Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Security Identifier User Account Apapun di Windows


Jika anda pernah mencoba mengelola izin File dan Folder atau melihat-lihat Registry, anda mungkin telah melihat string values yang panjang, seperti "S-1-5-21-3051698416-3684052959-2884990752-540." Ini dikenal sebagai Security Identifier (Pengidentifikasi Keamanan) atau SID untuk jangka pendek. Setiap pengguna akan memiliki SID unik yang melekat padanya. Jika anda belum pernah mendengar tentang SID (Pengidentifikasi Keamanan), anda mungkin akan bertanya-tanya apakah itu. Lagi pula, anda tidak akan pernah melihat pengenal keamanan ini di depan mata, misalnya, di Control Panel atau di Settings app.

Apa itu SID?

Pengidentifikasi Keamanan adalah string values unik yang dikeluarkan oleh otoritas, seperti Windows domain controller, untuk setiap dan semua security principal dan security group. Pengidentifikasi Keamanan secara otomatis dibuat ketika security principal atau group dibuat. Setelah SID dibuat, SID disimpan dalam basis data keamanan dan diambil ketika diperlukan.

Menggabungkan SID dan hak pengguna, Windows memberi anda, pengguna, token akses setiap kali anda masuk ke sistem anda. Token akses ini pada gilirannya menyediakan konteks keamanan dan memberi anda izin dan hak yang tepat untuk mengelola sistem Windows anda. Sederhananya, SID adalah salah satu bagian penting dari Windows Security Model.

Selain SID yang dihasilkan secara otomatis, Windows juga memiliki beberapa SID universal yang terkenal seperti Everyone, Local Authority, World, NT Authority, dan All Services. Anda dapat menemukan semua SID yang terkenal disini.

Ada banyak cara untuk menemukan SID dari pengguna tertentu atau semua pengguna di Windows. Saya akan menunjukkan beberapa dari mereka. Gunakan yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Temukan SID dari Current User

Untuk menemukan SID Current User, anda dapat menggunakan salah satu dari dua perintah, keduanya adalah perintah satu baris.
  • Pertama, cari Command Prompt di start menu dan buka.
  • Setelah membuka Command Prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
whoami /user
  • Ini akan menampilkan daftar current username anda dari SID yang terkait dengannya.


Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan Windows Management Interface Command (WMIC). Hanya menjalankan perintah di bawah ini, dan itu akan menampilkan daftar SID dan username.

wmic useraccount where name='%username%' get name,sid


Temukan SID dari Specific User

Jika anda ingin melihat SID dari pengguna tertentu, maka yang harus anda lakukan adalah mengganti %username% dalam perintah WMIC di atas dengan username pengguna yang sebenarnya.

Setelah diganti, perintahnya terlihat seperti berikut :

wmic useraccount where name='tessalonika' get name,sid


Gambar diatas tidak menampilkan SID karena PC tidak memiliki user lain. Jika PC anda memiliki lebih dari satu user maka nama user diikuti SID akan ditampilkan seperti gambar sebelumnya.


Temukan SID All Users

Terlepas dari akun pengguna yang anda buat, Windows secara otomatis membuat beberapa akun default seperti guest, administrator, WDAGUtilityAccount,, dll. Jika anda ingin mencari SID dari semua pengguna di sistem anda, jalankan perintah di bawah ini:

wmic useraccount get name,sid


Ada juga perintah PowerShell untuk mencapai hal yang sama. Buka PowerShell dari Start menu. Sekarang, jalankan perintah di bawah ini, dan itu akan menampilkan semua daftar SID dari semua pengguna bersama dengan nama pengguna mereka.

Get-WmiObject win32_useraccount | Select name,sid



Temukan SID menggunakan Registry Editor

Tidak mengherankan, anda dapat menggunakan Registry Editor untuk menemukan SID dari setiap pengguna hanya dengan beberapa klik. Jika anda tidak suka berurusan dengan Command Prompt atau PowerShell, maka ini adalah alternatif yang baik.

Untuk memulai, cari regedit di Start menu dan buka. Anda dapat menggunakan perintah Run dengan menekan Win + R dan ketik regedit lalu Enter. Setelah itu pergi ke lokasi berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList

Di bawah key ProfileList anda akan melihat SID akun terkenal dan pengguna. Akun pengguna SID akan lebih panjang. Untuk mengetahui SID milik pengguna mana, klik SID di panel kiri, dan anda akan melihat nama pengguna di panel kanan di samping nilai ProfileImagePath.


Semoga membantu anda! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara login Windows 10/11 menggunakan akun Google atau cara mengambil kepemilikan penuh key Registry Windows.

Sekian tutorial kali ini. Semoga langkah-langkah di artikel ini mudah untuk di ikuti. Tinggalkan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menemukan SID pengguna di Windows. GBU

Post a Comment for "Cara Mencari Security Identifier User Account Apapun di Windows"