Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Informasi Anda dari Pencarian Orang di Internet


Jumlah data pribadi yang ditemukan secara online tentang masing-masing orang sangat mengejutkan. Informasi tersebut tidak hanya berasal dari apa yang anda ketahui secara online, tetapi juga dari pengumpulan data pasif oleh perusahaan seperti situs pencarian orang.


Apa itu Situs Pencarian Orang?

Situs pencarian orang dirancang untuk membantu pemasar beriklan kepada anda atau membiarkan teman lama anda menemukan anda. Sekarang situs tersebut digunakan untuk tujuan yang jauh lebih keji. Para pelaku kejahatan tidak harus bekerja keras sama sekali untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk menjadi mendapatkan korban mereka.

Orang mencari direktori seperti WhitePages dan Spokeo mendapatkan informasi mereka dari situs web publik seperti Facebook dan sumber publik lainnya. Sumber-sumber ini termasuk direktori telepon, catatan kendaraan, daftar properti, direktori online, data bisnis, blog, dan forum. Situs membuat informasi ini tersedia dalam paket kecil yang rapi yang mudah ditemukan dengan pencarian cepat Google.

Tetapi dengan begitu banyak informasi di luar sana, bagaimana mungkin anda bisa menyingkirkan semuanya? Apakah anda benar-benar dapat menghapus jejak digital anda atau tidak, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuatnya tidak terlalu terlihat.


Gunakan Pencarian Google

Pertama, periksa diri anda di Google. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk menggunakan situs yang banyak orang anggap identik dengan masalah privasi untuk memeriksa privasi anda. Namun, pencarian di Google dapat memberi anda arahan kemana anda harus pergi terlebih dahulu untuk melakukan kontrol kerusakan. Cukup cari nama anda dan catat situs web, akun media sosial, dan hal lain yang mungkin ingin anda hapus.


Anda dapat membuang banyak informasi dengan terlebih dahulu membatasi jumlah yang dapat ditemukan oleh situs pencarian orang ini dan menghapus diri anda sepenuhnya dari situs-situs tersebut.


Mengunci Situs Media Sosial

Pertama, kunci Facebook, Twitter, dan situs media sosial lain yang anda miliki. Bahkan jika anda tidak ingin mengunci semuanya sepenuhnya, anda dapat mengubah beberapa pengaturan dan mencegah informasi tentang referensi anda dari situs pencarian orang. Periksa pengaturan anda di masing-masing profil anda. Yang paling penting adalah opsi "Anda ingin mesin pencari di luar Facebook terhubung dengan profil anda?" Jika ini sebuah opsi, pastikan itu disetel ke "Tidak."



Singkirkan Akun yang Tidak Digunakan

Menyingkirkan akun yang tidak digunakan juga dapat mengurangi jumlah informasi tentang anda secara online. Dua situs yang dapat anda gunakan untuk membantu anda melakukan ini adalah AccountKiller dan Deseat.me. AccountKiller memiliki daftar lengkap instruksi penghapusan akun untuk sejumlah besar situs. Deseat.me menemukan semua akun aktif anda dan membawa anda melaluinya satu per satu, sehingga anda dapat memutuskan mana yang akan disimpan.

Tentu saja, anda selalu dapat menghapus situs media sosial sekaligus. Tetapi jika anda hanya dapat menonaktifkannya, hilangkan informasi sebanyak mungkin. Jika akun tidak lagi relevan bagi anda, pertimbangkan untuk mengubah nama, detail pribadi, dan mengubah foto menjadi alternatif umum.


Hapus Daftar Pencarian Orang Anda

Setelah anda menghapus atau mengurangi jumlah informasi pribadi yang tersedia tentang anda secara online, anda dapat pergi ke situs pencarian orang dan menghapus data anda. Tidak seperti mendaftar untuk daftar jangan-panggil, tidak ada cara untuk melakukan ini pada semua orang yang mencari situs sekaligus. Anda harus menyelesaikan masing-masing secara individual.

Berikut ini adalah beberapa situs pencarian orang yang terkenal dan langkah-langkah yang harus anda ambil untuk memilih keluar dari memiliki informasi anda di situs web mereka.


WhitePages
  • Cari sendiri di situs web dan salin URL profil anda.
  • Buka formulir opt-out. Pastekan URL anda di dalam kotak.
  • Masukkan nomor telepon anda, dan WhitePages akan meminta anda untuk mengonfirmasi permintaan anda dengan panggilan otomatis. Sebagai contoh, saya mencoba mencari nomor telpon saya yang sudah tidak di pakai dan saya menemukan hal-hal yang mengejutkan.



Intelius
  • Ambil gambar SIM anda. Kemudian seperti yang diperlukan, coret foto dan nomor lisensi anda.
  • Klik "Browse" dan upload ID foto anda.
  • Masukkan alamat email anda untuk diberitahu ketika Intelius telah menghapus daftar anda.

Spokeo
  • Cari profil anda di Spokeo dan kemudian salin URL-nya.
  • Buka halaman opt-out dan masukkan URL profil anda.
  • Masukkan email anda, lalu klik "Send Verification Email.."
  • Periksa email anda, dan klik “Verify Opt Out.”

PeekYou
  • Cari sendiri di PeekYou, dan salin ID unik profil anda, yang merupakan angka terakhir yang ditampilkan di URL setelah nama anda.
  • Pilih "Remove My Entire Listing" dan alasan anda melakukannya. Masukkan ID unik dari profil anda, dan kemudian klik "Submit."



Jika anda menemukan informasi di situs yang tidak tercantum disini, dan saya yakin anda akan melakukannya, cari "how to remove my information from" dan nama situs.

Meskipun sulit untuk sepenuhnya menghapus data diri anda dari dunia online, beberapa tips dalam artikel ini akan membantu anda mengurangi kemungkinan data pribadi anda digunakan untuk melawan anda.

Sekian postingan kali ini. Bagaimana menurut anda, apakahmetode diatas telah menyingkirkan data online anda? Atau anda mempunyai metode sendiri? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Informasi Anda dari Pencarian Orang di Internet"