Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Opsi Check for Updates ke Menu Konteks di Windows


Windows 10 dan Windows 11 perlahan-lahan bergerak menjauh dari Control Panel ke aplikasi Settings yang baru. Di aplikasi Settings yang baru ini anda dapat dengan mudah memeriksa update terbaru dengan menavigasi ke Update & Security - Windows Update dan kemudian mengklik tombol Check for Updates. Namun, anda juga dapat membuatnya menjadi lebih mudah dengan menambahkan opsi khusus ini ke menu konteks klik kanan Desktop.

Untuk melakukan ini, kita perlu memodifikasi registry Windows. Oleh karena itu sebagai tindakan pencegahan, merupakan ide yang baik untuk membuat backup Windows Registry dan membuat restore point. Jika sesuatu yang buruk terjadi, anda dapat dengan mudah memulihkan system anda dengan mengembalikan backup atau menggunakan restore point.


Tambahkan Opsi Check for Updates ke Menu Konteks Desktop

Seperti biasanya, anda perlu memodifikasi Registry Windows untuk menambahkan opsi Check for Updates ke menu konteks Desktop.

Untuk memulai, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter atau anda juga dapat mencarinya di Start Menu.


Tindakan di atas akan membuka jendela Windows Registry Editor. Disini, telusuri jalur di bawah ini atau anda dapat copy jalur dan mempastenya di address bar Registry Editor dan tekan tombol Enter.


Segera setelah anda menekan tombol Enter, anda akan dibawa ke tombol yang perlu anda edit.


Sekarang kita perlu membuat beberapa key. Klik kanan pada tombol Shell dan pilih opsi New - Key dan beri nama key baru dengan Check for Updates dan tekan tombol Enter. Ini adalah nama yang akan muncul di menu konteks desktop. Anda dapat menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan anda.


Selanjutnya, klik kanan pada key yang baru dibuat (dalam hal ini Check for Updates) dan pilih New - Key dan beri nama key baru sebagai command dan tekan tombol Enter.


Setelah membuat key, kita perlu mengarahkannya ke opsi update di aplikasi Settings Windows 10. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan URI (Uniform Resource Identifier) tertentu.

Untuk melakukan itu, pastikan bahwa key Check for Updates di panel kiri yang dipilih. Di panel kanan, klik kanan di ruang kosong dan pilih opsi New - String Value dari menu konteks dan beri nama string baru dengan SettingsURI dan tekan Enter.


Sekarang klik doble pada string yang baru dibuat untuk membuka jendela Edit Value. Masukkan ms-settings:windowsupdate-action di bidang Value Data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Sekarang, pilih tombol command yang di panel kiri. Di panel kanan, klik kanan diruang kosong dan pilih opsi New - String Value dan beri nama string baru dengan DelegateExecute dan tekan Enter untuk menyimpan perubahan.

Untuk mengubah value data, klik doble pada string yang baru dibuat, masukkan value di bawah ini di bidang Value data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.



Tampilan kedua key dan string tersebut akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Segera setelah anda selesai dengan perubahan di atas, anda akan melihat opsi baru, Check for Updates, ditambahkan ke menu konteks klik kanan desktop. Restart system jika anda tidak melihat opsi baru tersebut. Memilih opsi akan secara otomatis membuka aplikasi Settings dan memicu opsi Check for Updates.


Langkah ini sepenuhnya opsional, tetapi anda dapat membuat daftar menu konteks desktop sedikit lebih baik dengan menambahkan ikon. Untuk menambahkan ikon, pilih tombol Check for Updates, klik kanan pada panel kanan dan pilih opsi New - String Value. dan beri nama dengan Icon.

Klik doble pada string, dan masukkan jalur berikut di bawah di bidang Value Data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

%SystemRoot%\System32\shell32.dll,-47


Hanya itu yang harus dilakukan. Anda akan melihat ikon yang bagus tepat sebelum opsi Check for Updates di menu konteks klik kanan desktop.


Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk menambahkan opsi "Check for Updates" ke menu konteks desktop Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Opsi Check for Updates ke Menu Konteks di Windows"