Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Mobile Hotspot di Windows 10/11


Di Windows 10 atau Windows 11, agar perangkat lain dapat terhubung dengan jaringan internet, kita dapat membagikan konektifitas dari PC kita dengan menggunakan WiFi hotspot. Metode ini memang berfungsi dengan baik, namun dimulai dengan Windows 10, Microsoft  memperkenalkan metode baru dengan cara yang lebih mudah untuk membuat mobile hotspot. Dengan semua opsi yang tersedia pada settings Windows 10 atau Windows 11, hal ini jauh menjadi lebih mudah untuk menjalankan hotspot.


1. Menyiapkan Hotspot

Jika anda menggunakan Windows 10 versi update Anniversary Edition dan diatasnya, anda pasti senang melakukannya. Untuk memulai, klik tombol Start dan kemudian klik Settings di sebelah kiri layar anda. Anda juga dapat menekan tombol Win + I untuk membuka Settings.


Di Settings klik Network & Internet kemudian pilih Mobile hotspot di panel sebelah kiri. Ada banyak opsi untuk digunakan di halaman ini, jadi mari kita telusuri satu per satu.



Tombol Share (Untuk Mengaktifkan)
Di bagian paling atas anda akan menemukan tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan hotspot. Di Windows 10, tombol ini bernama Share my internet connection with my other device, sementara di Windows 11 bernam Mobile Hotspot. Ini akan memungkinkan komputer dan perangkat lain untuk terhubung ke komputer kita ketika diaktifkan. Tentu saja, ketika anda tidak menggunakan hotspot, pastikan untuk menonaktifkannya untuk menghemat daya dan menghentikan orang lain menggunakan Internet anda tanpa anda sadari.

Tombol Share My Internet Connection From
Tombol ini memungkinkan anda memilih adapter yang ingin anda bagikan di hotspot. Jika komputer anda dapat terhubung ke Internet menggunakan WiFi dan Ethernet, ini memungkinkan anda untuk beralih mana yang ingin anda bagikan. Jika anda hanya menggunakan satu cara untuk terhubung ke Internet, anda tidak perlu terlalu khawatir tentang opsi ini.

Tombol Detail Jaringan dan Tombol Edit atau Properties
Disinilah nama jaringan dan password anda ditampilkan dan juga termasuk tombol tempat anda dapat mengubah detail ini. Di Windows 11, opsi ini dapat anda temukan di bagian Properties. Ini selalu merupakan ide yang baik untuk hanya membagikan jaringan yang dilindungi assword dan memastikan password cukup kuat untuk menghindari serangan di tempat umum. Selain itu, pastikan jaringan memiliki nama yang mudah diidentifikasi sehingga anda (atau orang lain) dapat menemukan jaringan dengan mudah.

Opsi Turn On Remotely (Windows 10)
Ini memungkinkan anda untuk mengaktifkan WiFi hotspot melalui perangkat Windows 10 lain jika komputer anda di-pair melalui Bluetooth. Jika anda memiliki ponsel atau tablet Windows 10 dengan fungsi Bluetooth, anda dapat mem-pair-nya dengan komputer anda untuk menggunakan WiFi bukannya data seluler.

Share Over (Windows 11)
Berikutnya adalah Share Over. Ini adalah opsi dimana anda harus memilih bagaimana anda akan berbagi koneksi. Biasanya anda akan baik-baik saja dengan Wi-Fi, tetapi anda dapat menggunakan Bluetooth atau Ethernet jika itu terhubung.


2. Mengaktifkan dan Mengakses Hotspot

Sebelum mengaktifkan hotspot, telusuri detail seperti dijelaskan di atas dan pastikan semuanya beres. Saat semuanya sudah siap, aktifkan hotspot melalui tombol geser di bagian paling atas.

Sekarang komputer anda akan dibagikan ke setiap perangkat dalam jangkauan. Sejauh menghubungkan perangkat, itu mirip dengan bagaimana anda terhubung ke router WiFi biasa. Cukup temukan jaringan WiFi di perangkat yang ingin anda sambungkan dan akses dengan menggunakan password yang sudah anda atur sebelumnya.

Di komputer anda, anda dapat mengawasi siapa saja yang terhubung dengannya di layar hotspot. Cari saja bagian "connected devices" untuk melihat siapa yang menggunakan hotspot anda. Anda juga dapat melihat jumlah maksimum perangkat yang dapat anda hubungkan ke hotspot anda pada waktu tertentu.



3. Mengubah Antara 2.4GHz dan 5GHz

Ketika anda mengaktifkan hotspot anda mungkin menemukan pesan error yang mengatakan hal berikut, seperti gambar dibawah.


Ini pada dasarnya berarti bahwa hotspot anda tidak akan dapat diakses oleh perangkat yang tidak dapat terhubung melalui jaringan 5GHz. Jika anda mencoba mencari hotspot dengan perangkat, dan itu tidak muncul di daftar koneksi WiFi yang tersedia, perangkat anda mungkin tidak mendukung jaringan 5GHz. Dalam hal ini kita akan memaksa hotspot untuk menggunakan jaringan pada 2.4GHz, sehingga perangkat dapat mengidentifikasi dan terhubung ke komputer.

Untuk memperbaiki masalah ini gulir ke bawah pada halaman hotspot dan klik Change adapter options.


Klik kanan adaptor jaringan anda dan klik Properties.


Klik Configure pada popup yang muncul.


Di jendela yang muncul, buka tab Advanced, cari Preferred band di kotak sebelah kiri dan atur ini ke Prefer 2.4GHz band di kotak sebelah kanan. Jika sudah, klik OK di semua jendela untuk menyimpan perubahan.


Adapter anda akan restart sendiri untuk menerapkan perubahan. Anda mungkin perlu menyambung kembali ke sumber Internet anda dan mengaktifkan kembali hotspot setelah selesai restart. Setelah hotspot anda berjalan lagi, perangkat yang hanya mendukung 2.4GHz harus dapat terhubung.

Jika anda memerlukan WiFi hotspot yang diatur dengan cepat dan mudah, anda dapat mengonversi mesin Windows 10 atau Windows 11 anda untuk mendukung koneksi WiFi, dan sekarang anda tahu cara mengatur hotspot, bagaimana menggunakannya, dan bagaimana mendukung perangkat yang hanya dapat menangkap jaringan 2.4GHz.

Apakah anda selalu menggunakan komputer anda sebagai hotspot? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Mobile Hotspot di Windows 10/11"