Aktivitas Secara Otomatis

Google Chrome menawarkan kepada anda pilihan untuk menghapus catatan aktivitas Internet anda secara otomatis secara teratur dari pada menunggu anda untuk menghapusnya secara manual. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini ini.

Buka akun Google anda. Jika anda tidak tahu dimana itu, cukup buka akun Gmail anda dan klik foto profil anda di sudut kanan atas halaman.


Klik Privacy & Personalization, yang mungkin juga muncul sebagai Data & Personalization. Di bawahnya ada tab Manage your data & personalization yang disorot dengan warna biru, klik itu.


Dihalaman selanjutnya gulir ke bawah sampai anda melihat bagian Manage your activity controls. Klik pada bagian tersebut.


Anda akan melihat halaman terbuka yang membantu anda mengelola data yang dikumpulkan oleh Google selama berselancar web di Chrome.

Bagian pertama pada halaman ini harus diberi label Web & App Activity. Klik Manage Activity yang terletak tepat di bawah bagian ini.


Dihalaman ini pilih opsi Choose to delete automatically.


Anda sekarang akan dibawa ke halaman yang memiliki opsi Choose to delete automatically. Memilih fitur ini membawa anda ke kotak pop-up dengan tiga opsi.
  • Keep until I delete manually: Ini menyimpan data aktivitas Internet anda di server Google sampai anda memilih untuk masuk dan menghapus data itu secara pribadi.
  • Keep for 18 months: Opsi ini menyimpan data anda di server selama satu setengah tahun. Data dari sebelum waktu itu akan dihapus secara otomatis pada akhir 18 bulan.
  • Keep for 3 months: Persis sama dengan opsi sebelumnya, hanya saja kali ini data anda hanya disimpan di server selama 3 bulan, setelah itu di hapus dari server.


Klik opsi yang paling cocok untuk anda (dan untuk artikel ini anda haru memilih salah satu dari dua opsi dibawah yang pertama). Setelah menentukan pilihan anda, klik Next.

Anda akan diperlihatkan halaman yang menjelaskan efek ganda dari memilih untuk secara otomatis menghapus data anda, dimana data di masa depan akan dihapus secara otomatis setelah mencapai batas waktu, dan data yang ada yang lebih lama dari batas waktu yang dipilih juga akan dihapus segera.


Tekan Confirm dan sebuah halaman akan muncul yang menyatakan bahwa preferensi baru anda telah disimpan. Semua data anda dari luar batas waktu yang anda pilih sekarang akan dihapus secara otomatis.


Ingatlah bahwa saat melacak aktivitas web anda dapat dilihat sebagai pelanggaran privasi, Google terutama menggunakan data yang dikumpulkannya tentang riwayat pencarian anda untuk memberi anda pengalaman berselancar yang lebih personal, seperti konten AI dan Internet yang diperbaiki secara otomatis dan lebih tepat yang dikumpulkan langsung dari anda minat berdasarkan riwayat penelusuran anda sebelumnya. Menghapus semua data itu dapat secara negatif memengaruhi pengalaman penelusuran anda di masa depan di Google.

Anda dapat mengubah pengaturan ini baik menggunakan Chrome versi mobile maupun dekstop. Opsi Automatically deleting your activity data adalah cara yang baik untuk memastikan riwayat Internet anda tidak menimbulkan masalah bagi anda atau menjadi masalah privasi jika informasi tersebut jatuh ke tangan yang salah secara online.

Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menghapus Data Aktivitas Web Google Chrome Anda Secara Otomatis"