Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Waktu Hitung Mundur Chkdsk Pada Windows


Jika anda telah menggunakan Windows cukup lama, anda mungkin telah melihat Windows mencoba menscan dan memperbaiki kesalahan dalam system file anda dan/atau hard drive. Anda biasanya akan melihat perilaku ini ketika ada kehilangan daya tiba-tiba, penghentian yang tidak benar, kesalahan BSOD, dll. Windows melakukan ini menggunakan tools bawaan yang disebut chkdsk atau Check Disk Utility. Jika anda ingin, anda dapat menjadwalkan chkdsk untuk memindai sistem anda untuk setiap kesalahan saat anda melakukan reboot berikutnya.

Tergantung pada system anda, chkdsk dapat mengambil banyak waktu untuk melakukan tugasnya. Jadi sebelum memulai operasi pemindaian dan perbaikan, ini memberi anda delapan detik untuk membatalkan task. Jika anda berpikir batas waktu default delapan detik terlalu rendah, anda dapat meningkatkannya.

Inilah cara melakukannya. Prosedur berikut juga bekerja pada Windows 7 dan 8.


Ubah Waktu Chkdsk Menggunakan Command Prompt

Cara termudah untuk mengubah batas waktu chkdsk adalah menggunakan command prompt. Yang harus Anda lakukan adalah menjalankan satu perintah. Namun, karena kami akan mengubah pengaturan sistem yang penting, Anda perlu memiliki hak administratif.

1. Pertama, cari Command Prompt di menu Start, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as administrator. Tindakan ini akan membuka command prompt dengan hak administratif.

2. Pada jendela command prompt salin perintah dibawah ini, klik kanan di jendela Command prompt untuk menempelnya dan tekan Enter untuk menjalankan perintah:

chkntfs /t:<seconds>

Ganti <seconds> dengan jumlah detik sebenarnya. Misalnya, jika anda ingin batas waktu chkdsk menjadi 30 detik, lalu ganti <seconds> dengan 30.


3. Jendela command prompt tidak akan menampilkan respons apapun, namun yakinlah bahwa anda telah mengubah batas waktu chkdsk. Jika anda ingin memeriksa batas waktu chkdsk saat ini, jalankan perintah berikut:

chkntfs /t


4. Kedepannya, jika anda ingin mengembalikan batas waktu default, cukup jalankan perintah pertama saat mengganti <seconds> dengan 8. Beginilah tampilan perintah:

chkntfs /t:8


Ubah Waktu Chkdsk Melalui Registry

Jika anda tidak suka mengacaukan command prompt, anda dapat mengubah waktu hitung chkdsk dengan membuat dan mengedit registry value. Sebelum melanjutkan mengedit Registry Windows, backup registry atau buat system restore point terlebih dahulu sehingga anda dapat memulihkannya jika anda membuat kesalahan dalam proses pengeditan.

1. Untuk membuka Windows Registry, cari regedit di Start menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as administrator. Atau tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.

2. Di registry editor, buka lokasi berikut dibawah ini. Pengguna Windows 10 atau Windows 11 cukup copy dan paste jalur registry di address bar untuk langsung menuju ke key target.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager


3. Di panel kanan anda akan menemukan nilai yang disebut AutoChkTimeout. Jika anda tidak dapat menemukan nilainya, klik kanan pada panel kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value. Beri nama DWORD yang baru dengan AutoChkTimeout dan tekan Enter untuk mengonfirmasi nama.

4. Klik doble pada AutoChkTimeout. Tindakan ini akan membuka jendela Edit Value. Disini, pilih opsi Decimal pada bagian Base dan masukkan jumlah detik di bidang Value data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Dalam kasus saya, saya ingin chkdsk menunggu 30 detik, jadi saya memasukkan 30 dalam bidang Value data.


5. Agar perubahan diterapkan, Restart PC anda. Mulai sekarang, chkdsk akan keluar sesuai dengan pengaturan anda.

Jika anda ingin kembali, edit nilai AutoChkTimeout dan masukkan 8 di bidang Value data. Ini akan mengubah batas waktu chkdsk default kembali ke delapan detik.

Sekian dan trimakasih atas kunjungannya. Komentar di bawah ini sangat dinantikan untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial berikutnya. GBU

Post a Comment for "Cara Mengubah Waktu Hitung Mundur Chkdsk Pada Windows"