Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Autoplay Video di Chrome dan Firefox


Salah satu hal menjengkelkan yang berkorelasi dengan Internet yang semakin cepat adalah peningkatan jumlah situs web yang menganggap tidak masalah untuk memutar video secara otomatis (sering kali dengan suara!) segera setelah anda mendarat di beranda sebuah website. Kadang-kadang video diam-diam dicentang di sudut layar, di lain waktu merekamenjadi sangat menjengkelkan di wajah anda, tetapi intinya adalah anda harus dapat mengontrol apakah anda melihatnya atau tidak. Chrome dan Firefox keduanya cukup liberal dengan kebijakan autoplay/putar otomatisnya secara default, jadi anda mungkin perlu melakukan sedikit penyesuaian untuk menonaktifkannya.

Saya akan menunjukkan bagaimana caranya pada panduan berikut ini.


Nonaktifkan Autoplay Video di Chrome

Kebijakan putar Autoplay Chrome telah melalui banyak perubahan akhir-akhir ini, dan sedikit membingungkan sekarang untuk mengetahui dimana mereka berada. Mereka berbicara di awal tahun tentang penerapan kebijakan autoplay yang lebih ketat, tetapi kemudian mereka memutar kembali kebijakan tersebut setelah pengembang indie game HTML5 mengeluh bahwa kebijakan ini berdampak buruk pada pendapatan mereka.

Kebijakan baru yang diterapkan mulai dari Chrome 66 mengaturan sederhana tentang autoplay ini. Sebagai gantinya Google Chrome akan mempelajari perilaku anda pada setiap website yang anda kunjungi dan memungkinkan autoplay di jalankan atau tidak. Autoplay akan bekerja di website tempat anda memutar media dengan suara selama sebagian besar kunjungan anda, dan menonaktifkannya di website dimana anda tidak melakukannya.

Notes : Cara menonaktifkan Autoplay pada Chrome dengan menuju ke link chrome://flags/#autoplay-policy dan memilih Document user activation is required dari menu drop-down, tidak efektif lagi!!!

Langkah yang baik agar chrome menerapkan Autoplay di nonaktifkan pada sebuah website adalah dengan membisukan suara pada setiap website yang (sering) anda kunjungi.

Anda dapat pergi ke jalur  chrome://settings/content/sound dan nonaktifkan tombol Allow sites to play sound (recommended). Atau anda dapat memasukan website dalam daftar Mute.


Atau anda dapat klik kanan pada tab website tersebut dan pilih Mute site dari daftar.


Cara ini sudah saya coba di website CNN yang bianya menjalankan autoplay pada video barunya. Setelah beberapa kali refresh pada website dengan Mute site, video yang biasanya muncul di pojok kanan bawah menghilang.


Kontrol Pemutaran Video Flash di Chrome

Video flash dinonaktifkan secara default di Chrome (browser akan bertanya apakah anda ingin memutar video terlebih dahulu). Namun, anda dapat menyempurnakan situs mana yang akan diblokir dan mengizinkan pemutaran video Flash dengan mengeklik tanda gembok di address bar saat anda berada di situs dengan video Flash.

Setelah anda mengklik tanda gembok, klik Site settings, lalu klik tombol dropdown di sebelah Flash dan pilih Ask, Allow atau Block sebagaimana diperlukan.


Ini memungkinkan anda menetapkan aturan absolut berdasarkan situs web, sehingga video dapat diputar ulang pada orang yang anda percayai atau langsung diblokir pada orang yang tidak anda miliki. Saat anda melakukannya, saat berada disini, anda dapat memblokir dan mengizinkan berbagai hal di situs web, seperti suara sial yang kadang mengejutkan itu.


Gunakan Ekstensi AutoplayStopper

AutoplayStopper adalah ekstensi kecil dan ringan dengan pengguna lebih dari 41,951 saat menulis ini dan ekstensi ini melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menghentikan video dari pemutaran otomatis. Yang bagus adalah, setelah anda menginstal ekstensi, ekstensi ini langsung mulai memblokir autoplay video apakah tab aktif atau tidak dan tidak meperlukan konfigurasi apapun dari anda.



Nonaktifkan Autoplay Video di Firefox

Firefox Quantum mengalami perubahan ketika diluncurkan tahun lalu, dan ini termasuk cara yang sedikit berbeda untuk mencegah video diputar secara otomatis di browser.

Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah pergi ke about:config di addres bar Firefox, dan ketik media.autoplay ke dalam kotak pencariannya.

Preferensi media.autoplay.default akan muncul, dan nilainya harus "0," yang akan memungkinkan pemutaran video secara otomatis. Klik doble padanya  dan ubah ke salah satu nomor yang berikut:

  • 1 : Blokir semua Autoplay video.
  • 2 : Ditanyakan berdasarkan domain tentang apakah memutar video secara otomatis atau tidak.



Ini adalah waktu yang berubah-ubah untuk memutar video secara online, karena Chrome dan Firefox mencari cara terbaik untuk memastikan pengalaman menonton web tidak terganggu. Mereka belum mendapatkan keseimbangan saat ini, karena itu kita masih perlu menggali di bawah pengaturan browser mereka untuk memblokir konten video yang mengganggu, tetapi setidaknya pilihan ada disana, dan dalam jangka panjang itu adalah sesuatu yang sedang dikerjakan oleh raksasa browser.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dikolom komentar dibawah ini untuk membagi pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Nonaktifkan Autoplay Video di Chrome dan Firefox"