Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu USOclient.exe di Windows 10/11 dan Cara Menonaktifkannya


Anda mungkin membaca artikel ini karena anda telah melihat pop-up singkat selama startup Windows 10 atau Windows 11 anda. Cara pop-up USOclient.exe ini muncul saat startup memungkinkan anda bertanya-tanya apakah komputer anda telah mendapatkan infeksi malware. Untuk menghilangkan kekhawatiran anda, alasan pop-up ini adalah karena executable dipanggil oleh task scheduler. Ini sama sekali bukan malware.

Pop-up ini muncul selama beberapa detik dan itu adalah normal, tetapi mungkin ada kasus ketika itu muncul dan tidak segera hilang. Ini biasanya disebabkan oleh bug Update Windows.

Dalam artikel ini fokusnya adalah pada menjelaskan apa itu USOclient dan juga cara menonaktifkannya jika itu diperlukan.


Apa itu USOclient.exe?

USO (Update Session Orchestrator) adalah komponen dari Update Windows. Tujuan utamanya adalah untuk memeriksa update secara otomatis. Jika anda pernah mendengar tentang Windows Update Agent, ini adalah pengganti untuknya di Windows 10 atau Windows 11. Sama seperti fitur yang diganti, ia memiliki tugas utama menjalankan tugas untuk menginstall, menscan, atau melanjutkan update Windows.


Memperhatikan USOclient

Sementara USOclient adalah proses Windows yang sangat sah, malware juga dapat memiliki efek menciptakan pop-up cepat. Meskipun tidak ada malware yang diketahui muncul sebagai USOClient, perlu untuk memeriksa apakah pop-up itu benar-benar disebabkan oleh USOclient.

Untuk memastikan bahwa pop-up disebabkan oleh USOClient, pertama buka task manager anda. Anda dapat melakukan ini dengan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc atau dengan mengklik kanan pada bagian kosong dari taskbar dan memilih opsi task manager.

Di task manager cari usoclient.exe (Service Host: Update Session Orchestrator) dengan menggulir daftar tab Processes. Setelah ditemukan, klik kanan padanya dan pilih opsi Open file location.


Jika lokasi yang terungkap adalah C:\Windows\System32\, anda aman, tetapi jika lokasi berada di bagian lain dari komputer, ada kemungkinan besar anda menghadapi situasi malware. Anda harus menggunakan pemindai yang kuat.



Menonaktifkan USOclient

Pertanyaan yang mungkin ingin anda tanyakan adalah apakah aman untuk men-delete program ini. Saya akan menyarankan hal ini. Men-delete-nya dapat menyebabkan perilaku komputer yang tidak menentu. Dan sebagai alternatifnya, anda dapat menonaktifkan layanan/service tersebut.

Dalam kasus ini, kita akan menggunakan Group Policy Editor untuk menonaktifkan service. Oleh karena itu, jika anda pengguna Windows edisi Home, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu. Setelah itu, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama dibawah ini.
  • Untuk menonaktifkan service, tekan Win + R untuk membuka Run dan ketik gpedit.msc dan tekan Enter.


  • Setelah Local Group Policy Editor terbuka, navigasikan di panel kiri ke lokasi berikut :

Post a Comment for "Apa itu USOclient.exe di Windows 10/11 dan Cara Menonaktifkannya"