Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Open With Tidak Bekerja Pada Windows 10/11


Opsi Open With telah menjadi pilar platform Windows selama lebih dari satu dekade, yang memungkinkan anda untuk menolak program default untuk membuka file. Ketika Windows tidak mengenali apa yang program maksud maka fitur ini akan berhenti berfungsi dan anda bisa merasa benar-benar lemah.

Ada berbagai alasan yang tidak jelas untuk masalah ini tetapi beberapa perbaikan yang yang dilakukan dapat mengatasi masalah Open With tidak berfungsi. Saya akan memberikan langkah-langkah untuk mengatasinya, jadi simak terus postingan kali ini.


Pastikan Anda Memiliki Program yang Tepat?

Pertama, apakah anda yakin bahwa program yang diperlukan untuk membuka file diinstal pada PC anda? Misalnya, bahwa file Rar dapat diekstrak dan seharusnya mudah dibuka di PC anda, tetapi itu tidak akan terjadi jika anda tidak memiliki aplikasi WinRAR.

Dan tahukah anda bahwa file JPG-LARGE tidak sama dengan JPEG, dan anda harus mengganti nama ekstensi JPG-LARGE menjadi .jpg terlebih dahulu untuk membukanya dengan image viewer biasa.

Ini hanyalah hal-hal kecil yang perlu anda ketahui dan pertimbangkan dan hal diatas hanyalah contoh, tetapi jika anda sudah mengetaui dan mengambil langkah yang diperlukan di bagian atas, anda teruskan menyimak langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya dibawah ini..


Memperbaiki Opsi Open With Yang Hilang

Jika opsi menu konteks Open With hilang, maka anda bisa mendapatkannya kembali dengan mengedit registry. Tapi sebelum mengedit registry, anda disarankan untuk membuat cadangan registry terlebih dahulu!. Jika sudah ikuti langkah dibawah ini.
  • Buka Registry Editor dengan menekan Win + R lalu masukkan regedit dan Enter.

  • Pada jendela Registry Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers

  • Di panel sebelah kiri, anda akan melihat folder bernama Open With. Jika tidak ada, maka itu adalah letak permasalahnya. Anda harus membuat key/folder ini lagi.
  • Klik kanan ContextMenuHandlers di panel sebelah kiri, lalu pilih New - Key dan beri nama Open With.
  • Setelah anda membuatnya, klik folder Open With yang baru dibuat dan di panel sebelah kanan, anda akan melihat apa yang digambarkan seperti gambar dibawah.
  • Klik kanan pada Default dan klik Modify (anda bisa klik doble untuk membukanya), lalu masukkan yang kode berikut ini ke kotak Value data dan klik OK.
{09799AFB-AD67-11d1-ABCD-00C04FC30936}


Setelah semua ini selesai, keluar dari registry editor, dan opsi Open With anda seharusnya kembali dalam menu konteks. Jika tidak, boot ulang PC anda, lalu periksa lagi.


Nonaktifkan Shell Extensions

Jika opsi Open With anda hilang atau bertingkah tidak teratur, itu bisa juga karena aplikasi pihak ketiga yang anda instal (dengan opsi menu konteks) telah mengganggu fungsi biasanya.

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menggunakan alat pembersihan gratis CCleaner untuk menghapus aplikasi pihak ketiga dari menu konteks anda satu demi satu dan periksa setelah masing-masing dihapus untuk melihat apakah Open With kembali ke bekerja secara normal.

Untuk melakukan itu buka CCleaner anda lalu buka Tools - Startup - Context Menu untuk melihat semua aplikasi pihak ketiga yang ada di dalamnya. Mulailah dengan menonaktifkan yang baru anda instal, lalu lihat apakah Open With kembali seperti sediakala.


Jika itu gagal, nonaktifkan semua opsi konteks menu pihak ketiga satu per satu hingga Open With berfungsi kembali. Dengan cara ini anda akan tahu persis aplikasi mana yang menyebabkan masalah dan dapat memastikan untuk tidak memasang kembali fitur konteks menunya.

Kedua metode diatas  akan membantu anda memperbaiki masalah Open With tidak berfungsi. Alternatif lain adalah melakukan System Restore ke suatu titik sebelum masalah dimulai. Ini adalah solusi sederhana tetapi sering kali dapat diandalkan.

Sekian. Trimakasih atas kunjungannya dan semoga masalah anda terpecahkan. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Open With Tidak Bekerja Pada Windows 10/11"