Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Set Alarm dan Timer di Windows 10/11


Apakah anda menggunakan komputer begitu banyak sehingga anda sering lupa tentang acara di luar? Jika anda selalu terlambat menghadiri acara, melewatkan acara TV, dan lupa melakukan satu hal “dalam 30 menit,” mengapa tidak membuat PC anda memberi tahu anda ketika waktunya tiba?

Windows telah memiliki aplikasi timer dan alarm yang kuat untuk waktu yang lama, tetapi sering diabaikan oleh pengguna. Windows 10 atau Windows 11 membuatnya jauh lebih mudah untuk memulai pengatur waktu, berkat Cortana dan Start menu yang lebih canggih. Jika anda ingin cara cepat dan mudah untuk mengatur timer, cobalah trik ini di Windows 10 atau Windows 11 agar anda tetap di jalur.


1. Masuk ke Aplikasi Alarms & Clock

Jika anda ingin melihat semua aplikasi Alarms & Clock yang ditawarkan, pertama-tama klik tombol Start, kemudian temukan Alarms & Clock di menu sebelah kanan. Jika anda tidak dapat menemukannya, anda juga dapat mengetik alarm saat Start menu terbuka. Ketika aplikasi muncul, klik doble di atasnya atau tekan tombol Enter untuk membukanya.



2. Menggunakan Alarm

Aplikasi Alarms & Clock memiliki beberapa kategori. Alarm adalah yang terbaik ketika anda ingin peringatan terjadi pada waktu tertentu pada hari-hari tertentu. Anda dapat membuat alarm baru dengan mengklik tombol plus (+) di kanan bawah. Anda dapat mengatur waktu, nama, seberapa sering mengulangi, suara yang dihasilkan ketika padam, dan berapa banyak waktu untuk ditambahkan jika anda menekan tombol snooze. Jika sudah klik Save.



3. Menggunakan Timer

Saat Alarm berbunyi pada waktu yang ditentukan sebelumnya, Timer pada dasarnya menghitung mundur. Jika anda mengklik tombol plus (+), anda dapat mengatur timer dan menamainya. Ini memudahkan anda mengatur timer untuk sesuatu yang sering anda lakukan; misalnya, ingat untuk mengeluarkan cucian setelah selesai. Setelah dibuat, klik tombol putar dan penghitung waktu akan menghitung mundur. Jangan ragu untuk menutup aplikasi setelah anda melakukan ini; Windows 10 atau Windows 11 akan mengingat Timer anda dan memberi tahu anda saat kedaluwarsa.



4. Shortcut melalui Start Menu

Jika anda tidak ingin menavigasi menu ini setiap kali anda ingin menyetel timer atau alarm, ada cara untuk mempercepat sedikit. Anda dapat menggunakan Start menu untuk mengatur timer tanpa membuka aplikasi. Misalnya, jika anda ingin mengatur timer selama sepuluh menit, tekan tombol Start dan ketik "set timer for 10 menit."


Ketika anda menekan tombol Enter atau mengklik hasilnya, timer akan dimulai selama sepuluh menit. Ini adalah alarm satu kali yang tidak akan berulang atau disimpan, yang membuat cara yang baik untuk membuat timer sekali pakai.


Jika anda tidak ingin menetapkan hitungan mundur tetapi ingin alarm berbunyi pada waktu tertentu, anda juga dapat membuat shortcut ini. Jika anda ingin mengatur alarm untuk jam 6 sore, ketik "set an alarm for 6 pm" dan tekan tombol Enter.

Ini akan membuat alarm satu kali untuk jam 6 sore, yang sangat berguna untuk kejadian sesekali. Anda dapat memodifikasi kalimat ini dengan "on Mondays" atau "everyday" untuk alarm berulang sebagai gantinya.


5. Menggunakan Cortana

Jika anda memiliki Cortana aktif dan mendengarkan, anda dapat menggunakannya sebagai ganti Start menu. Cukup aktifkan Cortana (Win + C) dan ucapkan dengan keras “set timer for 20 minutes” atau “set an alarm for 6pm,” dan Cortana akan melakukan sisanya! Ini membuat cara mudah untuk memulai hitungan mundur saat anda melakukan hal lain.


Jika ide komputer anda mengingatkan anda untuk melakukan hal-hal yang terdengar menarik, Windows 10 memiliki stok aplikasi yang hebat yang dapat melakukan hal itu. Bahkan lebih baik, dengan Start menu dan pintasan Cortana, anda bahkan tidak perlu membuka aplikasi untuk mendapatkan hasil maksimal dari itu. Sekarang anda tahu cara cepat dan mudah untuk membuat pengatur waktu.

Apakah anda membutuhkan timer dalam kehidupan sehari-hari anda? Dan apakah timer pada Windows 10 atau Windows 11 anda bekerja dengan baik? Beri tahu saya di kolom komentar di bawah ini! Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Set Alarm dan Timer di Windows 10/11"