Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terbaik Memperbaiki Download Pending Error di Google Play Store


Apa reaksi pertama anda ketika anda melihat pesan "download pending error" saat memasang aplikasi dari Play Store? Dan jika anda sangat membutuhkan aplikasi tersebut, error ini bisa sangat membuat frustrasi. Dalam situasi seperti itu, dorongan pertama kita adalah menyalahkan segalanya pada koneksi internet yang buruk. Memang, masalah lebih sering dihadapi saat menggunakan Wi-Fi publik, di jaringan roaming, dan dengan kartu SIM traveler di luar negeri.

Google merekomendasikan memiliki jaringan Wi-Fi atau operator yang kuat untuk mendownload aplikasi Play store. Namun, dalam banyak kasus, bukan kecepatan internet yang merupakan masalah sebenarnya. Anda juga tidak perlu merestart ponsel atau tablet Android anda atau dengan gugup mencari penyedia Wi-Fi lainnya. Ada cara yang lebih tenang dan lebih mudah untuk memastikan bahwa anda dapat mulai mendownload aplikasi yang anda inginkan dalam situasi mendesak.



Aktifkan Penggunaan Data Latar Belakang

Ada kemungkinan besar bahwa aplikasi Google Play Store di ponsel anda saat ini tidak diatur untuk memiliki akses data tidak terbatas di latar belakang. Ini tidak berarti bahwa download tidak akan terjadi di latar belakang, tetapi dalam beberapa kasus hal itu dapat menyebabkan penahanan yang tidak terduga.

Jadi untuk mengatasi masalah ini, buka Settings - Data usage - Data Saver - Unrestricted data. Kemudian gulir ke bawah hingga anda mencapai Google Play Store, dan ketuk slider di sebelahnya sehingga berwarna biru dan aktif. Untuk android versi lama buka Settings - Data usage - geser kebawah sampai Google Play Store, ketuk padanya dan hilangkan ceklist pada Restrict bagground data. Itu seharusnya cukup untuk membuat latar belakang berjalan kembali, dan menyingkirkan pesan Download Pending yang membuat frustrasi.


Jika itu tidak cukup memotongnya, maka jangan khawatir. Ada banyak solusi yang dapat anda baca di bawah ini.


Hentikan Update Otomatis dan Instalasi yang Pending (Tertunda)

Gagasan dasar di balik download pending error adalah bahwa Google memprioritaskan update dan instalasi di latar belakang untuk update yang lebih baru. Jelas, untuk mengizinkan update, proses sebelumnya harus dihentikan terlebih dahulu. Segera setelah selesai, Aanda dapat kembali menginstal aplikasi yang anda tuju sekali lagi.

Pada aplikasi Play Store klik ikon dengan tiga garis kecil (☰), diikuti oleh My apps & games. Disini, anda dapat menghentikan update otomatis dan instalasi yang tertunda dengan menggetuk tombol STOP.


Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi karena banyak dari kita merasa bahwa update otomatis membebaskan kita dari menunggu fitur baru, perbaikan bug dan patch keamanan. Kuncinya adalah selektif tentang aplikasi yang membutuhkan update otomatis. Anda tidak benar-benar harus memulai Gmail atau YouTube dari Layanan Google Play, apalagi update otomatis mereka memungkinkan menggunakan memori yang berharga. Sederhana bukan?

Untuk mengosongkan ruang di Android, selalu merupakan ide bagus untuk menonaktifkan update otomatis dan mencari update manual.


Bersihkan Kekacauan Penyimpanan

Jika menghapus antrian tidak berfungsi, anda mungkin melihat masalah perangkat dan versi Play Store. Biasanya, jika ada lebih sedikit ruang kosong, itu dapat mengganggu download aplikasi. Sebagai langkah pencegahan, pergi ke Settings diikuti oleh Storage atau Penyimpanan, dan periksa masalah "Penyimpanan" perangkat anda. Anda juga dapat menghapus cache.


Ada baiknya menghapus kelebihan aplikasi atau bloatware yang mungkin menyebabkan perangkat anda bertindak aneh. Secara opsional, anda dapat menghentikan paksa aplikasi Google Play Store dan memulainya sekali lagi.


Terkadang SD card dapat menyebabkan masalah download di Play Store jika belum diatur dengan benar. Dalam kasus seperti itu, keluarkan SD card dan masukkan kembali. Namun, jika rusak, segera hentikan penggunaan SD card. Anda tidak benar-benar membutuhkannya untuk mendownload di Play Store.


Lewati Download Pending Error dengan Tweak ini

Download pending error  yang tertunda selalu dapat diatasi sekaligus dengan menghapus aplikasi Play Store. Jangan kawatir, anda dapat mengunjungi situs web Play Store resmi di browser ponsel anda dan masuk dengan akun Google anda untuk mengakses aplikasi.


Setelah memilih aplikasi di jendela browser, anda harus memilih model perangkat anda. Anda dapat memeriksa nanti jika aplikasi berhasil didownload di perangkat.


Jika Semuanya Masih Gagal, Coba Cara Ini

Jika anda merasa sangat tidak beruntung, berikut adalah salah satu metode terakhir untuk dicoba, boleh dibilang cara halus dari factory reset (pengaturan ulang pabrik). Mungkin anda me-restart telepon anda beberapa kali, mengosongkan cache, dan memeriksa kartu SD, tetapi tidak ada yang berhasil. Dalam situasi yang tidak biasa, anda selalu dapat menghapus Akun Google anda yang terkait dengan Play Store dan menambahkannya kembali sekali lagi.

Cukup kunjungi akun Google anda, pilih akun anda, dan klik Remove account. Buka Setting - Accounts - Google - pilih akun - klik titik tiga dan klik Remove account.


Setelah lima menit, anda dapat menambahkan akun baru untuk disinkronkan dengan Play Store dan mulai download sekali lagi.


Semua metode yang dibahas dalam tutorial ini adalah solusi yang dicoba dan diuji yang berasal dari situs web Bantuan Google Play. Selain itu, anda juga dapat memilih untuk memperbaiki masalah sendiri jika anda memiliki izin untuk me-root perangkat anda.

Apakah anda tahu metode lain untuk menyelesaikan download pending error yang umum ini di Play Store? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Terbaik Memperbaiki Download Pending Error di Google Play Store"