Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Produktivitas Dengan Tweak Mouse Sederhana ini di Windows


Perangkat navigasi, seperti mouse, sangat penting untuk menggunakan PC anda, tetapi selain mendapatkan mouse yang baik, apakah anda tahu bahwa Windows hadir dengan banyak pilihan bagi anda untuk menyesuaikan dan meningkatkan pengalaman mouse anda? Apakah anda memiliki mouse gaming atau mouse optik standar, membuat beberapa tweak dapat membantu anda menjadi lebih produktif, atau setidaknya, memiliki pengalaman yang lebih nyaman.

Postingan ini akan berbagi beberapa tweak mouse Windows 10 dan Windows 11 sederhana untuk mendapatkan hasil terbaik.


Sesuaikan Properties Mouse di Windows 10/11

Sebagian besar pengaturan mouse tersedia di bagian  Mouse Properties. Untuk mengaksesnya, tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run. Ketik main.cpl dan tekan Enter.  Mouse Properties akan terbuka, dan anda akan melihat banyak tab di atas untuk mengonfigurasi.


Buttons

Di tab Buttons anda harus terlebih dahulu menyesuaikan kecepatan klik doble (Double-click speed)  sesuai kebutuhan anda. Kecepatan yang lebih lambat akan memastikan klik doble anda tidak terlewatkan, dan kecepatan yang lebih cepat akan menghindari klik doble yang tidak disengaja. Saya pribadi lebih suka itu lebih lambat karena saya jarang melakukan klik doble yang tidak disengaja, dan saya juga tidak mengganti nama file dengan klik tertunda. Pindahkan penggeser dan klik dua kali pada ikon folder di samping opsi ini untuk menguji dan menemukan tempat yang sempurna.


Anda juga akan melihat opsi Click Lock di tab ini. Opsi ini memungkinkan anda menyeret atau menyorot konten tanpa harus menahan klik mouse. Mungkin berguna jika anda sering menyorot teks yang panjang, tapi saya merasa agak menjengkelkan, karena terus menyeret konten secara tidak sengaja. Cobalah, mungkin bekerja lebih baik untuk anda.


Pointers

Anda perlu menyesuaikan skema kursor mouse. Sementara kebanyakan orang lebih memilih skema default, saya sarankan anda memberikan skema Windows Inverted sebuah percobaan. Ini menjadikan penunjuk tetikus dinamis sebagai pengganti warna hitam atau putih standar. Anda juga dapat mengganti model kursor seseuai dengan selera anda.


Pada dasarnya, kursor akan menambahkan warna terbalik ke latar belakang yang dilaluinya. Misalnya, jika latar belakang berwarna kuning, kursor akan menjadi biru. Jika latar belakang putih, kursor akan menjadi hitam. Semua ini terjadi dalam waktu nyata. Menggunakan skema Terbalik, saya tidak pernah memiliki masalah menemukan kursor mouse saya.


Pointer Options

Ada banyak opsi untuk tweak disini. Di bagian Motion, sesuaikan kecepatan gerakan kursor mouse saat anda menggeser mouse yang sebenarnya. Saya lebih suka kecepatan yang lebih cepat, dan biasanya membutuhkan beberapa jam penggunaan untuk membiasakannya. Namun, anda juga dapat memperlambatnya jika anda kesulitan mengontrol kursor mouse. Meskipun, anda harus memastikan opsi Enhance Pointer precision diaktifkan, karena secara dramatis meningkatkan akurasi penunjuk mouse.


Anda juga harus mengaktifkan opsi di bagian Snap to, karena secara otomatis memindahkan pointer ke tombol default ketika dialog muncul. Ini akan menghemat separuh hingga detik yang anda buang dalam mencapai tombol dialog dengan pointer atau meraih keyboard untuk memilih opsi yang tepat.


Anda tidak perlu mengubah bagian Visibilitas jika anda menggunakan skema Windows Terbalik, karena sudah menawarkan visibilitas yang luar biasa. Jika anda ingin lebih banyak visibilitas, maka memungkinkan jejak pointer dan pencari Ctrl key kursor akan membantu.



Wheel

Anda dapat menyesuaikan kecepatan gulir vertikal dan horizontal roda mouse. Standarnya adalah tiga baris per notch. Jika anda ingin bergulir lebih cepat, maka saya merekomendasikan lima baris yang saat ini saya gunakan. Ini memastikan bergulir lebih cepat tanpa kebingungan. Apapun di atas lima bisa menimbulkan kebingungan. Cobalah untuk tidak mengaktifkan opsi One screen at a time, karena anda akan kesulitan menggulir lebih sedikit konten. Selain itu, anda dapat menggunakan tombol Spasi untuk melompat satu layar dalam satu waktu jika diperlukan.



Aktifkan Kontrol Mouse Dengan Keyboard

Windows memungkinkan anda mengontrol kursor mouse dengan keyboard, yang sangat berguna ketika anda tidak memiliki akses ke mouse. Hal lain yang banyak orang lalai adalah memungkinkan anda memindahkan piksel kursor mouse dengan piksel. Untuk gerakan butiran halus, ini adalah fitur yang sempurna. Mungkin ada banyak kegunaan dari ini, tetapi saya pikir para perancang dapat sangat diuntungkan dari ini. Jika anda perlu menggambar sesuatu dengan tepat, maka keyboard akan menawarkan akurasi yang jauh lebih baik daripada mouse.

Untuk mengaktifkannya di Windows 10, masuk ke Settings dari Start menu dan klik Ease of Access. Gulir kebawah dan pilih Mouse dari panel kiri, dan aktifkan Mouse Keysnya. Setelah itu beri ceklist pada ketiga opsi di bawah bagian Mouse keys. Atau gunakan pintasan Alt + Left Shift + Num Lock akan memungkinkan anda mengaktifkan fitur ini dengan cepat.


Setelah diaktifkan, anda dapat menggunakan numpad untuk mengontrol kursor, dan setiap kali ditekan akan memindahkan kursor hanya dengan satu piksel. Menekan tombol Shift sambil menggerakkan mouse akan menawarkan akurasi yang lebih lambat tetapi lebih baik.


Gunakan Aplikasi Mouse Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu anda menyesuaikan perilaku mouse anda dengan cara yang berbeda:
  • ShareMouse : Kontrol beberapa PC menggunakan mouse tunggal.
  • Camera Mouse : Kontrol kursor mouse menggunakan gerakan kepala anda.
  • Mouse Shake Menu : Memungkinkan anda memunculkan empat shortcut yang dapat disesuaikan hanya dengan mengguncang mouse.
  • X-Mouse Button Control : Menambahkan banyak cara ekstra untuk mengontrol Windows menggunakan mouse dan memungkinkan anda membuat profil pengaturan khusus untuk berbagai aplikasi.
  • MouseWrangler : Memungkinkan anda membuat gerakan mouse untuk menjalankan tugas-tugas sederhana.

Windows hadir dengan banyak pilihan bagi anda untuk menyesuaikan penggunaan mouse anda. Anda harus mencoba tweak ini untuk melihat bagaimana mereka dapat membuat anda lebih produktif.

Jika anda memiliki petunjuk lain tentang pengalaman untuk menjalankan mouse lebih baik, silahkan berbagi dengan saya dan yang lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Produktivitas Dengan Tweak Mouse Sederhana ini di Windows"