Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Start Menu Transparan di Windows 10


Windows 10 hadir dengan segudang tools dan opsi yang mudah dipahami yang menjadikannya lebih unggul dari versi Windows sebelumnya. Meskipun tidak dapat disangkal bahwa penampilan Windows 10 sangat indah, masih ada beberapa penyesuaian yang dapat kita terapkan untuk membuatnya terlihat lebih baik. Sebagai contoh, ini memberikan penggunanya kendali terbatas pada tampilan Start Menu, Action Center, dan Start Bar yang transparan.

Sekarang anda mungkin bertanya mengapa anda ingin mengubah Start Menu menjadi lebih transparan. Meskipun ini bukan fitur yang sangat berdampak, meningkatkan transparan pada Start Menu memungkinkan anda membaca teks pada dokumen atau jendela yang terbuka di belakang Start Menu. Itu membuat desktop terlihat di background yang memberikan tampilan yang bagus. Namun, jika wallpaper anda terdiri dari warna-warna gelap, anda mungkin tidak melihat banyak perbedaan. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara menambahkan tampilan visual Windows 10 dengan meningkatkan transparan pada Start Menu.


Opsi 1 : Aktifkan Efek Transparan di Settings

Anda dapat mengubah transparan di Taskbar, Start Menu, dan Action Center dengan mengubah-ubah pengaturan. Transparan untuk ketiga elemen UI ini dikendalikan oleh satu sakelar di aplikasi Settings. Untuk mengelola transparan mereka dalam pengaturan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik tombol Start dan buka Settings di Start Menu.


  • Di jendela Settings yang terbuka pilih Personalization untuk melanjutkan.
  • Klik Colors di panel kiri pada jendela Personalization yang terbuka. Di panel kanan jendela ini klik tombol Transparency effects untuk mengaktifkan tombol ke On.


Catatan: Opsi ini tidak memungkinkan anda memilih seberapa transparan seharusnya Start Menu, juga tidak memungkinkan anda untuk meningkatkan transparan secara selektif dari satu elemen UI sambil meninggalkan warna solid pada elemen lainnya. Namun seperti yang anda lihat itu membuat Taskbar dan Start Menu lebih transparan daripada sebelumnya tapi seperti tidak ada bedanya.

Jika anda ingin lebih meningkatkan transparan pada Menu Start lebih lanjut, anda mungkin ingin mencoba opsi kedua yang melibatkan memanipulasi registry.


Opsi 2 : Tingkatkan transparan Start Menu Melalui Registry Editor

Metode kedua melibatkan kita dalam mengubah key registry untuk menyesuaikan transparan di Start Menu.

Catatan: Opsi ini melibatkan perubahan beberapa value registry, dan ada yang bisa salah jika kehati-hatian tidak dilakukan. Sebelum melakukan perubahan apapun pada registry Windows, pastikan terlebih dahulu membuat backup registry.

Setelah anda membackup registry atau membuat system restore, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak dialog Run. Kemudian ketik regedit dan klik OK atau tekan Enter. Anda akan memerlukan hak admin untuk membuat perubahan pada registry editor.


  • Selanjutnya, navigasikan ke direktori berikut di bawah ini:

HKEY_CURRENT _USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Themes\Personalize

  • Temukan key bernama Enable Transparency. Jika anda ingin mengaktifkan transparan maka doble pada Enable Transparency dan ubah nilai DWORD dari 0 menjadi 1 dan klik OK.


Itu dia. Anda tidak perlu me-restart komputer anda. Faktanya, perubahan akan mulai berlaku begitu anda mengubah nilainya dan tekan OK. Jika anda tidak menyukai hasilnya, anda dapat kembali ke keadaan sebelumnya dengan mengubah transparency value dari 1 ke 0.


Mengubah tampilan yang lebih transparan pada Start Menu Windows 10 mungkin memberikan tampilan yang lebih bagus dan nuansa yang indah. Jadi, ini adalah trik yang bagus untuk dicoba jika anda ingin memiliki kontrol penuh atas penampilan PC Windows 10 anda. Jika anda mengalami masalah saat mengubah transparan Start Menu, anda dapat membaca pembahannya di forum ini atau di forum ini atau beritahu saya di bagian komentar di bawah, dan saya akan dengan senang hati membantu.

Apakah ini membantu anda? Jangan ragu untuk berkomentar dan berbagi di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuat Start Menu Transparan di Windows 10"