Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Standard User Untuk Menjalankan Program Dengan Hak Administrator Tanpa Password


Jika anda memiliki banyak pengguna yang menggunakan komputer anda, kemungkinan besar anda memberikan mereka akun pengguna standar. Ini memungkinkan anda untuk mengatur apa yang mereka install dan bagaimana mereka dapat memanipulasi pengaturan system dan aplikasi.

Hal itu memang bagus, namun anda kadang-kadang mungkin perlu mengizinkan pengguna standar untuk menjalankan program dengan hak administrator. Dalam situasi itu, anda dapat menggunakan utilitas pihak ketiga gratis yang disebut RunAs Tool. Tetapi jika anda tidak ingin menggunakan alat pihak ketiga, berikut adalah cara anda dapat membuat shortcut anda sendiri dari program target sedemikian rupa sehingga dijalankan dengan hak administrator tanpa memasukkan password admin apapun.


Biarkan Pengguna Standar Menjalankan Program Sebagai Admin

Untuk membiarkan pengguna standar menjalankan program dengan hak administrator, saya akan menggunakan perintah Run as bawaan. Untuk memulai, anda perlu mengetahui dua hal sebelum dapat melakukan apapun. Yang pertama adalah nama komputer (Computer name / Device name), dan yang kedua adalah username akun administrator anda.

Jika anda tidak tahu nama komputer, tekan Win + X, lalu pilih opsi System. Jika anda menggunakan Windows 7, anda dapat mencarinya di Start menu atau anda juga dapat klik kanan di My Computer / This PC dan pilih Properties.


Tindakan di atas akan membuka jendela System. Disini anda akan menemukan nama komputer anda terdaftar.

Anda dapat menemukan username administrator anda di jendela User Accounts.


Setelah memiliki detail, anda dapat membuat shortcut. Untuk melakukan itu, klik kanan pada desktop anda dan kemudian pilih opsi New dan kemudian pilih Shortcut.


Tindakan di atas akan membuka jendela Create Shortcut. Klik tombol Browse, dan pilih aplikasi yang anda inginkan dijalankan oleh pengguna lain dengan hak admin.


Sebagai contoh dalam kasus saya, saya memilih aplikasi sederhana yang disebut CPU-Z. Setelah memilih aplikasi, beginilah tampilan jendela Create Shortcut.

Tambahkan jalur berikut di awal jalur file yang sudah ada. Jangan lupa mengganti ComputerName dan Username dengan detail yang sebenarnya.

runas /user:ComputerName\Username /savecred

Dan alamat jalur yang sudah selesai ditambahkan akan terlihat seperti jalur dibawah ini.

runas /user:ComputerName\Username /savecred "C:\path\to\file.exe"


Setelah selesai, klik tombol Next untuk melanjutkan.

Masukkan nama shortcut dan klik tombol Finish.


Itu dia. Anda telah membuat shortcut khusus untuk program anda. Secara default, shortcut yang anda buat tidak memiliki ikon yang tepat.


Namun, anda dapat mengubah ikon dengan mengklik tombol Change Icon dari jendela Properties. Anda dapat mengakses jendela Properties dengan mengklik kanan pada shortcut tersebut dan kemudian memilih opsi Properties.


Setelah anda selesai mengubah ikon, klik doble ikon itu. Untuk pertama kalinya, anda harus memasukkan password administrator. Jadi, masukkan password administrator dan tekan tombol Enter.


Setelah pertama kali, setiap kali pengguna meluncurkan aplikasi menggunakan pintasan yang baru saja Anda buat, itu akan diluncurkan dengan hak admin. Opsi savecred dalam perintah di atas akan menyimpan password admin sehingga pengguna dapat menjalankan aplikasi sebagai admin tanpa benar-benar memasukkan password.

Bahkan, jika anda membuka Windows Credentials Manager dan menavigasi ke Windows Credentials, anda akan melihat password yang disimpan.


Jika anda ingin membatasi pengguna dari menjalankan aplikasi target sebagai administrator, cukup delete shortcut atau delete kredensial yang disimpan dari Windows Credential Manager.

Sekian! Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk memungkinkan pengguna standar menjalankan aplikasi dengan hak administrator. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Standard User Untuk Menjalankan Program Dengan Hak Administrator Tanpa Password"