Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Instalasi Windows Not Genuine dan Cara Mengatasinya


Saat menggunakan system operasi Windows, anda mungkin terganggu dengan pesan yang menyatakan bahwa Windows anda "Not Genuine (tidak asli)." Jika anda menggunakan versi Windows yang lebih lama, desktop dapat berubah menjadi hitam, sebuah pesan kecil di kanan bawah akan memperingatkan anda itu Not genuine, dan anda akan dikunci dari melihat properties system. Dalam hal ini anda mungkin tertarik pada cara memperbaiki Windows not genuine error. Jika ini terjadi pada anda, ada beberapa alasan ini bisa terjadi.
  1. Anda menggunakan salinan Windows yang anda download dari Internet secara gratis.
  2. Anda membeli PC atau product key Windows dari penjual, dan pesan error telah muncul sejak booting pertama.
  3. Anda membeli dan menggunakan salinan Windows asli, tetapi tiba-tiba itu di klaim not genuine atau tidak asli.
  4. Hardware komputer berubah dalam beberapa cara.
Memperbaiki error Windows is not genuine tergantung pada kategori mana yang anda ikuti.

1. Jika Anda Mendownload Windows dari Internet

Salah satu cara mendapatkan pesan error ini adalah jika anda berhasil mendownload salinan Windows dari Internet tanpa membayar. Anda mungkin pernah melihat artikel atau tautan iklan yang bisa anda peroleh dengan system operasi Windows "gratis," dan menyukai anda munyukai itu. Sayangnya, walaupun salinan Windows gratis terdengar bagus, ini merupakan pembajakan software!

Metode apapun yang mengklaim anda dapat melakukannya adalah ilegal, dan karenanya, salinan Windows yang anda download akan diklaim "not genuine" oleh Microsoft karena anda tidak membelinya. Ini mirip dengan ketika orang mendownload film atau game dari Internet secara gratis. Dengan demikian, ini bukan situasi ideal untuk berada.

Apa Yang Harus di Lakukan?

Jika anda berada dalam situasi ini, jalur tindakan apa yang dapat anda ambil untuk memperbaikinya?
Untuk yang pertama, anda masih belum terlambat untuk membeli salinan Windows yang sah. Anda dapat membeli system operasi baik dari toko komputer favorit anda dalam bentuk CD atau USB drive atau membeli lisensinya melalui Microsoft store. Setelah dibeli, anda dapat menggunakan lisensi tersebut untuk memvalidasi salinan Windows anda yang not genuine tersebut. Ini akan memperbaiki pesan error Windows not genuine untuk selamanya.

Sayangnya, key Windows tidak terlalu murah; untuk Windows 10 mereka biasanya menjual >Rp.2,5 juta. Banyak pengguna yang menggunakan aktivator untuk mengatasinya, namun sayangnya itu akan rentan terhadap serangan virus dan ancaman lainnya, jadi saya sarankan untuk membeli product key yang asli dari Microsoft.


Jika anda menggunakan system operasi yang lebih lama dari Windows 10, anda mungkin dapat mempersenjatai kembali lisensi sehingga anda dapat terus menggunakannya. Untuk melakukan ini, buka command prompt dan ketikkan slmgr -rearm di dalamnya. Akan tetapi, berhati-hatilah - ini hanya akan mengaktifkan kembali Windows selama 30 hari, dan anda hanya dapat melakukannya tiga kali, jadi gunakan ini hanya sebagai solusi sementara untuk memperbaiki pesan error Windows not genuine.


2. Jika Anda Membeli Komputer atau Product Key Dengan Pesan Error.


Kadang-kadang, anda membeli komputer secara legal dengan Windows yang sudah di instal didalamnya, atau anda membeli product key Windows dari dealer atau secara online. Ketika anda menggunakannya, anda mengetahui bahwa Windows ditandai sebagai not genuine. Ini sangat menyakitkan, karena anda merasa tertipu karena menemukan bahwa itu palsu.

Apa Yang Harus di Lakukan?

Pertama, hubungi penjual yang menjual komputer atau product key itu kepada anda. Semoga saja ada kesalahan dalam transaksi, dan orang yang menjual produk kepada anda akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki masalah. Jika anda membeli PC desktop atau laptop yang sudah di instal Windows, cobalah periksa apakan sudah di aktivasi atau belum. Lihat di System properties atau di comand prompt ketik slmgr /xpr dan Enter. Jika belum, sebaiknya anda langsung mengaktivasinya atau meminta mereka untuk melakukannya jika anda tidak paham.


Namun, jika anda yakin mereka sengaja menjual salinan Windows palsu kepada anda, anda dapat melaporkannya ke pihak terkait. Jika anda membeli produk menggunakan PayPal (seperti di eBay), anda dapat membantah pembelian dalam waktu 45 hari setelah membelinya dan mendapatkan uang anda kembali.


3. Jika Salinan Windows Anda Asli Tetapi Tiba-Tiba Berubah

Terkadang, salinan Windows yang anda tahu asli tiba-tiba diklaim itu not genuine. Jika ini yang anda alami, pertama-tama pastikan bahwa anda belum mengganti hardware apapun di dalam PC anda. Jika sudah, berarti anda harus membeli kembali product key Windows yang baru. Jika tidak, lihat apakah tips-tips berikut berhasil memperbaiki pesan error Windows not genuine.

Apa Yang Harus di Lakukan?

Pertama-tama, memeriksa lisensi dapat memperbaiki Windows Windows not genuine. Anda dapat memeriksanya dengan mengklik kanan This PC di File Explorer dan mengklik Properties, lalu periksa Windows activation di bagian bawah.


Terkadang anda akan diberitahu apa yang salah dengan lisensi sehingga anda dapat memperbaikinya. Kadang-kadang hanya memeriksa layar ini kemudian mereset PC anda dapat memperbaiki gangguan dalam system lisensi.

Jika ini tidak berhasil, periksa apakah Plug and Play policy mengganggu lisensi anda. Microsoft telah merinci langkah-langkah yang perlu anda ambil untuk memperbaikinya DISINI.

Dalam beberapa kasus, hasil dari virus yang menginfeksi komputer anda dapat merusak lisensi. Pastikan komputer anda bebas virus dan malware dengan menjalankan antivirus favorit anda di PC. Semoga, jika ada virus ditemukan dan dihapus, dapat memperbaiki masalah tersebut.

Jika ini tidak berhasil, taruhan terbaik anda mungkin mengaktifkan kembali PC anda. Temukan product key Windows anda (dan jika anda tidak menemukan, anda membaca Cara Memulihkan Product Key Windows Anda). Jika tidak lakukan proses aktivasi resmi atau hubungi dukungan Microsoft dan beritahu mereka tentang kesulitan anda. Untuk


4. Jika Anda Mengubah Hardware di PC Anda


Kadang-kadang setelah anda mengubah komponen kunci dalam komputer anda, anda akan disambut dengan pesan error Windows is not genuine, meskipun faktanya itu asli sebelumnya. Apa yang mungkin terjadi disini adalah bahwa key Windows PC anda adalah key OEM (Original Equipment Manufacturer). Key-key ini tidak seperti retail key biasa, karena hanya berlaku untuk PC tempat mereka menginstalnya. Akibatnya, mereka lebih murah untuk digunakan oleh produsen komputer. Segera setelah lisensi mendeteksi telah terjadi perubahan komputer, keynya menjadi tidak valid. Karena anda telah mengubah harware internal di dalam PC, lisensi anda menganggapnya ada di komputer lain dan menjadikan key tidak valid lagi.

Apa Yang Harus di Lakukan?

Pertama-tama, anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah anda akan sering mengganti hardware atau tidak. Jika demikian, anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli retail key Windows. Ini memungkinkan anda untuk memodifikasi hardware di dalam PC anda tanpa lisensi yang kedaluwarsa.

Jika anda lebih suka tidak membayar salinan Windows, jangan khawatir dulu. Anda dapat menghubungi dukungan Microsoft dan memberitahu mereka apa yang terjadi dan apa yang anda ubah pada PC anda. Jika mereka menganggap kasus anda valid, mereka akan membantu anda mengaktifkan kembali salinan Windows anda.

Jika anda menggunakan Windows 10, anda dapat menghindari keharusan menghubungi dukungan pelanggan lain kali dengan menautkan lisensi anda ke akun Microsoft anda. Kemudian, ketika anda mengganti hardware dan Windows memberikan pesan errornya, anda dapat memperbaikinya dengan mengklik beberapa tombol. Tentu saja, anda perlu menautkan lisensi anda sebelum anda mengubah hardware anda! Pastikan untuk membaca panduan Microsoft tentang topik ini sehingga anda tidak perlu mengulanginya lagi.


Pesan error Windows is not genuine selalu terdengar seperti system operasi bajakan. Kadang-kadang pengguna dengan lisensi asli yang bermaksud baik hanya ingin mengganti hardware akan mendapat pesan error yang sama. Sekarang anda tahu cara mengatasi dan memperbaiki pesan error Windows is not genuine jika mereka muncul untuk anda.

Apakah anda menggunakan product key asli Windows? Pernahkah anda mendapatkan pesan error Windows is not genuine walau sebenarnya key yang anda miliki asli? Beritahu saya kisah anda (dan perbaikannya!) di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Mengapa Instalasi Windows Not Genuine dan Cara Mengatasinya"