Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Mudah Menyempurnakan Tampilan di Windows 10


Anda baru saja membeli monitor baru tetapi tidak yakin dengan opsi terbaik untuk menggunakannya di Windows 10? Tidak masalah, saya akan membantu anda menyempurnakan tampilan/display di system operasi terbaru Microsoft. Untungnya, mulai dari Creators Update Windows 10, Microsoft menambahkan dua pengaturan tampilan baru untuk memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan pada PC atau laptop anda. Saya akan menunjukkan ini kepada anda, di samping beberapa peretasan yang lebih lama.


1. Night Light

Kurangnya warna yang lebih nyaman saat melihat layar komputer anda di malam hari dapat memiliki efek negatif pada waktu alami tubuh anda, sehingga sulit untuk tidur nyenyak di malam hari. iPhone dan banyak perangkat Android memiliki opsi untuk beralih ke warna yang lebih nyaman di malam hari. Dengan Creators Update Windows 10, Microsoft memungkinkan anda untuk membawa cahaya biru pada laptop atau PC anda ke warna yang tidak terlalu parah.


Untuk mengaktifkan pengaturan ini, anda harus menavigasi ke pengaturan Display. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan mengetikkan display settings atau night light di Search bar yang terletak di sudut kiri bawah layar anda. Anda dapat mengaktifkan Night Light secara instan dengan mengklik Turn on now. Windows 10 juga memberi anda opsi untuk menjadwalkan Night Light dari matahari terbenam hingga matahari terbit - berdasarkan lokasi anda - atau berjam-jam dalam sehari, yang dapat anda atur secara manual.



2. Sempurnakan aplikasi lama dengan penskalaan DPI

Beberapa aplikasi lama - dimana pengembang tidak merilis tambalan yang tepat - terlihat buram di layar anda, menurunkan kualitas tampilan anda. Creators Update menambahkan cara baru bagi anda untuk menimpa pengaturan DPI (dots per inch), memaksa aplikasi individual untuk menskala dengan benar pada layar anda.
  • Pilih aplikasi yang ingin anda sesuaikan pengaturan untuk membuat tampilan anda kurang buram.
  • Klik kanan pada ikon mereka dan pilih Properties.
  • Di bawah tab Compatibility, klik Change high DPI settings.
  • Di jendela baru yang muncul beri ceklist pada kotak yang bertuliskan Override high DPI scaling behavior, dan kemudian pilih System (Enhanced) dari menu yang akan melakukan penskalaan untuk anda. Setelah itu klik OK dan OK untuk menyimpan perubahan.




3. Gunakan Resolusi Asli Layar Anda

Ini mungkin terdengar seperti tweak dasar untuk menyempurnakan tampilan anda. Pengaturan ini sudah usang tapi penting. Resolusi asli layar anda memungkinkan anda untuk melihat semuanya secara terperinci pada pengaturan maksimum monitor anda. Ketika resolusinya lebih rendah, semua ikon, gambar, dan video dapat menjadi buram, dan kualitas semuanya menurun. Untuk memastikan anda menggunakan resolusi asli anda, navigasikan ke pengaturan Display dan pilih opsi di Display resolution yang direkomendasikan (Recommended ditulis dalam tanda kurung).



4. Skala Ukuran Aplikasi, Teks dan Ikon

Banyak pengguna Windows tidak puas dengan ukuran teks di system operasi. Banyak dari mereka kesulitan membaca teks. Untuk memastikan kepuasan anda, anda perlu mengukur ukuran teks, aplikasi dan ikon. Anda perlu menuju ke pengaturan Display dan menemukan opsi dimana anda dapat meningkatkan ukuran teks, aplikasi, dan ikon. Pilih rasio pilihan anda dari menu drop-down dan anda siap!


Anda juga dapat mengakses Advanced scaling settings dan mengubah prosentase ukuran aplikasi, teks dan ikonnya sesuai keinginan anda. Jangan lupa klik Apply untuk menerapkannya.



Windows 10 hadir dengan banyak pilihan bagi anda untuk menyempurnakan tampilan anda. Cobalah dan dapatkan pengalaman menonton terbaik dari monitor anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat anda. Jangan lupa berikan komentar anda untuk berbagi pengalaman dalam pengaturan tampilan yang lebih nyaman untuk anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "4 Langkah Mudah Menyempurnakan Tampilan di Windows 10"