Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Aplikasi dari Daftar Open With di Windows


Di Windows 10, mengklik kanan pada file memberikan opsi "Open with" yang memungkinkan anda memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk membuka file yang dipilih. Sayangnya, terkadang hal ini memberikan opsi untuk membuka file dengan aplikasi yang tidak sesuai untuk file tersebut. Meskipun ini bukan masalah serius, tapi itu bisa sedikit menjengkelkan.

Selalu ada, tentu saja, pilihan untuk memilih aplikasi apa yang membuka jenis file tertentu secara default. Namun, jika anda lebih memilih untuk menghapus beberapa aplikasi dari daftar terbuka, ada solusi untuk ini. Artikel ini akan menunjukkan cara menghapus aplikasi tersebut dari daftar.


Menghapus Aplikasi Dari Daftar "Open with"

Ada dua cara untuk melakukannya di Windows 10. Yang pertama adalah dengan mengedit daftar "Open with" dari registry editor, dan yang kedua adalah dengan menggunakan software pihak ketiga.

1. Menggunakan Registry Editor

Sama seperti catatan peringatan, saya biasanya tidak akan mengutak-atik registry editor kecuali saya benar-benar yakin saya tahu apa yang saya lakukan. Yang terbaik adalah anda membuat backup registry anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Untuk menggunakan metode registry editor, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pada pencarian Cortana silahkan anda ketik regedit, klik Open pada menu registry editor dan konfirmasikan prompt UAC yang ditampilkan. Anda juga dapat membuka dari Run (Win + R) dan ketik regedit dan tekan Enter.
  • Arahkan atau copy dan paste jalur berikut di bilah alamat registry editor dan tekan Enter. Di lokasi ini anda akan menemukan semua ekstensi file yang tersedia di komputer Windows 10 anda.


  • Klik pada ekstensi yang anda perlukan untuk mengedit daftar OpenWith, lalu pilih folder OpenWithList. Ini akan menampilkan semua aplikasi yang dapat dibuka dengan di panel kanan.


  • Klik kanan pada salah satu aplikasi di panel kanan dan pilih Delete. Anda harus melalui proses ini untuk semua jenis file yang terbuka dengan daftar yang ingin anda ubah.


2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Untuk ini, download dan jalankan OpenWithView. Tidak perlu diinstal, tetapi harus dijalankan dengan hak administrator. Aplikasi gratis ini adalah cara termudah untuk mengedit daftar "Open with" anda.


Untuk menghapus program dari daftar, klik kanan pada program yang dimaksud dan pilih Disable Selected Items. Ini akan menghapus program dari daftar program Open with.


Menggunakan freeware dari Nirosoft ini sangat berguna jika anda memiliki aplikasi yang memenuhi daftar Open with, dan anda ingin memangkas daftar dengan sangat cepat.

Kedua cara ini akan membantu anda menghapus aplikasi dari daftar Open with. Menggunakan freeware dari Nirosoft mungkin merupakan cara cepat untuk memangkas daftar. Selain menjadi cara cepat, itu juga cara yang lebih aman. Anda akan dapat membatalkan kesalahan jauh lebih mudah menggunakan OpenWithView daripada kesalahan yang dibuat saat di Windows Registry Editor.

Anda juga dapat membaca Cara Memperbaiki Open With Tidak Bekerja Pada Windows 10/11 jika mempunyai masalah dengannya.

Terimakasih atas kunjungannya. Tinggalkan komentar dibawah jika menemukan kesulitan dalam mengikuti metode diatas. Secepatnya saya akan mencoba membantu anda. GBU

Post a Comment for "Cara Menghapus Aplikasi dari Daftar Open With di Windows"