Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Pesan Khusus di Login Screen Windows 10/11


Jika anda berbagi PC dengan orang lain seperti teman atau anggota keluarga atau jika anda mengelola banyak PC, maka anda mungkin menghadapi situasi dimana anda ingin memberitahukan beberapa pesan kepada pengguna sebelum pengguna masuk ke Windows 10 atau Windows 11 anda. Mungkin ada beberapa alasan untuk ini, seperti menampilkan pemberitahuan hukum, memberitahu pengguna folder default mereka pada network drive, memberitahu pengguna bahwa PC sedang dipantau, dll. Bahkan jika anda adalah pengguna tunggal, menampilkan pesan khusus seperti info kontak dapat sangat membantu , khususnya bagi pengguna laptop.

Apapun alasan untuk menampilkan pesan tersebut, berikut adalah bagaimana anda dapat menampilkan pesan khusus ketika pengguna lain mencoba masuk ke PC anda.


Tampilkan Pesan Khusus pada Login Screen Windows

Untuk menampilkan pesan khusus pada login screen Windows, anda dapat menggunakan Registry Windows atau Local Security Policy. Aku akan menunjukkan kepada anda kedua cara tersebut. Anda dapat mengikuti salah satu yang paling nyaman bagi anda. Perhatikan bahwa Local Security Policy tidak tersedia dalam versi Windows Home.


1. Membuat Pesan Khusus melalui Windows Registry

Catatan : Jika anda mengunakan metode ini, pastikan anda telah membackup registry anda! Untuk melakukannya baca artikel saya tentang ini.
  • Untuk menampilkan pesan khusus pada login screen Windows menggunakan Registry, tekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan tombol Enter.
  • Tindakan di atas akan membuka Registry Windows. Disini, navigasikan ke alamat berikut. Anda dapat meng-copy jalur dibawah ini dan paste-kan di Registry Editor dan tekan Enter untuk langsung menuju target.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

  • Di panel kanan anda akan menemukan key bernama legalnoticecaption. Klik kanan padanya dan kemudian pilih Modify. Anda juga daat mengklik doble pada key tersebut untuk mengedit.
  • Tindakan di atas akan membuka jendela Edit String. Di bawah bidang Value Data, masukkan judul pesan yang ingin anda tampilkan di login screen dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, cari key legalnoticetext, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Modify. Di jendela Edit String, masukkan teks pesan yang ingin anda tampilkan di login screen di bawah bidang Value Data dan kemudian klik pada tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah anda selesai dengan perubahan, silahkan Restart PC anda.
Mulai sekarang setiap kali anda menghidupkan PC anda, pada login screen akan ditampilkan pesan khusus tersebut. Jika suatu saat anda ingin menghilangkan pesan khusus tersebut dari login screen Windows anda, anda dapat pergi ke jalur tersebut di Registry dan hapus judul pesan dan teks pesan dari jendela Edit String.


2. Membuat Pesan Khusus Menggunakan Local Security Policy Editor Windows

Jika anda menggunakan versi Windows Pro, maka anda juga dapat menggunakan Local Security Policy Editor untuk menambahkan pesan khusus ke login screen Windows.
  • Untuk membuka Local Security Policy anda dapat mencarinya di Search, atau di Administrative tools di Start menu atau tekan Win + R kemudian ketik secpol.msc dan tekan Enter.

Catatan: Anda juga dapat mengakses Local Security Policy dari Group Policy Editor dengan membukanya dan menavigasi ke Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings.
  • Disini, di jendela Local Security Policy, navigasikan ke Local Policies dan kemudian ke Security Policies.
  • Setelah anda berada disini, cari Interactive logon: Message title for users attempting to log on dan klik doble padanya. Di jendela setting masukkan judul pesan dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  • Selanjutnya, cari dan klik doble pada Interactive logon: Message text for users attempting to log on. Di jendela setting masukkan teks pesan anda dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Pesan khusus anda sekarang akan selalu ditampilkan di login screen Windows setiap kali pengguna mencoba masuk. Semoga berhasil.

Jika suatu saat anda tidak ingin menampilkan pesan khusus tersebut, silahkan kembali ke Local Security Policy dan klik pada masing-masing kebijakan dan hapus judul dan teks dari jendela tersebut dan klik OK.

Sekian! Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk menampilkan pesan khusus pada login screen Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Pesan Khusus di Login Screen Windows 10/11"