Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Opsi ''Move to'' dan ''Copy to'' ke Menu Konteks Klik Kanan di Windows 10/11


Suatu ketika anda ingin mengatur file anda agar terlihat lebih rapi dan mudah di cari. Saking banyaknya folder di PC anda itu membuat anda harus bolak balik untuk mengcopy dan mempastenya dan ini membuat anda kadang-kadang bingung dan bahkan menjadi frustrasi.

Di Windows 10 atau Windows 11 ada fungsi tersembunyi yang memungkinkan anda hanya dengan mengklik kanan pada file tersebut dan anda pun dapat memindahkan atau menyalinnya ke lokasi tertentu yang anda pilih dengan mudah. Cara ini seperti menambahkan opsi open Powershell atau menambahkan opsi Check for Updates di menu konteks klik kanan yang sudah saya bahas sebelumnya.

Yang kita butuhkan hanyalah mengedit sedikit registry untuk menampilkan dan membuat opsi ini berfungsi sehingga anda dapat menyalin dan memindahkan file anda.

Sebelum melanjutkan ke langkahnya, ada baiknya bahwa anda harus mengetahui bahwa Registry Editor adalah tools yang ampuh namun sensitif. Jika disalahgunakan, maka itu dapat membuat sistem anda tidak stabil atau bahkan tidak bisa dioperasikan. Saya sarankan agar anda membackup registry anda sebelum melanjutkan, namun jika anda mengikuti instruksi ini dengan benar, maka anda tidak akan mendapatkan masalah.

Jika anda sudah siap, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


1. Tambahkan Move to ke Menu Konteks
  • Buka Registry Editor dengan menekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor telusuri jalur dibawah ini. Untuk Windows 10 atau Windows 11, anda dapat mempaste jalur dibawah langsung ke address bar dan tekan Enter.
HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shellex\ContextMenuHandlers

  • Disini, klik kanan pada ContextMenuHandlers di panel kiri dan pilih New- Key. Beri nama key baru tersebut dengan Move to.
  • Sekarang, di panel kanan klik doble pada (Default), dan pastekan string dibawah ini ke dalam bidang Value Data, lalu tekan OK.
{C2FBB631-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}


Setelah melakukannya, anda dapat menutup Registry Editor. Anda tidak perlu merestart komputer anda untuk mulai menggunakan opsi ini.


2. Tambahkan Copy to ke Menu Konteks
  • Sama seperti sebelumnya, untuk menambahkan "Copy to" ke menu konteks, anda pertama kali membuka Registry Editor. Tekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Telusuri ke jalur berikut dibawah ini atau copy dan paste jalur dibawah ke address bar Registry Editor.
HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shellex\ContextMenuHandlers
  • Disini di panel kanan, klik kanan pada ContextMenuHandlers dan pilih New - Key kemudian beri nama key baru tersebut dengan Copy to.
  • Sekarang di panel kanan, klik doble pada (Default), kemudian pastekan string dibawah ke dalam bidang Value Data dan klik OK.
{C2FBB630-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}


Sama seperti diatas, anda tidak perlu merestart PC anda untuk memulai menggunakan opsi ini.

Setelah anda melakukan kedua langgkah diatas maka sekarang anda dapat memindahkan file ke tempat yang anda tuju dengan mudah. Anda hanya klik kanan pada file tersebut kemudian pilih folder yang dituju dan klik Move atau Copy di kotak yang muncul. Anda juga dapat membuat folder baru denga mengklik Make New Folder kemudian anda dapat memindahkan file anda disana.


Jika suatu saat anda ingin menghapusnya dari daftar konteks menu klik kanan, maka anda dapat masuk ke Registry Editor dan mengikuti jalur di atas, kemudian menghapus key yang anda buat tadi. Opsi tersebut akan segera menghilang dari konteks menu tanpa perlu merestart PC anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini dengan meninggalkan komentar anda dibawah. Teimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Opsi ''Move to'' dan ''Copy to'' ke Menu Konteks Klik Kanan di Windows 10/11"